Bahaya Merokok

rokokApa sih bahaya merokok? Pertanyaan ini pasti banyak berputar disekitar kalian yang belom tau jawabannya, ehhmm, kalo yang udah tau jawabannya yach udah ga’ papa :P Hehehe, oche dee, ini nie mo dibagiin bahaya merokok dan bahan pembuat rokok yang perlu kalian tahu. :-O

Rokok bisa bikin kecanduan, bahkan bisa lebih parah daripada bahaya narkoba. Banyak dari kita meremehkan bahaya rokok buat kesehatan kita dan dengan pasti meyakinkan pada orang yang melarang bahwa kita bisa berhenti suatu saat. Hmmmh, kenyataannya siswa SMU yang ngerokok 1-5 batang sehari, 70 % masih ngerokok 5 taon kemudian. Lebih dari separo yang ngerokok sejak SMP bahkan ga’ berhasil berhenti merokok (hmm…apa ini pengaruh iklan rokok ya?). :-(

Sedikit catatan bagi  Perokok Aktif :
Semakin muda seseorang mulai merokok, maka semakin besar peluangnya menjadi perokok berat pas udah gedhe ato dewasa.

Bahaya Rokok

Bahaya Merokok :

  • Asap Rokok mengandung 4o bahan kimia penyebab kanker, sejumlah kecil racun seperti arsenikum, dan sianida serta lebih dari 4000 bahan kimia lain.
  • Saat merokok, serangkaian bahan kimiawi ini menjelajah ke organ vital tubuh macam otak, paru-paru, jantung dan pembuluh darah.  Udah gitu, tubuh kita jadi terpolusi bahan kimiawi yang bisa memicu Kanker dan Kecanduan.
  • (Sttt… banyak yang tau, merokok dan kanker paru-paru itu berhubungan erat. Belom lagi kematian akibat merokok yang banyak ditemukan).
  • Asap rokok juga mengandung Karbon Monoksida yang kalo dihirup bakalan nge-ganti fungsi Oksigen di sel – sel darah terus ngambil zat makanan dari jantung, otak, dan organ tubuh lain. Selain itu, dengan merokok, kita juga mematikan indra pengecap dan pencium sehingga kita ga’ bisa lagi ngerasain lezatnya makanan seperti biasanya.
  • Unsur utama dalam rokok yaitu Nikotin. Nikotin ini ngerangsang zat kimia di otak yang mengakibatkan kecanduan. Zat kimia ini merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang mengganggu jantung akibat tekanan darah dan denyut jantung meningkat.

Bahaya Rokok

Belom lagi orang-orang disekitar kita yang ikut juga terkena asap rokok meski mereka sendiri ga’ ngerokok. Mereka ini disebut Perokok Pasif. ;-(

Bahaya Perokok Pasif :

  • Berisiko juga terkena kanker paru-paru dan penyakit jantung.
  • Bagi perokok pasif yang menderita penyakit pernafasan atau penyakit jantung, serta orang tua, mereka bahkan lebih rentan dengan asap rokok yang kita hembusin.
  • Anak-anak berusia kurang dari 1 taon juga bakal lebih sering masuk Rumah Sakit karena ganguan penyakit pernafasan.
  • Selain itu, anak-anak yang jadi perokok pasif juga beresiko menderita infeksi telinga, pneumonia, dan bronkitis.
  • Terakhir, seorang ibu yang merokok – selama dan setelah kehamilan – berisiko 3x lebih besar menyebabkan sang bayi meninggal akibat sindrom kematian mendadak.

Chee-U .^_^.

via mayo clinic

  • rio

    nice info vit, :-D

  • http://awanclickerz.blogspot.com awan_clickerz

    siiiip infonya sob
    makasih ya

    Yup !

  • http://awanclickerz.blogspot.com awan_clickerz

    mo izin buat artikel di rumahku ya..
    *oh silahkan, makasih..*

    hehe

    -salam persaHabatan-
    Yup !

  • Pingback: Foto Artis Merokok | Oktavita.Com

  • rei

    izin dong pasang artikel ini d mading kampus,,
    boleh yaa?
    makasihh..

