Ifa Fachir Maliq & D’essentials

Ifa Fachir Keluar dari MaliqNama Rif’at Syauqi Rahman Fachir (H) alias Ifa Fachir Maliq & D’essentials lagi jadi bahasan seru di banyak media gosip musik tanah air. (8)

Alasan Ifa Maliq Mundur dari posisi keyboardist sendiri bukan karena adanya :-[ perselisihan antar personel, atau keinginan untuk solo karier maupun membuat band baru. :-)

Untuk kesekian kalinya ;-( Maliq & d’Essentials harus kehilangan personel. Ifa Fachir hengkang dari posisi kibordis terhitung sejak Mei 2011 lalu, setelah 9 tahun berkarier bersama. (O)

“(Hengkang) udah dari Mei.” :-(

“Cuma sebetulnya gue sama anak-anak Maliq & d’Essentials nunggu satu momen tertentu buat bisa ngomong bareng (K) sayangnya belum nemu waktu. Tapi nggak terlalu digembar-gembor,”

“Berat banget. :-( Gue bahkan lebih sering ketemu mereka daripada keluarga sendiri. Sedih itu pasti. Dan lebih berasa setelah dijalanin. Tapi lagi-lagi gue mengambil sikap ini (I) memang sesuatu yg harus djalanin,”

Cowok keren pemilik nama asli Rif’at Syauqi Rahman Fachir (F) ini sendiri menyatakan diri keluar karena ingin meraih cita-citanya. Putra dari Duta Besar RI di Mesir, Abdurrahman Mohammad Fachir (A.M.Fachir) ini sendiri mengaku ingin berkarier (Y) seperti sang ayah.

“Gue mau berkarier di bidang yang selama ini gue pelajarin, ;-) hubungan internasional.”

“S1 dan S2 lulus, (I) gue punya cita-cita untuk berkarier di bidang internasional diplomasi.”

“Itu emang cita-cita gue sejak lama,” (Y)

Musisi kelahiran 21 Oktober 1983 ini sendiri menambahkan (K) jika keinginan untuk hengkang dari group yang ngehits dengan lagu Pilihanku ini, sudah sejak setahun yang lalu, dan pastinya, tetep mendapat dukungan dari rekan lain. (Y)

“Kalau dijalani bareng, :-$ nggak fair buat dua-duanya.”

“Pengen fokus dan alhamdulillah itu proses yang cukup mulus. :-) Gue udah ngomong bareng anak-anak Maliq dan mereka juga nanya kapan mau mulai (hengkang).”

“Gue emang harus mulai langkah awal di 2011,” (O)

Foto Ifa Maliq :

Indah, vokalis Maliq (8) yang dikonfirmasi membenarkan jika alasan keluarnya keyboardist adalah untuk mengejar karier di bidang luar musik.

“Ifa mau ngelanjutin kerja di ilmu yang dia pelajari.” :-)

“Dia mau kerja di Departemen Luar Negeri (Deplu). Dia sudah bilang ke kami dan enggak mungkin kami untuk nahan dia” ;-)

Hal senada pun diungkapkan Angga Puradiredja, (H) yang mengaku sudah mendapatkan pengganti Ifa, yaitu seorang keyboardist bernama Ilham.

“Satu sisi kita ngerasa sedih ada. Ya pas momen itu sisi melankolisnya lebih banyak.” ;-(

“Tapi selama 9 tahun ini (O) kita ngebangun Maliq & d’Essentials dan Ifa sebagai individu untuk nggak melebih-lebihkan hal-hal semacam itu. Semua juga untuk kebaikan bersama,” (*)

“Gue juga bakal agak aneh sih :-S ngeliat dia di bawah nonton kita. Apalagi Ifa itu roommate gue kalau ke luar kota. Kerasa aneh banget pas kita manggung dan latihan. :-( Selebihnya masih sama aja, karena kita olahraga bareng juga, makan bareng juga.”

“Terus kalau ngeliat kibord di kiri biasanya Ifa sekarang berubah,” (H)

Dan, soal bongkar pasang personel di tubuh band Maliq, diakui suami Melanie Putria ini adalah hal yang lumrah. :-D

“Kami memang enggak bisa mengikat satu personil” (~)

“Kalau dia mau keluar, :-S mau kerja, mau buat band baru, itu bukan hak kami untuk melarang.”

“Kami enggak pernah bilang kalau sudah masuk Maliq, harus dikontrak 10 tahun” :-P

Di tahun 2007, bersamaan dengan keluarnya album repackaged “1st Maliq & D’Essentials”, (8) Dimi Maliq keluar untuk proyek solo karier. Awal tahun 2008, Satrio keluar dari posisi gitaris Maliq dan membentuk band Alexa, (I) digantikan Lale Maliq . Tahun 2010, pemain saxophone, Amar memutuskan untuk hengkang.

Oke dee, semoga Formasi Maliq & d’Essentials 2011 :-) yaitu Angga (vokal), Indah (vokal), Jawa (bass), Lale (gitar), Widi (drum) dan Ilham (keyboard), bisa awet… awet awet awet. (Y)

Chee-U .^_^.