Kasus Silet RCTI

Silet edisi Merapi 7 November 2010Kasus Silet RCTI, Fenny Rose dan statement Yogyakarta Kota Malapetaka :-S masih terus jadi berita terpanas di dunia intenet.

Silet RCTI Dihentikan Tayang oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) :-$ mulai Selasa, o9 November 2010 hingga status Awas Merapi turun menjadi Siaga, sebagai sanksi dan teguran. :-[

Hari Minggu, 07 November 2010, (O) Tayangan infotainment Silet bertopik Merapi dengan host Fenny Rose membuat gempar saat membahas petaka pasca letusan Gunung Merapi. :-O

Dalam tayangan itu, :-$ disebut-sebut sang presenter silap lidah dengan menyebut soal Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendapat julukan Kota Malapetaka.

Ditambah lagi, narasumber paranormal juga menyebutkan sebuah ramalan (I) tentang adanya musibah hebat di hari Senin, 08 November 2010, keesokan harinya.

Akibatnya, ;-( 550 orang pengungsi di daerah Muntilan mendesak agar dipindahkan ke Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, karena ketakutan akan datang bencana yang lebih besar dari letusan Gunung Merapi. :-( Padahal, daerah Muntilan termasuk daerah yang aman dari letusan Gunung Merapi.

Belum lagi, tak kurang dari 1.128 surat aduan (E) dari masyarakat yang diterima KPI soal kepanikan di tengah warga Yogyakarta akibat penayangan ramalan yang secara teori tidak dapat :-[ dipertanggungjawabkan.

Silet Minta Maaf :

Redaksi Silet pun akhirnya meminta maaf (H) atas siaran infotainment di RCTI, Minggu (7/11/2010). Feny Rose sendiri yang dikonfirmasi akhirnya meminta maaf dan mengklarifikasi pernyataan kontroversial yang beredar di masyarakat. :-[

“Atas segala kejadian yang tidak mengenakkan semua pihak termasuk diri saya sendiri, saya memutuskan untuk beristirahat dari kegiatan presenter Silet untuk bisa mengintrospeksi diri,”

“Dengan segala kerendahan dan ketulusan hati pertama-tama saya ingin mengucapkan rasa simpati dan duka cita yang mendalam kepada para korban bencana di Merapi, juga kepada masyarakat Yogyakarta, dan sekitarnya serta Jawa Tengah yang tengah berduka dan diliputi perasaan cemas. Semoga selalu diberi kekuatan dan semoga keadaan kembali menjadi aman,”

“Saya menyesalkan beredarnya SMS, BBM (BlackBerry Messenger), Twitter berantai mengenai diri saya yang telah meresahkan dan mencederai hati khususnya warga Jogjakarta dan sekitarnya. Namun atas segala dampak yang terjadi akibat pesan berantai tentang diri saya dengan isi pesan yang kurang tepat, yang telah mencederai dan melukai perasaan warga Jogja dan sekitarnya, saya meminta maaf yang sedalam-dalamnya,”

“Tidak ada niat sedikitpun di hati saya untuk mencederai, melukai hati, menyinggung perasaan dan meresahkan warga Jogja dan sekitarnya

Pemilik nama lengkap Feni Rosewidyadhari ini juga menegaskan bahwa (~) naskah Silet 7 November 2010 tidaklah berisi pernyataan bahwa Jogjakarta adalah Kota Malapetaka, melainkan berisi ulasan sebagai berikut : (H)

“Puncak letusan Merapi kabarnya akan terjadi hari ini hingga esok hari pada bulan baru yang jatuh pada 8 November. Ahli LAPAN selalu mencatat hampir semua letusan dan guncangan gempa yang muncul pada bulan baru.”

“Lantas apa yang terjadi pada Jogjakarta? Mungkinkah Jogjakarta, kota budaya yang elok akan tergolek lemah tak berdaya? Benarkah Jogja yang dalam banyak lagu digambarkan begitu indah akan berubah menjadi penuh malapetaka?”

Sementara itu, Komisi Penyiaran Indonesia membenarkan  (Y) adanya penghentian sementara tayangan infotainment yang tayang siang hari itu.