  • http://oktavita.com oktavita

    @rei: boleh aja, asal mencantumkan URL sumber artikel lho ya :) semoga bermanfaat

  • http://MBEM_CAEM_BUAYEK@YAHOO.COM MAULANA

    MKSIH YA VIT……????
    NE MW D MSUKIN KE TUGAS SKUL KMI…..
    THNQS YEA…..

  • http://www.bahayamerokok.com ihsan

    makasih artikelnya,artikelmu jadi tugas bikin artill ku (Y) (Y)

  • dewi

    jgn coba2 merokok

  • icha

    tx y ! grA2 aRtiKel qm tgs q dh slesai !

  • lina sisawnti

    makasih ya,,,,,,, tapi koq kurang lemgkap zzz

  • dhinda

    artikel na bagus (Y) , lengkap da ket foto na pla :-P ……….

  • syahbudi

    jadi pengen berhenti merokok nie,tp gimana caranya yah… :-D

  • Anieza_Luthue

    WiecH Q tkT cm RokoK tErnYata baHaYa’Na GedHe . . . .
    Mk’y BaGi PaRa PeRokOk MoHoN uNtUk d’HentikAn dR pD rUZ MaTi Khan Hdp Enk tOwcH kaciYan jaNtunG’nA tHuw. . . . :-( :-( :-( (Y) (Y) (Y) (L) (L) (L) ;-( ;-( ;-( ;-(

  • meong

    (Y) makash yua….
    Artikel’a bagus bngt…

  • jHame

    tHnkz ea, Gra” artikeL neY aYah aNd cOwok Qw jd jaraNk NgroKOx Lg!!
    jGn berAni” ea? ;-)

  • sang ilmuwan

    artikelnya bagus banget ! Pas bwad bkin karya ilmiah nanti ! Thanks deh ! :-D

  • ayu

    tank’s ea tas informasi nya? sukses selalu

  • arif efendi

    wah…wah…wah..artikelmu membantu tugas istriku. sbb dia sebel liat aku merokok. ku coba kurangi merokok dah.tp bolehin ya tuk coppy artikel ni. ok ;-)

  • Imam

    rokok i2 bbrbhy loch jdi bgi pemuda bangsa indonesia (terutama yg cwok ) jgn cba2 ya…………………………?

  • c_wk imoet

    rokok bahaya men so jauhilah merokok ………………………….. :-[

  • very

    gmana sich cra yang paling bagus untuk meninggalkan merokok,sedangkan kita udah kecanduan? :-( :-( :-( :-(

  • erni

    GMNA z cra ngingetin biar ortu g ngrokok lagi?????????????????????? ;-) :-$

  • yolla

    BaGuS bnGtZZZ… ArTiKeL NA ,,

  • WILDA

    MnArik bgt !
    and mndi2k kta2 (

  • yolla qliequersz

    bGs BwAnGeTtsss ArTiKeLnA ,, N BISa nYaDArin SEmUa OrG aGr MrK gAG nGerOkOK LAGI
    BETUL BETUL BETUL…

  • Ryan hafiji

    Jangn Bunuh diry
    rokok Pnyebab Qt Semkin dekat dngan kematian
    ;-(

  • kusuma dewi

    bGs bGts but xdarin ornG-ornG didunia bha rkok tu mgrikan (@)

  • kelly

    kNp raNG eANg udAH sKT j@ntUNg kRna ROKOK 5Sie……… ttp gak bz@… ninggalin yANg namane rookok???????????????

