Abah Us Us Meninggal Dunia

Abah Us UsBerita terbaru bawa kabar soal Abah Us Us Meninggal Dunia karena Bocor Jantung. ;-(

Kematian pelawak senior Ahmad Yusuf Wardapranata alias Us Us ini sendiri menyusul kepergian personel D’Bodor, Yan Asmi :-( yang terlebih dulu berpulang Senin, 29 Maret 2010 di RSUD R Syamsudin SH, Kota Sukabumi, karena liver dan vertigo. ;-(

Komedian yang tergabung dalam grup lawak DBodor, (I) Abah Us Us wafat hari Sabtu, 08 Mei 2010 pagi sekitar pukul 06.55 WIB. Penyebab Meninggalnya Abah Us Us ini sendiri adalah karena mengalami kebocoran jantung. ;-(

Atep Zakaria, (H) kerabat almarhum yang dikonfirmasi media mengaku jika Abah sekarang disemayamkan di kediamannya di Kota Wisata, Cibubur. Rencananya setelah Dzuhur, (I) jenazah sang komedian akan dibawa ke Bandung untuk dimakamkan di daerah Ujung Berung, Bandung.

“Abah akan dikubur di pemakaman keluarga di daerah Ujung Berung, Bandung,” :-)

Ia menambahkan, (K) sebelumnya pelawak yang terkenal menggunakan peniti besar ini sendiri sempat dirawat di Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin, Cileungsi, Bogor selama sehari. (O) Abah masuk rumah sakit pada Jumat, 7 Mei 2010, pukul 05.00 WIB.

“Sehari sebelumnya sempat di rawat di Husni Thamrin,” (I)

“Kondisinya sudah kritis. :-( Nafasnya sudah tersengal-sengal.”

“Itu juga anak-anaknya Abah Us-Us memaksa untuk dirawat ke rumah sakit (~) karena almarhum kalau sakit tidak pernah dirasakan,”

Biodata Abah Us Us :

Ahmad Yusuf Wardapranata lahir di Bandung Jawa Barat pada 13 Juni 1940 (I) dengan nama tenar Us Us. Pria yang akrab dengan sebutan Us Us ini terkenal dengan grup lawaknya DBodors bersama Yan Asmi atau Kang Uyan dan Kang Engkus. (Y)

Achmad Yusuf memang sudah lama malang melintang di dunia lawak, (H) sejak mengadu nasib di Jakarta pada 1959 sampai terkenal dengan peniti kesayangannya. Makanya, pria humoris ini pun dikenal sebagai salah seorang Bapak Lawak asal Tanah Pasundan. (*)

Soal trade mark peniti besar, ;-) Abah mengaku pemakaian peniti itu sebenernya ga’ sengaja. Waktu itu kancing bajunya lepas, dan karena terburu waktu, Abah terpaksa memakai peniti untuk sementara. :-D Eh, ternyata sejak saat itu para penggemar selalu menanyakan kemana benda itu jika tidak dipakai dalam penampilannya.

“Akhirnya, sudah saja saya pakai.” :-P

Karier bapak 4 anak ini sendiri dimulai dari kesukaannya pada pelawak dunia Jerry Lewis. (H)

Setelah berkiprah di tanah kelahirannya, Abah Us-Us akhir memutuskan hijrah ke Ibu Kota. (~) Dari panggung ke panggung dilakoninya hingga akhirnya membawanya ke layar lebar. (Y) Belasan film pernah dilakoninya. Begitu juga dengan dapur rekaman. Tapi, di tengah kepopulerannya, justru Us-Us memutuskan kembali ke Bandung untuk kuliah. :-)

Kepulangan Abah ke kampung halaman justru membawa berkah (L) dengan ketemu sang pendamping yang sekarang jadi sang istri, Rohana.

Sepanjang hidupnya Abah Us juga pernah membintangi sejumlah film (I) di antaranya Darah Tinggi (1960), Benyamin Biang Kerok (1972), Bing Slamet Koboi Cengeng (1974), Permata Bunda (1974), Ali Baba (1974), Keluarga Sinting (1975), :-) Maju Kena Mundur Kena (1983), Pokoknya Beres (1983), Tahu Diri Dong (1984), dan Jual Tampang (1990).

Semoga Berita Abah Us Us Meninggal karena Penyakit Jantung ini bisa diambil hikmahnya. ;-( Dan untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga bisa tabah dan ikhlas.

Chee-U .^_^.