Antivirus untuk Warnet

Antivirus buat warnetSudah bukan rahasia lagi kalau tempat nongkrong yang satu ;-) ini memang sarang yang paling rawan untuk ngedapetin virus. :-O Kalo kamu salah satu pemilik warung internet, rekomendasi penulis terhadap antivirus untuk warnet dibawah bisa jadi salah satu referensi dalam pertimbangan memilih antivirus (H) yang paling baik yang sesuai dengan kebutuhan warnet game online maupun warnet tanpa game. (8)

Jenis virus yang masuk ke dalam warnet berbeda-beda, tergantung darimana datangnya, :-S ada yang berwujud virus shortcut atau cloning folder, ada pula yang menghapus data-data dari flashdisk. (I) Nggak lucu kan kalo pengunjung warnet kamu terkena virus gara-gara ngenet di tempat kamu? ;-( Antivirus memang salah satu hal yang paling penting untuk warnet karena bila salah satu komputer client terkena virus, :-) maka besar kemungkinan akan menginfeksi seluruh komputer dalam jaringan warnet bila antivirus tidak disiapkan dalam setiap komputer client. :-O

Kriteria Antivirus untuk Warnet

Bila kamu bingung untuk memilih software buat warnet, khususnya dalam memilih antivirus, (I) berikut disajikan beberapa beberapa kriteria antivirus yang cocok buat warnet, yaitu: (D)

  1. Ringan :-D
    Yang ini sih udah pasti, karena kebanyakan warnet menggunakan RAM yang sedikit, (F) mungkin hanya 256MB dan menggunakan Windows XP. (G) Kecuali untuk warnet game online dengan specs yang tinggi, maka antivirus tersebut harus mampu berjalan dengan memori seminimal mungkin. (&)
  2. Menghapus virus, trojan, keylogger dan malware lainnya (H)
    Antivirus yang baik tidak hanya mendeteksi, tapi juga harus dapat menghapus tidak hanya virus komputer biasa, (L) namun juga keylogger, trojan dan malware lainnya. :-) Fitur lengkap seperti ini biasanya dimiliki oleh antivirus dengan tambahan Internet Security dibelakang namanya. :-P Jangan lupa untuk membaca dokumentasi mengenai cara delete virus pada website yang bersangkutan untuk lebih memaksimalkan potensi antivirus yang ada. (U)
  3. Anti-rootkit dengan Realtime Scan ;-)
    Anti virus untuk warnet sebaiknya memiliki fasilitas anti-rootkit ;-) yang dapat mendeteksi virus rootkit sejak dini dan juga memiliki kemampuan untuk realtime scan baik pada file biasa, email, video (~) maupun file yang terkompresi seperti file dengan ekstensi ZIP dan RAR.
  4. Silent / gaming mode khusus untuk warnet game online. (*)
    Khususnya untuk game online, sebaiknya antivirus yang dipilih memiliki fitur silent / gaming mode ;-) yang akan mendeteksi virus secara diam-diam (tanpa pemberitahuan kepada user), :-[ karena biasanya popup atau message di Operating System seringkali mengganggu kenyamanan bermain game. (B)
  5. Automatic Update (O)
    Sebaiknya antivirus memiliki kemampuan untuk melakukan manual update antivirus dan juga automatic update secara berkala, (^) baik harian, jam-an atau mingguan secara otomatis sehingga mengurangi kerja manual dari operator warnet untuk melakukan update. (F) Selain itu, dengan update otomatis antivirus akan selalu terupdate dengan database virus terbaru sehingga akan lebih memperkuat benteng pertahanan antivirus tersebut terhadap virus-virus baru yang selalu diciptakan setiap harinya. :-D

Selain beberapa kriteria diatas, sebaiknya warnet juga telah diinstal DeepFreeze untuk berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan perubahan pada komputer client maupun billing. (&) Selain itu, DeepFreeze juga bertujuan untuk mencegah komputer client dari tangan-tangan jahil. :-P