“Kita berikan sanksi kepada Silet RCTI.” :-[

“Kami beri satu teguran dan penghentian kepada tayangan Silet. Kami menghentikannya (H) sampai pemerintah mencabut status siaga di Merapi,”

Semoga dengan adanya kesalahan Tayangan Silet RCTI Edisi Merapi 7 November 2010, :-) bisa jadi pelajaran bagi program lainnya.

Chee-U .^_^.

  • anggie rizqya

    Ko bisa sih?????

  • sabiq bandung

    saya harus berkata apalagi……… kalau silet mau dibekukan saya sangat setuju ….
    ketika melihat tayanganya bukan simpati yang disampaiakan tapi malah menakut nakuti , berita fitnah / bohonh dan cenderung merugikan rakyat jogja….. mohon untuk acara yang lain bisa jadi pengalaman ….
    jangan menyakiti , menyesatkan rakyat jogja yang tenha mengungsi…bravo buat jogja magelang dan sekitarnya ;-(

  • http://dwdw tegar

    syukur kalau begitu ….demi kemanusian dan beriat berita yng benar tolong acara semacam silet di kawal….thank :-S

  • ali

    gk cukup klo hanya minta maaf di media.gk malu ta ama yg menciptakan dunia ini?istighfar donk.ingat!karma selsu mengiringi kita.apapun yg terjadi di negeri itu jadi menjadi kun fayakun dari ALLOH.percayalah!klo yang ngomong itu peramal atau dukun itu sama saja percaya sama tuhan.musyrik dosanya :-[ :-[ :-[

  • hidayat

    sudah selayaknya masyarakat indonesia sadar dan terbangun banyak acara sampah yang dapat menjauhkan diri kita dari aqidah yang sesungguhnya mereka mementingkan rating untuk pendapatan mereka saja sebaiknya acara silet dan sejenisnya ditiadakan saja. acara itu sama sekali tidak bermanfaat

  • F4!zz4

    Mungkin lain kali TIM SILET harus lbh bisa ber fikir apa yg akan d’tayangkan tidak bwt resah masyarakat yg ada d”DIY”kasian’kn mereka jdi ketakutan………!
    *LBH HATI2 YA……* :-(

  • heri

    is..is..iss
    ,, ko bza gtu y..mka.x kupaz.x jngan terllu dalm..

  • wika dara>s

    knpa sieh hrus ada p.mbritaan sperti itu,kan bkien kwtir aja

  • riska devia

    knpa sieh gunung merpi hrus mletus ????? ;-( ;-( ;-(

  • tiniekoe

    silet merupakan suatu acara yg bs memberikan informasi yg pada dasarnya smua khalayak blm tahu menjadi tahu tapi hrs diingat jg informasi trsb jg seharusnya dipertimbangkan setiap kalimat demi kalimat pantes ga nya ditayangkan kpd seluruh penikmat silet agar kami tidak menjadi resah atas pemberitaan kalimat demi kalimat trsb… smoga silet bs mengambil hikmahnya atas kejadian ini..

  • dewi

    yogyakarta adalah kota pelajar bukan kota malapetaka
    betul betul betul (H)

  • ani liyana

    sang sutradara yg hrs bertgg jwb ttg naskahx bkn presenterx dong,dia khan cuman melakukan tugasx :-( :-( :-(

  • naya

    iya, biar tahu rasa!!!! boleh sich ngeberitain tapi jangan berlebihan kaya gitu, ngasih berita kok lebay. :-[

  • poppie

    mba feniii
    Yg sabar ya????

  • wiwin faizah

    mnurt sya jga tk cukup hnya dgan mmnta maaf ktika tayangan silet mmbuat suasana di jogja jd smakin mncekam

  • ranika yulisari

    kok bisa sih di berhentikan sih padahalkan seruuuuuuuuuuuuuuuuu banget g sih llo……….. ayo dong tayang kan lg aku kan mau nonton lg bersama teman-teman q nih???????????……………. :-S

  • ranika yulisari

    kok bisa sih di berhentikan sih padahalkan seruuuuuuuuuuuuuuuuu banget g sih llo……….. ayo dong tayang kan lg aku kan mau nonton lg bersama teman-teman q nih???????????……………. :-S :-S :-S

  • linda

    gag seru donkkkkkkkkkk ;-(

  • Lilis Zhu

    Trus gw nonton apaan dooooooooooooonk??????????????
    :-S

  • vina faradilah

    :-) alhamdulilah kl silet ga siaran coz udah bosen nihc ngelht tayangannya,kl setiap ada fenomena alam pasti dbesar2kan mbok yah biasa aza tohc itu semua rahasia tuhan…

  • fitri

    kita tidak boleh menyalahkan siapapun yg terkait dalam masalah ini, kita cuman manusia….!! terkadang manusia tidak luput dari kehilafannya jadi kita cuman bisa mengintrofeksi diri sendiri dulu apakah kita benar apa tidak. Tuhan saja tidak mau menghukum orng yang berdosa, apakah kita berhak untuk itu????

