Hasil Test Pack Kehamilan

Test Pack stripHasil test pack kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh calon ibu yang lagi menanti calon bayi yang bakalan hadir untuk meramaikan rumah, :-D terutama buat yang baru pertama kali akan mengalami masa yang disebut hamil. (D) Hasil test pack positif merupakan salah satu ciri-ciri orang hamil, so mengenal test pack yang baik dan cara menggunakan testpack yang benar bisa membantu kamu buat deteksi dini apakah kamu hamil atau tidak. (B)

Test Pack Kehamilan

Test pack kehamilan ini adalah salah satu dari sekian banyak alat uji kehamilan, yang bisa jadi salah satu cara yang murah dan meriah, karena kamu nggak perlu repot pergi ke laboratorium buat ngecek kehamilan. (Y) Alat yang biasa disebut home pregnancy test (atau test pack) ini banyak dijumpai di toko, supermarket, atau apotik dengan harga yang variatif. Mudahnya, kita sebagai kaum wanita bisa langsung menguji kehamilan sendiri dan mengetahui apakah sang buah hati akan hadir atau tidak melalui hasil test pack. (I)

Bentuk Test Pack

Bentuk test pack ada dua macam, yaitu strip dan compact. ;-) Bedanya, bentuk strip harus dicelupkan ke urin yang telah ditampung atau disentuhkan pada urin waktu buang air kecil. Untuk compact/card udah ada tempat buat menampung urin yang bakalan diteteskan. (H)

Test Pack compact

Hasil Test Pack

Bila kamu udah menyentuhkan testpack dengan urin, maka akan muncul hasil berupa garis. Kemunculan garis pertama mengisyaratkan kalau test pack dilakukan dengan benar, (K) karena test pack mendapatkan urin yang cukup. Sebaliknya, kalau nggak muncul garis pertama ini, berarti kamu salah memakaikannya dan kamu harus mengulangi test dengan menggunakan testpack yang baru. (*)

Kalau garis pertama udah muncul, kemunculan garis kedua berarti… selamat, kamu termasuk orang hamil. Test pack yang akurat mendeteksi hormon hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin), yaitu hormon yang diproduksi oleh plasenta yang terbentuk setelah adanya pembuahan. (C)

Kapan Test Pack?

Kapan dilakukan test pack? Sebagai patokan, kamu bisa memakai alat tersebut dua hari sebelum datang bulan, atau 12 hari setelah berhubungan seks di masa subur. :-S Ini dilakukan untuk memastikan test pack seakurat mungkin. Sebagai informasi, testpack memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, yaitu antara 95-99,5% (dalam catatan, tentunya bila dilakukan dengan prosedur yang benar). :-)

Test Pack yang Akurat

Walau memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, namun kamu juga harus menjaga makanan yang kamu konsumsi. :-P Pasalnya, obat-obatan tertentu bisa membuat hasil positif, seperti obat yang mengandung hCG buat terapi kesuburan dan diet, obat diuretik, obat anti parkinson, vitamin C dosis tinggi, sabun yang terkontaminasi pada urin, dsb.

Bila alat uji kehamilan menandakan positif, namun hasil USG negatif, ini bisa jadi hasil uji dikacaukan oleh berbagai makanan seperti terurai diatas. Tetap jaga makan, dan coba lakukan test kembali setelah 3 minggu. Bila hasilnya positif, kemungkinan memang kamu udah hamil. (H)

Tips Menggunakan Test Pack

Biar nggak salah waktu menggunakan alat uji kehamilan ini, ada baiknya kalau kamu melakukannya dengan benar. (W) Berikut ada sedikit tips menggunakan test pack yang benar:

  1. Waktu beli test pack, cek tanggal kadaluarsanya. Sama seperti makanan, jangan membeli yang udah lewat kadaluarsa soalnya nggak bakalan efektif bila digunakan.
  2. Jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, soalnya urin yang terlalu cair bisa mempengaruhi hasil test pack.
  3. Buat yang belum pernah menggunakan, baca dengan teliti keterangan yang ada di kotaknya.
  4. Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, soalnya kadar hCG terbanyak terdapat pada urin tersebut.
  5. Setelah menyentuhkan urin ke test pack, diamkan selama1 menit. Setelah itu akan muncul garis-garis pada test pack.
  6. Bila tidak ada garis satupun, ulangi pengujian dengan test pack yang baru.

Hasil Test Pack Positif?

Bila hasil testpack menunjukkan positif, kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa kamu memang benar-benar hamil muda dan supaya kamu bisa mengetahui langkah apa selanjutnya yang bisa kamu tempuh, (^) karena perawatan yang benar sejak dini sangat penting buat calon buah hati dan calon ibu.

Hasil Test Pack Negatif?

Kalau rupanya hasil test mengindikasikan negatif, coba lagi beberapa waktu (disarankan 3 minggu sampai 1 bulan). (O) Bila ternyata hasilnya tetap negatif dan kamu belum juga dapat mens, segera periksakan ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat buat semua calon ibu yang ada di luar sana ;-)

Chee-U .^_^.

  • Fllorencia megan morhscek

    Bisakah test pack di gunakan setelah 7 hari berhubungan

  • Mament Darahbiru Pecintalaut

    Maaf, salken dri mamen, mau nanya, ini istri sya blm DP2 udah 1 bln lebih, tapi dah pke testpek, di cek, tapi hasil’a itu negatif, gmna ya, dia dah dua kali tes tapi hasil’a ttp sama seperti sebelum’a,
    Thank’s