2 Gelar Keraton Rossa : Kanjeng Mas Ayu Sri Rossa Swarakaloka

Gosip seleb bawa berita soal (I) 2 Gelar Keraton Solo Rossa : Kanjeng Mas Ayu Sri Rossa Swarakaloka.

(H) Gelar Rossa dari Keraton Surakarta sendiri diberikan sesuai tingkatan, hingga sekarang sampai di puncak gelar yaitu Kanjeng Mas Ayu. (Y)

Pemberian gelar Keraton Solo dilakukan Raja Sinuhun Panembahan Agung Tedjo Wulan, (I) Jumat (28/3) malam di Hotel Kartika Chandra Jakarta.

Eyang Gempol, (H) yang mewakili pihak Keraton Kasunanan Surakarta memberikan keterangannya pada media, (K)

“Dulu Rossa sudah mendapat penghargaan dari Keraton, (F) yaitu Kanjeng Mas Tumenggung. Hanya, kali ini ditingkatkan satu tingkat lebih tinggi lagi. :-) Gelar itu ada beberapa tingkat. Sekarang Rossa sudah pada puncaknya yaitu Kanjeng Mas Ayu,” (L)

“Yang pasti, berjasa dalam bidangnya. Jadi nggak sembarangan. Nggak asal. (I) Itu ada dasarnya. Karena sebelumnya sudah tapi ditingkatkan pangkat. Ada kriteria yang nggak bisa dijabarkan. ;-) Malah Oca pun nggak tahu. Itu sudah pakem keraton yang gak bisa dipublikasi,”

Sedangkan seleb dengan nama asli Hj. Sri Rossa Roslaina Handiyani ini sendiri (K) mengaku tersanjung dengan pemberian gelar untuk kali kedua,

“Sekarang nama aku jadi Kanjeng Mas Ayu Sri Rossa Swarakaloka,” (L)

“Saya mau bilang terimakasih (F) atas pemberian gelar ini. Buat saya ini satu hal yang lebih. Kenaikan pangkat ini dipercaya bisa membawa nama baik Keraton. Kalau untuk saya, ini adalah kepercayaan yang tinggi (Y) dari Keraton Surakarta kepada saya untuk menjaga budaya. Kami menjaga sama-sama :-) supaya kita tidak kelhilangan kebudayaan luhur ini. Saya sebagai orang Indonesia merasa sangat bangga menjadi bagian dari Keraton Surakarta,”