Kasus Penistaan Agama Dihentikan, Status Tersangka Jonas Rivanno Gugur

Kasus Penistaan Agama Dihentikan, Status Tersangka Jonas Rivanno Gugur (~) lantaran tidak ada bukti yang kuat.

Pelaporan Jonas oleh FPI sendiri didasari atas (E) sikap Jonas yang menjadi Muslim hanya untuk bisa menikahi Asmirandah.

Polemik yang memanas di akhir 2013 ini makin ricuh :-[ usai Front Pembela Islam (FPI) Depok mengajukan laporan atas dugaan penistaan agama oleh Jonas Rivanno Watimena pada 29 Oktober 2013, hingga munculnya status Tersangka (I) untuk sang aktor tampan.

Pasangan inipun memutuskan untuk mengajukan (U) Pembatalan Nikah di Pengadilan Agama Depok. Hanya saja, keduanya lantas menikah kembali di luar negeri, usai Andah mengikuti keyakinan sang kekasih. (W)

Perkembangan kasus ini sendiri sudah ditetapkan (O) akhir tahun 2015 lalu, seperti yang diungkapkan Imam, Kanit Reskrim Polres Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kasus dihentikan, dengan surat ketetapan penghentian penyidikan Nomor S. Tap/37/XII/2015/Reskrim (per tanggal 11 Desember 2015) dengan alasan peristiwa tersebut bukan merupakan tindak pidana,"

"Berkas dikembalikan Kejaksaan Negeri Cibinong, Bogor dengan catatan penambahan hasil pemeriksaan ahli. Di antaranya ahli hukum pidana, ahli bahasa Indonesia, dan juga ahli hukum pidana terkait hak asasi manusia yang kemudian dikoordinasikan dengan jaksa. Menyimpulkan bahwa perbuatan Jonas Rivanno Watimena tersebut tidak masuk pasal 156 A tersebut,"

"Waktu itu surat pemberitahuan (penghentian penyidikan) sudah kami kirim kepada kuasa hukumnya (FPI Depok),"

Afdal Zikri, kuasa hukum Jonas sendiri yang dikonfirmasi (K) tentang gugurnya status tersangka sang klien, menyatakan Jonas dan Andah menyambut baik keputusan ini.

“(kasus ini) sempat menjadi pikiran ya, :-S pasti, tapi sekarang mereka sudah jauh lebih tenang,”

“Tentu ini menjadi kado terindah bagi Jonas dan Andah ya. :-) Apa lagi waktu itu kita terima sesaat sebelum Tahun Baru 2016. Senanglah pasti mereka,”

“Mereka sehat, keluarga mereka bahagia. Apalagi dengan adanya SP3 ini ya menjadi kado spesial (G) buat mereka berdua,”

Permasalahan yang awalnya muncul pun satu persatu :-$ diakui telah diselesaikan, termasuk restu dari orangtua Andah,

“Kedua keluarga besar sudah saling kunjung ya, akhir tahun lalu. (L) Mereka saat ini sudah menerima semuanya dengan baik-baik saja,”

“Momongan nanti dulu, masih menikmatilah, :-) biarkan saja dulu mereka menikmati, kan memang ini yang mereka inginkan,”

“Jadi sudah beres semuanya, pernikahan sudah dicatatkan (E) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta.”