  • desi

    bgi ank”pemuda jgn merokok krna dapat mengakibatkan kanker,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    YOU UNDERSTAND,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, (E)

  • umi

    merokok hax menyebabkan kematian (Y)
    tidak dpat membat kemajuan seperti ajo dan ade
    yg hx merusak diri sendiri 8O

  • viyani

    buat pcr ku a************* jgn merokok yah ;-(
    ni mua bwt kebaikan muwww klu merokok kii trussss nnti ku bnciiii kiiiiiiii

    I LOVE YOU (L) SO MUCH
    MUACHHHH (K)

  • dewi

    kcian yc orank yg tdk merokok jd iktan kena penyakitnya….
    kcian…kcuan…kcian… ;-(

  • nova

    lebih baik sekarang (mencegah)dari pada nanti (mengobati)
    :-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$

  • NIZAR

    APA TOO NIKMATNY MEROKOK????
    KAN ROKOK BZ BUAT KT DEAD (U)

  • qky

    he.emb thu…
    brhenti ja merokok…
    ayahab loch merokok ithu……………… :-S ;-( :-$ (*)

  • wida…………………

    pha ze enakny rokok ……. ????????????? :-S

    ngbsnd duit Z…………. (*)

    mndng bl bala” 1000 dpt 2…………… :-D :-D :-D :-D

  • adie

    MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

    itu kan klo merokok dapat…
    klo merokok beli kan beda…

    MEROKOK BELI MENYEBABKAN KURANGNYA PENGANGGURAN, MENAMBAH PENDAPATAN NEGARA DAN KURANGNYA GANGGUAN NYAMUK N LALAT…. HEHEHE….

  • zaki

    Prikitiwwww . . . . .

  • alex

    uang-uang ndiri kok….. (H)

    tapi ada bener nja juga…
    belli rokok ama dengan belli penyakit… :-$ ;-(

    yoi… (F) :-[ :-O

  • armin

    merokok dapat menyebabkan hilang stress
    maerokok dapat menyebabkan kanker uang
    merokok dapat menyebabkan asap
    ya tooo…????

  • julia

    you you jangan rokok ya ….
    sebatang rokok, umur berkurang satu detik[bener lho...]

  • aUrIeL

    lOe 2 yg lg rokok………. stop!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! mulai sekarang yach….

  • feira anak jalanan

    malah bisa 3 manit……

    lha buat ngerokok kan ngabisinnya butuh waktu 3 menit……..hwe..hwe..hwe….

  • http://Www.rita.com Rita

    Sobat yG bae’ mLai D’ tRap kn No Smoking….!!

  • hanny

    ‘yoyoi..bwd tmn2…
    ‘hindari rokok…
    ‘bhya bgds akbt.a…. ;-)

  • Wul_lean

    merokok dapat menyebabkan kangker,,, maka jika tidak ingin memperoleh penyakit berhentilah merikok….. walau[un susah berhenti langsung tapi klo sedikit2 pasti akan berhenti……… :-) ;-)

  • ruru

    stoooooooooooooooooppppppp smokers!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :-O

  • whuyan

    buad kawand2 eank suka ngroko, STOP ngrokok. okay (Y)

  • educ’k

    ngrokok sich boleh,, tapi inget t4 donk,,,, (H)

  • http://jembot narji

    banyak2 merokok biar cepat mati

  • ronel

    saya sangat mendukung kalau penggunaan rokok di indonesia di hilangkan karena membuat generasi penerus akan menjadi rusak dan tidak bermoral.

  • wiwid

    merokok??????? 9ak banget dech……. :-S

  • arief

    stop, merokok !!!!!!!!!!!!!!! dpat mmbuat qta cpet mti, karena banyak racun2 yg terkandung di dalamnya, camkan itu,, !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Ariya

    Buat apa kita ngeroko toh kita gak ngerokopun gak rugikan?sayangilah umur kalian ya………………… (Y)

  • kenyexz

    no . . .no. . . no. . .
    say no to smoke

  • ervina

    janganlah sekali-kali kalian merokok karena itu bisa menyebabkan kalian ketergantungan pada rokok itu
    karena rokok itu bisa menyebabkan penyakit jantung dan lain sebagainya…
    mulai dari sekarang kalian tinggalkan rokok dan lupakan rokok……..
    knapa saya bisa berbicara seperti ini…
    karan saya peduli sama kalian semua….
    saya takut kalian ketagihan sama rokok itu…….

  • ervina

    spendt yourdey wedout smook….
    ok…my friend :-D ;-)