Kasus Konser Anggun Diprotes Komnas Anak

Konser AnggunKasus Konser Anggun Diprotes Komnas Anak lagi heboh dibahas gosip artis kali ini. (K) Yupzz, Konser Anggun Roadshow 2009 Crazy Phenomenal/Phenomenal Crazy Dikecam Kak Seto emang sempet jadi headline panas banyak media. :-S

Anggun C Sasmi diprotes karena show musik yang digelar di Indonesia disponsori oleh Produsen Rokok padahal Anggun adalah salah satu Duta FAO. :-O

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) mengangap Anggun Cipta Sasmi tidak melindungi anak-anak dari ancaman pengaruh bahaya rokok. (H)

Di dalam rilis yang ditandatangani oleh Ketua Komnas Anak, Seto Mulyadi dan Sekertaris Jenderal Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait, (E) dinilai bahwa pelantun Lagu Jadi Milikmu yang juga adalah Duta FAO alias Food and Agricultural Organization (FAO) Goodwil Ambassador, yang mengemban misi memerangi kelaparan dan kemiskinan, ternyata tidak benar-benar melaksanakan misi sosialnya dalam Konser LA Vation Roadshow 2009.  (8) Ini karena pagelaran musik itu disponsori oleh salah satu produsen rokok besar.

“Komnas Anak menilai, (H) predikat yang diemban Anggun sebagai Goodwill ambassador FAO yang mengemban misi mengatasi kelaparan dan kemiskinan tersebut kurang sejalan dengan kenyataan bahwa konsernya disponsori oleh produsen rokok lokal,” :-S

“Komnas Anak sangat berharap ada kepedulian dan komitmen dari FAO dan para ambassadornya, termasuk Anggun, :-D untuk bersama-sama memiliki tanggung jawab dalam melindungi anak-anak dari ancaman pengaruh bahaya rokok, khususnya di Indonesia.”

“Kami menilai, FAO dan Anggun memiliki pandangan yang sama soal ini. (H) Apalagi FAO merupakan salah satu badan dunia yang tentunya sejalan dengan misi Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang senantiasa menganjurkan kesadaran pada kesehatan umat manusia,” (Y)

Anggun Cipta Sasmi

Alasan Konser Anggun Diprotes :

Konser Anggun 2009 yang sukses digelar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Selasa 17 November 2009 akhirnya jadi boomerang :-$ bagi penyanyi yang sukses di Perancis ini. Komnas Anak yang awalnya sudah memperingatkan Manajemen yang mengurusi ibu dari Kirana Cipta Montana ini untuk tidak menggelar konser dengan sponsorship produk rokok akhirnya ambil tindakan nyata soal kecaman yang pernah dilayangkan. :-O

Dengan alasan tidak ada tanggapan dari pelayangan surat (E) yang dikirimkan pada Manajemen Anggun sebelom konser Anggun Roadshow 2009 Crazy Phenomenal/Phenomenal Crazy mulai digelar, Komnas Perlindungan Anak akhirnya langsung mengirim surat Protes pada FAO. (K)

“Kita sudah melayangkan beberapa surat ke FAO, (E) terus ke Warner Music, dan ke Kedutaan Perancis untuk Indonesia, bahkan juga ke perwakilan FAO untuk Indonesia mengenai hal itu. Namun, justru manajemen Anggun menanggapi hal ini secara negatif atau ada kesalahpahaman,” :-S

“Surat yang kita layangkan itu dianggap bertujuan untuk menggagalkan konser Anggun. Kita pun mengklarifikasi hal itu, kita bukan untuk menggagalkan tapi untuk mengingatkan kalau produk rokok itu membahayakan dan bisa menyebabkan kemiskinan,”

“Kita tidak menyerang Anggun-nya, :-[ tapi kita lebih kepada manajemennya si Anggun. Karena seperti kita tahu Anggun itu merupakan Goodwill Ambassador FAO. Itu kan sangat bertolak belakang dengan konsernya dia yang disponsori oleh produk rokok, :-( yang mana rokok itu memberikan kontribusi yang sangat tinggi untuk kemiskinan,”

