Cara Mempercepat PC

Cara Mempercepat PCDalam kesempatan ini, penulis ingin membagikan bagaimana cara mempercepat PC supaya kinerjanya mencapai maksimal. (Y) Komputer yang lemot memang bikin sebel, yang sebelumnya belum terisi apa-apa pasti kenceng abis tapi lama-lama makin lambat gara-gara keisi banyak “sampah”, :-P apalagi kalo terhubung ke internet. Dibawah ini bisa kamu baca apa aja yang harus dilakukan untuk mendapatkan PC yang cepat, tips ini bisa juga dipakai untuk laptop atau netbook kok. (*)

Upgrade Memory / RAM

Pertama-tama, inventaris semua hardware komputer dan tanyakan pada diri kamu sendiri: buat apa sih PC ini? (I) Apakah untuk menulis makalah, skripsi atau desain di CorelDraw, Photoshop; atau mungkin buat browsing en update status facebook plus twitter? :-) Atau cuma buat senang-senang nyalain WinAmp buat MP3 dan nonton film? (8) Kebutuhan tiap orang berbeda, dan langkah awal ini merupakan opsi pertama kamu buat mempercepat PC kamu, yaitu dengan cara upgrade komputer. (T) Upgrade berarti menambah atau mengganti komponen komputer dengan yang lebih baik dan canggih. (~) Komponen yang sering diupgrade berkaitan dengan kinerja komputer adalah RAM, harddisk, motherboard, atau CPU. (C)

Kalo kamu memakai komputer untuk pekerjaan berat seperti rendering lewat 3DSMax, AutoCAD :-( atau processing photo lewat Photoshop atau Adobe LightRoom, ada baiknya untuk mengupgrade RAM dan atau harddisk. (H) Mengupgrade RAM akan menambah kapasitas memori yang dapat digunakan oleh Operating System (dalam hal ini penulis menggunakan Windows). (^)

Proses program yang memakan banyak RAM namun tidak dapat tertampung seluruhnya lewat RAM (melebihi kapasitas RAM), :-O maka terjadi swap – komputer akan mengakses harddisk untuk menutupi kekurangan RAM tersebut. (L) Sudah barang tentu, akses lewat harddisk lebih lambat daripada lewat RAM, jadi bila PC sudah mulai lemot gara-gara swap ke harddisk mulu, saatnya untuk upgrade memory. :-[

Upgrade memory ke DDR3 mungkin dapat menjadi solusi sangat baik untuk mengatasi lambatnya komputer, itu juga kalau motherboard support. (@)

Upgrade Harddisk

Kalo motherboard kamu sudah support SATA, ada baiknya memilih harddisk SATA daripada IDE karena alasan kecepatan. (K)

Ini terutama berpengaruh banyak terhadap proses writing ke harddisk, apalagi bila kamu sering main game dan menjalankan program berat semacam Photoshop atau AutoCAD. Dengan upgrade harddisk ke SATA (atau bahkan SSD), maka loading dan writing akan lebih cepat. :-)

Upgrade Video VGA Card

Kalau kamu banyak menghabiskan waktu bermain game di PC, ada baiknya untuk upgrade VGA card, (~) soalnya game-game baru pastinya akan memakan lebih banyak VRAM dan biasanya mendukung fitur-fitur baru yang dikembangkan oleh developer VGA card. (D)

Upgrade Motherboard

Seharusnya upgrade motherboard tidak perlu dilakukan bila memang tidak critical, (*) soalnya banyak komponen yang tergantung pada spesifikasi motherboard, seperti processor, RAM, VGA, atau harddisk. (I) Namun bila memang terpaksa, pilih motherboard yang support komponen lain yang masih dapat digunakan sebelumnya sehingga kamu nggak perlu membuangnya. Kan sayang. :-P

Bila budget tidak mengizinkan, maka optimasi harus dikerjakan untuk mendapatkan kinerja PC yang optimal. Buat yang memakai operating system Windows XP, bisa membaca artikel optimalisasi Windows XP. (C)

Optimalisasi tidak hanya dapat didapatkan lewat upgrade, tapi juga lewat tweaking software di dalam komputer kita. (@) Software apa saja sih yang perlu kita optimalkan?

Antivirus dan Firewall

Antivirus memegang peranan penting dalam mendeteksi dan menghapus virus yang masuk ke PC. Bila kamu udah memiliki antivirus sendiri, bisa deh mematikan produk Microsoft untuk antivirus semacam Windows Defender. (@) Ini akan lebih meringankan kerja PC kamu. Bila memungkinkan, download antivirus yang lebih ringan dalam spesifikasi, seperti Avast 4.0 daripada versi 5 yang notabene lebih banyak memakan memory dan memperberat kinerja komputer. :-S Bila antivirus juga memiliki firewall, disable firewall default dari Microsoft untuk Windows kamu. (B)

Seringkali, virus dan spyware menyebabkan komputer menjadi lambat :-S karenanya sering-seringlah melakukan scan terhadap seluruh harddisk dan system dari virus lewat program antivirus. ;-( Kalau bisa gunakan mode Bootscan karena lebih cepat dan lebih mampu mendeteksi dan menghapus virus daripada bila scan lewat Windows. (F)

Defrag Harddisk

Kalau kamu banyak mindah-mindah file dari harddisk, :-( terutama file-file yang besar, maka bisa dijamin lama-lama harddisk menjadi terfragmentasi yang menyebabkannya makin lama untuk diakses. :-O Defrag harddisk secara berkala untuk menjamin harddisk dalam kondisi prima. (T) Kamu juga bisa melakukan scandisk harddisk untuk mengetahui dan memperbaiki bad sector yang kemungkinan dapat dijangkiti oleh HDD kamu. (D) Bukan rahasia lagi kalau bad sector juga seringkali menimbulkan problem dalam kecepatan akses HDD.

Harddisk juga perlu dimaintain secara berkala, (O) yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan program CCleaner. Software ini akan menghapus entry registry, sekaligus file temporary, :-D baik dari sistem maupun dari browser yang menyimpan temporary internet files yang memakan banyak space di harddisk. (Y)

Sedikit space juga berarti kecepatan akses harddisk semakin meningkat, jadi buang sampah yang tidak diperlukan. (L)

Mozilla Firefox

Update Mozilla Firefox terbaru secara berkala. :-) Seting default pada browser ini sudah memberikan notifikasi bila ada update terbaru, jadi download setiap ada update karena biasanya developer Mozilla sudah meningkatkan kinerja firefox ke tingkat yang paling optimal. (D)

Disamping optimasi software, pemilihan sistem operasi juga berdampak pada keseluruhan tingkat kecepatan PC. (@) Kalau memang kamu hanya punya komputer/laptop low end (alias hanya untuk mengetik dan kerja office), (^) sebaiknya install Windows XP karena alasan kecepatan. Gamer juga seringkali menginstall Windows XP atau Windows 7 untuk mendukung game-game terbaru untuk bisa jalan dengan baik. (*)

Semoga sedikit tips cara mempercepat PC diatas berguna. Selamat mencoba.

Chee-U .^_^.

  • f a m

    matur nuwun atas presentasinya