Akibat Kekurangan Vitamin

Akibat Kekurangan VitaminAkibat kekurangan vitamin bisa menjadi problem yang besar, apalagi karena vitamin merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berbagai vitamin memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, karena itu perlu asupan dari makanan dan buah-buahan untuk mendapatkan vitamin tersebut. Tapi apa sih vitamin itu en apa sih akibat kurang vitamin? (I)

Pengertian Vitamin

Vitamin merupakan suatu zat senyawa kompleks yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kerja tubuh. Zat ini sangat penting untuk melakukan aktivitas, karena bila tubuh kekurangan, maka pada akhirnya akibat kekurangan vitamin akan membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Jenis Vitamin

Pada dasarnya vitamin dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang tidak larut dalam air.

  • Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
  • Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K (kalau mau menghapal, gampang kok tinggal baca: Vitamin ADEK).

Sumber Vitamin

Sumber vitamin-vitamin yang baik terdapat pada makanan, sayuran, dan buah-buahan. Kalo kamu masih inget pelajaran waktu di sekolah tentang 4 sehat 5 sempurna, yakin de kamu gak bakal terkena akibat kekurangan vitamin apapun en tetep sehat dikala cuaca nggak bersahabat. :-( Kekurangan sumber vitamin dibawah ini merupakan salah satu penyebab kekurangan vitamin. Jadi simak de en inget-inget apa aja vitamin yang kamu perluin sehari-hari:

  • Vitamin A :  susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain).
  • Vitamin B1 : gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dan sebagainya
  • Vitamin B2 : sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan banyak lagi lainnya.
  • Vitamin B3 : buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya
  • Vitamin B5 : daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.
  • Vitamin B6 : kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging, dan lain-lain.
  • Vitamin B12 : telur, hati, daging, dan lainnya
  • Vitamin C : jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar, dan lain sebagainya
  • Vitamin D : minyak ikan, susu, telur, keju, dan lain-lain. Kelebihan vitamin ini disebut Hipervitaminosis D
  • Vitamin E : ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, havermut, dsb
  • Vitamin K : susu, kuning telur, sayuran segar, dkk

Penyakit Kekurangan Vitamin

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, kalo kamu kekurangan vitamin bakal bikin imunitas menurun, jadinya tubuh kamu bakalan gampang dimasukin penyakit en virus, apalagi kalau lagi masa pancaroba, mesti ati-ati selalu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral yach supaya kamu nggak mengalami masa menyebalkan: SAKIT. :-O

  • Vitamin A : rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain.
  • Vitamin B1 : kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan tubuh berkurang.
  • Vitamin B2 : turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.
  • Vitamin B3 : terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, mudah muntah dan mual-mual, dan lain-lain
  • Vitamin B5 : otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain
  • Vitamin B6 : pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya.
  • Vitamin B12 : kurang darah atau anemia, gampang capek/lelah/lesu/lemes/lemas, penyakit pada kulit, dan sebagainya
  • Vitamin C : mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dan lain-lain
  • Vitamin D : gigi akan lebih mudah rusak, otok bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X.
  • Vitamin E : bisa mandul baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll
  • Vitamin K : darah sulit membeku bila terluka/berdarah/luka/pendarahan, pendarahan di dalam tubuh, dan sebagainya

Wah ternyata banyak juga ya guna vitamin ini. Kalo kamu lagi dalam masa pertumbuhan, bisa juga de nyimak cara meninggikan badan yang memanfaatkan vitamin-vitamin khusus buat pertumbuhan tinggi badan kamu. Atau kalo kamu cewek yang perhatian dengan tubuh kamu en pingin tampil cantik terus, vitamin bisa juga dipakai untuk perawatan kulit. Pisang bisa juga lho dipakai buat diet. Mau tau caranya? Simak dee artikel khasiat pisang. ;-)

Nah, sekarang kamu dah tau tho apa aja akibat kekurangan vitamin dan berbagai penyakit yang ditimbulkan. Semoga artikel artikel kekurangan vitamin ini dapat bermanfaat bagi kamu-kamu semua. Jaga kesehatan dan jangan pernah kekurangan vitamin yach. (D)

PS: Artikel akibat kekurangan vitamin ini bisa juga didownload (dalam format PDF).

Chee-U .^_^.