Ayudia Pilih Tunda Potong Tali Pusat Bayi, Membiarkan Lepas Sendiri

Ayudia Pilih Tunda Potong Tali Pusat Bayi, Membiarkan Lepas Sendiri (Y) jadi pengalaman melahirkan yang dipilih sang selebritis.

Pro kontra menunda memotong tali pusat memang masih jadi perdebatan :-$ karena umumnya usai bayi dilahirkan, tali pusat akan dijepit dan dipotong serta dibiarkan terpapar udara hingga mengering.

(L) Melahirkan anak pertamanya, Dia Sakala Bumi pada Selasa, 24 Mei 2016 pukul 17.13 WITA di Yayasan Bumi Sehat, Ubud, Bali,  (H) Ayudia Bing Slamet berbagi pengalamannya tentang metode ‘tunda potong tali pusat’.

Istri Muhammad Pradana Budiarto (Ditto) ini memilih :-) untuk membiarkan plasenta sang bayi hingga mengering dan puput sendiri, tanpa harus dipaksa dipotong.

“Kita melakukan penundaan pemotongan tali pusat, kayak lotus birth-nya, ;-) jadi mengoptimalkan apa yang masih ada.”

“Jadi aku lihat sendiri, :-) dari (tali pusat) merah sampai keringnya itu plasenta.. waktunya lama banget.”

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat anak kita, (Y) nggak dipaksa buat dipotong, pokoknya pas lahir penuh kedamaian,”

Meski hingga kini :-S masih menjadi Pro dan Kontra, tapi, pilihan menunda memotong tali pusat sendiri (I) telah diteliti memiliki manfaat bagi sang jabang bayi (lebih dikhususkan untuk bayi laki-laki). Namun, :-) sisa tali pusar yang masih menggantung dibagian pusar perut bayi sendiri tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

Seperti yang diungkapkan (K) Dr. Rinawati Rohsiswanto, SpA(K), konsultan anak dari Subbagian Perinatologi, Ilmu Kedokteran Anak, FKUI-RSCM, Jakarta.

“Bila bayi dalam kondisi normal dan sehat, idealnya tali pusar dibiarkan dulu selama satu jam (O) sebelum akhirnya dipotong, Ini agar darah yang berisi oksigen dan nutrisi makanan dari ibu, (Y) terutama zat besi, masih bisa tetap mengalir kepada bayi,”

“Ibaratnya, rugi  jika tali pusat cepat-cepat dipotong hanya dalam hitungan menit, :-S karena berarti nutrisi bawaan dari ibu juga cepat dihentikan.”

“Selain membantu agar bayi tidak mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia, (Y) juga mencegah defisiensi zat besi. Ini sangat penting, (I) terutama karena asupan zat besi yang cukup akan membuat perkembangan otak bayi di tahun pertama kehidupannya menjadi optimal.”

“Cukup satu jam” (O)

“Membiarkan tali pusat selama lebih dari satu jam justru tidak baik, :-$ karena biar bagaimanapun tali pusat akan membusuk,”