Harga Pokok Pembelian

Harga Pokok PembelianHarga Pokok Pembelian ditemui di perusahaan dagang (seperti perusahaan yang bergerak di bidang distributor dengan adanya pengadaan barang / inventori untuk aktivitas penjualan pembelian), dimana catatan dan prosedur akuntansi sama dengan perusahaan jasa, tapi dalam perusahaan dagang perlu rekening dan prosedur tertentu untuk pembelian dan penjualan barang dagangan. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki harga pokok pembelian ini (karena tidak adanya inventori), sehingga pada perusahaan jasa hanya memiliki harga pokok yang terdiri dari biaya-biaya operasional. Buat kalian yang mencoba ikut pendaftaran stan 2009-2010 perlu nih baca artikel ini. :-D

Komponen Laporan Rugi Laba

Pada perusahaan manufaktur, harga pokok pembelian lebih dikenal dengan nama harga pokok persediaan dalam menghitung harga pokok produk. Harga pokok pembelian adalah salah satu dari komponen pada laporan laba rugi. Bentuk laporan harga pokok disesuaikan dengan kebutuhan manajemen dan metode akuntansi yang dipilih.

Metode pepetual inventory adalah metode yang banyak digunakan pada system akuntansi computer namun masih banyak akuntan yang sangat familiar dengan metode Phisikal Inventori. Metode phisikal inventori semakin ditinggalkan karena system akuntansi computer dengan metode perpetual dapat memberikan informasi setiap saat tanpa harus menunggu perhitungan fisik persediaan bahkan dapat menampilkan hasil perhitungan harga pokok untuk suatu product yang akan diproduksi. Dengan demikian diperoleh laporan harga pokok dalam bentuk rencana dan laporan harga pokok realisasi.

Harga Pokok Pembelian

Harga pokok ini ditentukan oleh sejumlah faktor:

  1. Harga pokok barang yang dibeli (angkanya diperoleh dari rekening pembelian)
  2. Dikurangi penyesuaian karena adanya retur dan potongan pembelian (angka transaksi ini dicatat dalam rekening khusus yang terpisah dari rekening pembelian)
  3. Dikurangi penyesuaian karena adanya potongan tunai pembelian (angka transaksi ini dicatat dalam rekening khusus yang terpisah dari rekening pembelian)
  4. Ditambah penyesuaian karena adanya biaya pengangkutan untuk mengangkut barang sampai di gudang perusahaan (angka transaksi ini dicatat dalam rekening yang terpisah dari rekening pembelian)

Mengapa Harga Pokok Pembelian Harus Diperhatikan

Karena persediaan merupakan komponen yang paling besar dalam operasional perusahaan pada perusahaan dagang maupun perusahaan industri. Karena harga pokok persediaan adalah bagian dari persediaan yang telah digunakan, Jadi perhatian lebih besar ditujukan pada harga pokok persediaan cukup beralasan dengan tujuan untuk membatasi anggaran, sehingga pada akhirnya laba yang diterima perusahaan tinggi.

Contoh Laporan Rugi Laba

Harga Pokok Pembelian di Laporan Rugi Laba

Sekian sekilas ilmu pengetahuan yang dibagiin kali ini. ;-)

Chee-U .^_^.


Daftar Pustaka:

http://zulidamel.wordpress.com/2008/12/12/harga-pokok/

http://agustin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/11392/Perusahaan+Dagang.doc

  • icha

    misi..misi…
    numpang tanya, kalau untuk perusahaan jasa, hitungan HPP nya bagaiamana yah?

    ada contoh perhitungan HPP dan rugi labanya gak? kayak shout out diatas.
    terimakasih sebelumnya…
    buat tugas KUliah soalanya