Agama WS Rendra

Agama WS RendraBerita Selebritis yang membahas kabar terkini soal Agama WS Rendra mungkin memang terdengar sedikit membingungkan. :-S Pasalnya, sudah banyak media yang membahas Profil WS Rendra yang mencantumkan perpindahan keyakinan sastrawan senior ini dari katolik yang lantas memeluk Islam. :-)

Berita ini diangkat karena ada dua versi yang muncul di publik tentang alasan Rendra memilih memeluk Agama Islam. Kabar panas ini dibahas putri Sang Burung Merak dari istri keduanya. (H)

Sejak kecil, ;-) Willibrordus Surendra Broto Rendra sudah memeluk Agama Katolik. Sang ayah, R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo adalah seorang guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa pada sekolah Katolik, Solo. (*) Lantas Budayawan senior yang juga biasa dipanggil Willy ini memeluk Agama Islam hingga kabar WS Rendra Meninggal menyebar alias hingga kematian menjemput. :-)

WS Rendra

Versi 1 Rendra Masuk Islam :

Versi pertama yang banyak beredar di masyarakat (H) tentang alasan Rendra memeluk Islam adalah karena ingin menikahi seorang Putri Keraton Yogyakarta yang seorang muslim. :-O

Ceritanya gini :

WS Rendra menikahi istri pertamanya, Sunarti Suwandi pada 31 Maret 1959. Lantas di taon 1968, ia membentuk kembali grup teater yang bernama Bengkel Teater (dulu pernah dibentuk taon 1961). (Y) Nah, salah satu muridnya bernama Bendoro Raden Ayu Sitoresmi Prabuningrat, putri darah biru Keraton Yogyakarta.

Meski berdarah biru, Sitoresmi mau ikutan lebur dalam kehidupan seni yang urakan dan spontan di Bengkel Teater. :-P Saat itu, Jeng Sito (sapaan akrabnya) bertugas untuk menyuapi dan memandikan keempat anak Rendra dengan istri pertamanya, Sunarti.

Beberapa taon kemudian, Rendra ditemani Sunarti datang melamar Sito menjadi istri kedua. Dan, Sito pun menerima dengan alasan ‘WS Rendra adalah orang yang aktif, dinamis dan punya kesehatan yang terjaga.’ :-D Sayangnya, ada kendala dari ayah Sito yang menolak pernikahan putrinya yang beragama Islam dengan pemuda beragama Katolik.

Dan di tahun 1970, Rendra menjadi Muallaf dan memeluk agama Islam serta menikahi putri keraton di tanggal 12 Agustus 1970. :-) Pernikahan WS Rendra dan Sitoresmi sendiri digelar dengan saksi Taufiq Ismail dan Ajip Rosidi.

Peristiwa masuk islam dan pernikahan ini jelas mengundang komentar (K) yang menyebut sang sastrawan memeluk Islam hanya untuk bisa berpoligami. Tapi, saat itu penyair kelahiran Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935 ini punya alasan sendiri. (H)

Ketertarikan saya pada Islam sesungguhnya sudah berlangsung lama. Terutama sejak persiapan pementasan Kasidah Barzanji, beberapa bulan sebelum pernikahan saya dengan Sito. :-) Tapi alasan yang lebih prinsipil bagi saya adalah, karena Islam bisa menjawab persoalan pokok yang terus menghantui saya selama ini yaitu kemerdekaan individual sepenuhnya. (*)

Saya bisa langsung beribadah kepada Allah tanpa memerlukan pertolongan orang lain. Sehingga saya merasa hak individu saya dihargai, katanya sambil mengutip ayat Quran, yang menyatakan bahwa Allah lebih dekat dari urat leher seseorang. :-)

Willibrordus Surendra Broto Rendra

Versi 2 Rendra Masuk Islam :

Versi kedua diangkat oleh Putri bungsu Sitoresmi dan Rendra yaitu Rachel Saraswati. (F) Menurutnya, sang ayah memeluk Islam di tahun 1971 dengan prosesi memeluk Islam yang berbeda dari yang beredar di publik.

“Dia masuk Islam pada 1971. Dia pernah bilang, saat itu sedang di Parangtritis. Ada angin besar. Telunjuk kanannya ke atas. (Y) Langsung baca syahadat,”

“Tapi, saya juga mendengar ada versi lain, yaitu karena ingin menikah dengan ibu saya, Rendra masuk Islam,” :-S

Chee-U .^_^.