Foto Lamaran Dian Sastro dan Indraguna Sutowo

Dian Sastro Indra Guna TunanganFoto Lamaran Dian Sastro dan Indraguna Sutowo (P) dirilis tepat di Valentine’s Days, Minggu, 14 Februari 2010.

Pertunangan Dian Sastrowardoyo dan Indra Guna Sutowo (L) ini dilangsungkan secara tertutup di kediaman Dian dengan prosesi upacara adat Sumatera Selatan. (I)

Acara Lamaran Diandra Paramitha Sastrowardoyo dan Maulana Indraguna Sutowo digelar di kediaman Dian, (~) di Jalan Bangka Raya No 49, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (14/2/2010) malam.

Prosesi pra pernikakah ini sendiri menggunakan adat Sumatera Selatan, (L) dengan inti acara pertukaran cincin pertunangan dan penetapan hari pernikahan. (*)

Diandra Paramitha Indraguna SutowoDian Sastro Indra Guna

Keluarga besar pengusaha ternama Adiguna Sutowo tiba pukul 19.15 WIB (O) di kediaman Dian dengan menggunakan beberapa mobil sedan Mercy warna hitam. Para pria mengenakan beskap hitam dengan sarung dilingkarkan kain songket khas Sumatera Selatan. (Y) Sedangkan kaum perempuannya memakai kebaya.

Keluarga Indra membawa sekitar 21 barang seserahan, (G) yang disambut dengan adat Sumatera Selatan dan dimulai dengan adat tapak sirih. (L) Tampak Dian didampingi ibunda, Dewi Setiorini dan Indra didampingi kedua orangtuanya, Adiguna Sutowo dan Indriyani.

Acara dimulai dengan sekapur sirih kedua belah keluarga (H) yang diwakili oleh Ponco Sutowo dan Winnie Ponco dari keluarga besar Indraguna Sutowo. Sedangkan perwakilan keluarga Dian adalah Aswin Sastrowardoyo. :-)

Ponco : “Lamaran ini untuk mengikatkan Indraguna Sutowo untuk Dian Sastrowardoyo untuk lebih dekat dalam pertukaran cincin ,”

Acara sekapur sirih berlanjut dengan berbalas pantun oleh kedua keluarga. :-D Setelah melontarkan beberapa pantun sebagai adat, keluarga besar Sastrowardoyo menerima pinangan keluarga besar Dian. (*)

Aswin : “Acara ini adalah menindaklanjuti pertemuan terdahulu dan mengikat hubungan anak-anak kami dan dipertunangkan dalam upacara tukar cincin. Kami sepakat menerima pinangan Indraguna Sutowo,”

Setelah acara sekapur sirih, (I) mempelai pria, Indraguna Sutowo memasuki ruangan dengan pakaian adat Sumatera Selatan dan langsung dikenakan kain songket Palembang oleh ibunda Dian, Dewi Parwaty Styorini. (Y)

Dian Sastro Indraguna Sutowo

Tak lama, calon mempelai wanita, artis yang pernah pacaran sama Moreno Suprapto ini memasuki ruangan dengan pakaian kebaya berwarna merah dan disanggul. (F) Keduanya langsung duduk di pelaminan berwarna merah.

Setelah keduanya memasuki ruangan pelaminan, upacara adat pun dimulai (H) dengan diawali perkenalan kedua keluarga besar calon mempelai. Perkenalan dilanjutkan dengan upacara Ngawak khas Palembang untuk Dian. (I) Dian dipakaikan kerudung panjang dan dikalungkan sebuah tali oleh para sesepuh keluarga.

Nyawang dimaksudkan sebagai permohonan kasih sebelum melangsungkan pernikahan. (L) Hal ini dilambangkan dengan perpaduan benang merah, hitam, dan putih agar kedua mempelai dapat bersatu.

