Gus Dur Wafat 30 Desember 2009 18.45 WIB

Abdurrahman Wahid Gus Dur MeninggalInnalillahi wainna ilaihi rojiun, Gus Dur Wafat 30 Desember 2009 18.45 WIB menjadi berita terbaru yang menyedihkan bagi banyak pihak. :-( Mantan Presiden Abdurrahman Wahid Meninggal Dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. (W)

Kematian Gus Dur sendiri didampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, (Y) yang saat itu sedang menjenguk di RSCM. Sedangkan, Penyebab Meninggalnya Abdurrahman Wahid sendiri belom diketahui pasti. ;-(

Berita Abdurahman Wahid alias Gus Dur Meninggal di RSCM Jakarta ;-( ini juga dikabarkan oleh asisten pribadi sang mantan Presiden, Bambang Susanto dalam status Facebook, hari Rabu 30 Desember 2009. (O)

“Innnalilahi wa inna Ilaihi rojiun :-( telah meninggal dunia Kyai Haji Abdurrahman Wahid di RSCM. Al Fatihah,”

Selain itu, sang sekretaris pribadinya, Sulaiman juga membenerkan kabar duka ini. (E)

“Innalillahi wainailaihi rojiun. ;-( Gus Dur meninggal didampingi ibu Shinta Nuriyah dan anak bungsunya, Inayah. Saat itu Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono sedang menjenguk Gus Dur.”

Selain itu, adik kandung Gus Dur, KH Sholahudin Wahid alias Gus Sholah (H) juga membenarkan Gus Dur menghembuskan nafas terakhirnya pukul 18.45 WIB.

“Saya mendapat kabar beliau meninggal. Kabar yang saya terima beliau meninggal pada pukul 18.45 WIB,” ;-(

“Sekarang saya masih di Jombang tapi keluarga masih berkumpul di RSCM. (H) Saya belum tahu apa langsung dibawa ke sini (Jombang) atau di semayamkan ke Ciganjur dulu,”

Gus Dur Wafat

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini pekan lalu (O) sempat akan dirawat di RS. Dr Soetomo Surabaya, namun, beliau memilih untuk berziarah ke makam ayahnya di Jombang.

Namun, diduga karena kelelahan (W) setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur, beliau lantas dilarikan ke UGD rumah sakit setempat dan menjalani perawatan medis di RS Jombang Jawa Timur, (~) pada Kamis (24/12). Namun Sabtu 26 Desember, Gus Dur dilarikan ke RSCM.

Sosok hebat kelahiran 07 September 1940 ini pun dirawat di ruang VVIP nomor 116 Gedung A RSCM. (~) Saat ini Gus Dur harus menjalani cuci darah dan mencabut giginya, serta semula diprediksi hanya diopname dua hari. :-S Sayang, beberapa saat sebelom dijenguk Presiden SBY, beliau dinyatakan dalam kondisi kritis.

Presiden SBY Menjenguk Gus Dur :

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, (I) tiba di halaman RSCM sekitar pukul 18.30 WIB menggunakan mobil kepresidenan dengan pengawalan tidak terlalu ketat, :-( yakni hanya dikawal lima mobil pasukan pengaman presiden (Paspampres).

Presiden SBY yang mengenakan kemeja batik berwarna coklat tampak masuk dari pintu utama RSCM (~) langsung menuju kamar tempat Gus Dur dirawat sejak beberapa hari lalu. Hanya aja, ga’ tampak Ibu Negara Ani Yudhoyono mendampingi Presiden. ;-(

Sekitar 10 menit setelah Presiden SBY tiba, (O)   Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih dateng agak terburu-buru. Ia kemudian segera menyusul ke kamar tempat Gus Dur dirawat yang sedang dikunjungi SBY.

Sekitar pukul 19.30 WIB, SBY meninggalkan RSCM. (W) Sayang, ga’ ada patah kata yang terucap, hanya raut wajah sedih yang terlihat di muka Presiden kita. ;-(

Semoga amal ibadah Mantan Presiden Abdurrahman Wahid diterima di sisi Nya. Amien. (Y)

Chee- U .^_^.