Daftar Antivirus Internet Security

Berikut merupakan beberapa antivirus Internet Security yang bisa kamu gunain untuk warnet: (Y)

  • Norton Internet Security (~)
    Merupakan antivirus yang sudah sangat dikenal oleh dunia sejak lama. :-) Software yang satu ini juga telah dilengkapi dengan anti-phishing (buat yang gemar cek email), dan juga sudah termasuk firewall untuk blokir program atau situs yang diyakini dapat mengganggu kinerja sistem komputer. :-)
    Kebutuhan sistem: Microsoft Windows XP/Vista/7 dengan 256MB RAM dan 300MB harddisk.
    Website: http://us.norton.com/internet-security
  • Avira Premium Security Suite (B)
    Kelebihan Avira Premium Security Suite (I) adalah adanya parental control untuk memblokir situs yang tidak layak dilihat oleh anak-anak, dan Backup sistem yang mengintegrasikan antivirus dan backup dalam satu program. (*)
    Kebutuhan sistem: Microsoft Windows XP/Vista/7/2000 dengan 256MB RAM (2000 dan XP) / 1GB RAM (Vista dan 7) dan 150MB HDD.
    Website: http://www.avira.com/en/for-home-avira-premium-security-suite
  • Kaspersky Internet Security (&)
    Kaspersky merupakan antivirus yang lebih banyak dikenal di Indonesia daripada yang lainnya, (F) mungkin karena mudahnya mendapatkan lisensi berbayar di toko-toko komputer dan iklan yang sering muncul di televisi. (F) Kaspersky Internet Security sudah dilengkapi dengan virtual keyboard dan antiphishing, serta rescue CD untuk merestore komputer yang sudah telanjur terjangkiti virus akut. :-O
    Kebutuhan sistem: Microsoft Windows XP/Vista/7 dengan 512MB RAM (XP) dan 480MB harddisk.
    Website: http://www.kaspersky.com/kaspersky_internet_security
  • Avast Internet Security (H)
    Avast merupakan antivirus bikinan anak-anak Rusia yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. (@) Versi Internet Security merupakan versi anyar dan merupakan perluasan dari yang sebelumnya hanya menangkap virus biasa, :-S namun sekarang Internet Security juga memiliki firewall dan mampu mendeteksi dan menghapus trojan atau malware lainnya. (G)
    Kebutuhan sistem: Microsoft Windows XP/Vista/7 dengan 128MB RAM dan 100MB harddisk.
    Website: http://www.avast.com/internet-security
  • AVG Internet Security :-D
    Mungkin kamu sudah familiar dengan AVG yang terkenal dengan AVG Free Edition-nya (G) yang sudah banyak dipakai oleh warnet-warnet di Indonesia, (Y) bahkan software ini pun sudah memiliki dukungan bahasa Indonesia. Perbedaannya dengan versi Internet Security adalah adanya firewall dan proteksi terhadap internet secara keseluruhan mulai dari akses networking sampai dengan menghapus virus dan malware. :-)
    Kebutuhan sistem: Microsoft Windows XP/Vista/7 dengan 512MB RAM dan 1.4GB
    Website: http://www.avg.com/us-en/internet-security

Berdasarkan data kebutuhan sistem diatas serta fitur yang cocok untuk warnet, (*) maka bisa disimpulkan bahwa Norton Internet Security, Avira Premium Security Suite dan Avast Internet Security lebih sebagai antivirus untuk warnet ;-) dikarenakan minimum requirement yang tergolong rendah, yaitu hanya membutuhkan 128MB RAM (Avast) atau 256MB RAM (Norton dan Avira). (H)

Tips Menggunakan Antivirus di Warnet

Bila antivirus yang diinstal telah mampu mendeteksi virus, jangan lupa untuk menonaktifkan deep freeze (^) supaya virus yang masuk dalam karantina tidak kembali lagi setelah dihapus. (P)

Semoga artikel antivirus untuk warnet ini bermanfaat buat kamu-kamu yang membangun bisnis warung internet. (O) Semoga sukses!

Chee-U .^_^.