“Jadi FAO seharusnya memberikan perhatian mengenai hal ini.” (C)

“Lebih baik dia diberi gelar duta kemiskinan :-$ karena rokok itu memberikan kontribusi besar untuk kemiskinan masyarakat Indonesia,”

“Anggun sebagai penyanyi yang memiliki bargaining position tinggi bisa menanggulangi masalah ini. (H) Di mana dia bisa menolak sponsorship untuk konsernya yang menggunakan produk rokok. Kan ada beberapa produk-produk lain di luar produk rokok, kan bisa aja, kenapa harus rokok?” :-S

“Contoh saja Alicia Keys, (F) yang termasuk selebriti kelas A saja menggunakan bargaining position-nya dia, dan itu berhasil. Dia nggak mau konser dengan sponsorship produk rokok. Nah, kenapa Anggun tidak berlaku seperti itu juga, seperti Alicia Keys?” ;-)

“Kami meminta dengan sangat kepada Anggun agar ke depannya tidak menggelar konser disponsori rokok. (I) Cobalah cari sponsor lain di luar produk rokok,”

“Kalau nanti Anggun masih seperti itu, (H) kita meminta kepada FAO untuk mempertimbangkan mencabut gelar Goodwill Ambasador yang disandang Anggun,”

Pembelaan Pihak Anggun :

Anggun Diprotes

Kabar Terbaru Anggun yang dikecam dan diprotes akhirnya mengadu pada Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan. ;-( Dia mengaku kecewa terhadap tindakan Komnas Perlindungan Anak terhadap dirinya. Ditemui tim gosip di kantro Menteri Negara di Jalan Medan Merdeka Barat No 15, Jakarta, Anggun mengaku dijatuhkan oleh anak bangsa sendiri. :-[

“Mereka menuduh orang yang salah, yang sakit hatinya. Kenapa saat aku dilantik jadi duta FAO, aku malah dijatuhkan oleh anak bangsa sendiri? ;-( Padahal aku enggak pernah mencemarkan nama baik Indonesia,”

“Mereka kirim surat ke FAO, kemudian baru ke manajemen. :-( Tiba-tiba saya terima banyak surat dari Amerika dan negara lainnya. Yang saya sesali, kenapa mereka (Komnas PA) enggak menyurati kita dulu,”

Artis kelahiran Jakarta, 29 April 1974 ini juga mengaku meski disponsori rokok, (H) namun dirinya ga’ pernah ngajak orang merokok.

“Memangnya mereka (Komnas PA) pernah melihat aku merokok? :-S Misalnya ada orang yang merokok pun, aku enggak pernah mengajak. Itu pilihan mereka sebagai gaya hidup. Rokok bukan sama sekali gaya hidup aku,” :-$

“Kalau mereka menuduh aku mempromosikan rokok, buktinya apa? :-[ Aku bukan disokong oleh perusahaan rokok karena memang hampir semua even di Indonesia identik dengan rokok. Even olahraga pun ada yang disponsori rokok,” :-S

“Aku dikontrak untuk membuat lima konser. (8) Sebagai penyanyi, aku harus me-respect kontrak itu. Tapi aku sudah minta ke perusahaan rokok itu untuk mengurangi promosi mereka di konser aku,”

Di satu pihak, Komnas Anak bilang udah ngirim surat keberatan (E) ke Manajemen Anggun sebelom kirim surat ke FAO dan laen sebagainya tapi ga’ ada tanggapan dari management. Di pihak laen, menurut Anggun, surat pemberitahuan dari Komnas datang telat setelah banyak surat kekecewaan :-[ datang dari Amerika dan pihak FAO. Hmmm, yang bener mana nie? :-S

Moga aja dee Kasus Anggun C Sasmi dan Kak Seto Komnas Anak berlangsung damai dan kekeluargaan. :-)

Chee-U .^_^.