  • ra_rha

    sebenernya smua itu ada di tangan tuhan.. . . :-) :-) :-)
    jadi kurang baik rasanya kalau kita seperti tahu sebala sesuatu yang bakal terjadi. . . ;-(
    mudah2an ini menjadi perenungan bagi kita smua. . . (Y)

  • as3 M’sia

    :-S hwwwwmmmp capek klo dah nma’y media hiburan mang slalu bkin yg ga’ ga’……. Hati2 ja lah…..

  • ti2n

    simple aj..
    seberarnya smua hanya gosiiippp….dunia maya memang terawangan aj…percayakan smuanya pada yg di ATAS.

  • s.ibadi

    mungkin maksud fenny jogya bukan kota malapetaka,karena merapi meletus sehingga jogya seperti kota yang mencekam .yang penting kita harus tetap berdo’a,untuk bangsa ini pada umumnya dan khususnya pada pemimpin yang sudah banyak mendlolimi rakyat.dengan banyaknya kasus korupsi dinegara ini.mungkin ini teguran /peringatan dari Yang Maha Kuasa.semoga Yang Kuasa selalu memberi kekuatan pada bangsa ini amiiin.

  • s.ibadi

    hati boleh panas,amarah hanyalah nahsu tetapi kita harus berfikir rasional.yang terpenting adalah bagaimana tindakan kita untuk saudara kita yang terkena musibah,mereka tidak memerlukan emosi,mereka tidak memerlukan kita untuk banyak berfikir.mereka ingin hati kita terketuk untuk merasakan penderitaan mereka maka salurkan sebagian kecil hak mereka dari kita. ( keluarga besar karyawan gg tbk ,waru,sidoarjo ) semoga saudara kita diberikan ketabahan oleh Yang Kuasa

  • anonim

    status merapi masih awas tapi silet juga udah tayang tuh nyatanya..ga sesuai dengan statementnya.. :-[ :-[

  • miranti mayasari

    akhirnya silet bisa di ber hentikan juga :-(
    berita yang hanya membuat warga jogja dan barang kali semuanya menjadi ketautan :-[ :-[ :-[ :-[ :-[ :-[ :-( :-(

  • andes

    terkadang suatu unfotaiment itu suka melebih2kan suatu berita…..Feny Rose seharusnya sebagai presenter yg beberapa kali mndapat PA sbgai presenter infotaiment terfavorit harus bisa memilih dan memilah kata…ya smg dgn kejadian ini kita bisa mengambil hikmahnya…dan buat infotaiment lainnya sebaiknya memilih2 kata2 dalam penyampai suatu berita yang lebih pantas. :-)

  • ny.wangsit

    setuju utk ditiadakannya silet selain beritanya lebaaaay bgt jg fakta dikesampingkan lebih dikedepankan mitos,ramalan atau sejenisnya.saya benar2 tidak simpatik dgn acara ini kok bs dpt pnsnc award siy acara gak berbobot begitu.

  • kevin

    ko bsa y????

  • milawati

    nm nya manusia g luput dr kekhilafan ;-( …yg penting kta hrs bljr dr keslhn….

  • lucyana octaviani

    berkata jng yg membuat org org tersakiti
    ;-( ;-( ;-(
    :-S :-S :-S
    :-[ :-[ :-[

  • Nadia

    Lagian , udah beda di naskah nya juga :-[
    Harusnya ini , malah ini … :-S
    Kasian tuh masyarakat yogjakarta , jadi resah … 8O

  • noeyzt

    mkanya klaw ngmong d pkir” dlu,,
    tayangan mcam ap itu , ga brguna bgtzzz.
    mlah mrugikan bgi bnyak org,,,,,

  • RI2

    KITA HARUS BERANI MENGHADAPI MASALAH DAN MEMETIK HIKMAH DARI MASALAH ITU