Dian dan Indraguna khusyuk :-) mengikuti prosesi lamaran tapak sirih ala Sumatera Selatan. Layaknya pria yang melakukan lamaran, keponakan pengusaha Ponco Sutowo itu membawa seserahan sebanyak 21 nampan, berisi dodol, sirih dan wajik. (G)

“Seserahan itu berupa seperangkat alat ibadah, pangan, sandang dan perhiasan,”

Setelah serangkaian upacara adat yang telah dilewati, (I) termasuk bertukar cincin sebagai lambang ikatan pertunangan, akhirnya Dian Sastro resmi dipinang oleh kekasihnya, Indraguna Sutowo. (*)

Gambar Dian Sastro & Indra Guna Sutowo Tunangan :

Maulana Indraguna Sutowo

Dian Sastro Lamaran

Mantan kekasih Abi Yapto ini yang dikonfirmasi (H) bareng sang calon suami, usai acara Lamaran, meminta maaf karena prosesi dilangsungkan secara tertutup.

“Saya mohon maaf :-$ kalau hubungan saya dan Indra tidak terbuka karena saya menjunjung tinggi adat keluarga yang tidak boleh gembar-gembor duluan. Ini kan baru tunangan. :-D Sekarang saya baru bisa cerita. Saya mohon doanya,”

Pemain film “Ada Apa Dengan Cinta” ini lantas menjelaskan (H) jika dirinya dan sang kekasih, sudah pacaran selama 2 tahun lamanya.

“Sebenarnya kita sudah menjalani hubungan diam-diam sekira dua tahunan. (O) Kita memang low profile, diam-diam saja. Kita lebih kepada berdoa daripada gembar-gembor yang kayaknya kurang bagus,” :-)

Mantan pacar Marwan Nasution ini juga membantah :-[ soal gosip mau dilamar karena Indra adalah anak konglomerat.

“Aku enggak melihat latar belakangnya. (*) Menurut saya ia cowok yang baik, ia cowok seumur saya tapi kerja keras banget,”

“Dia pria pekerja keras, taat, pintar, punya prinsip, dan dapat menjadi seorang pemimpin yang baik,” (H)

“Yang pasti dari pertama, saya siap. (Y) Dari bulan puasa lalu Indra ngajak serius.”

“Saya juga sudah sreg tapi kaget juga tiba-tiba tengah hari bolong di bulan puasa diajak serius. :-O Saya langsung ngomong sama mama, om, dan tante,”

Alasan dipilihnya Hari Valentine, 14 Februari 2010 (L) sebagai acara lamaran pernikahan diakui cuman kebetulan. Ditambahkan juga, acara tunangan ini digelar karena ingin mempersiapkan hari pernikahan sebaik mungkin. (H)

“Kenapa tanggal 14 Februari, :-S kami memang cari hari Minggu. Ini rembukan dari keluarga juga,”

“Kami juga enggak terburu-buru. Kami persiapkan sebaik mungkin, (Y) baik fisik maupun mental. Proses adat, kami juga perlu persiapan yang matang,”

Pernikahan Dian Sastro & Indra Guna Sutowo Mei 2010 :

Pernikahan Dian Sastro

Dari Acara pertunangan ini, (~) ditetapkanlah bulan Mei 2010 sebagai bulan pernikahan, meskipun hari baik tanggal perkawinannya sendiri belom di tentukan. ;-)

“Masih cari hari baik. Kami akan merencanakan pernikahan tiga bulan lagi, :-) mudah-mudahan lancar, diridhoi, dan langgeng,”

“Insya Allah, nikah dengan Adat Yogyakarta.” :-D

“Saya mohon doannya supaya acaran pernikahan sakral dan lancar, diridai Allah SWT. :-) Dan setelah menikah bisa langgeng sampai akhir hayat,”

Selamat dee buat Acara Pertunangan Dian Sastrowardoyo dan Indraguna Sutowo. (F) Semoga rencana pernikahannya bisa berjalan sesuai harapan.

Chee-U .^_^.

  • ANITA

    SELAMAT YA SALAM ANITA

  • defri sevrianto kumayas

    (G) (F) happy deh selalu, :-) (D) successs. (*) berkilau menyambutnya.

  • Roni Sastro

    Semoga berbahagia dan cepat dikarunia i anak