Kasus Somasi Mario Teguh vs Aryani, Kiswinar, Kum Kum dan Deddy Corbuzier

Kasus Somasi Mario Teguh vs Aryani, Kiswinar, Kum Kum dan Deddy Corbuzier (I) menjadi perkembangan terbaru berita konflik Anak Tak Diakui Bapak.

Dimulai dari Kiswinar muncul di Hitam Putih, berlanjut Mario klarifikasi di Kompas TV dan (E) meruncing pada Tantangan Tes DNA, publik kini malah disuguhi saling Somasi dan diminggirkannya tes dna. :-O

Kontroversi status Ario Kiswinar Teguh putra Sis Maryono Teguh dan Aryani Soenarto tak kunjung ketemu. (W)

kiswinar Suyitno Patmosukismo

:-$ Usai bantahan dari pihak Mario Teguh dan menyebut Kiswinar adalah anak Mr.X serta tudingan bahwa Aryani berselingkuh dibelakangnya, (I) Kiswinar pun angkat bicara di hadapan media :

Jumat lalu sama-sama muncul di TV. Kenapa tidak dibicarakan secara personal saja masalah keluarga ini?

Nggak ada jalan untuk itu. Setelah acara di TV itu tidak juga ada usaha untuk menghubungi saya. Sementara saya juga tidak punya akses ke sana.

Mario Teguh menyebut ibu Kis (Ariyani Susanto) sudah berbagi ranjang dengan pria lain hingga lahirlah Anda. Bagaimana komentarnya?

Ya, kami sudah menduga pernyataan itu akan keluar. Didengarkan saja karena wajar orang melakukan pembelaan. Ya, kami diam saja dulu. Ini bukan kompetisi, bukan pertarungan menunjukkan kalah menang. Tidak mau memperkeruh suasana.

Sudah siap untuk tes DNA?

Saya setuju dilakukan tes DNA. Sebab, itu adalah tujuan dari pengakuan saya ini. Namun, memang saya belum bisa menentukan waktunya. Saya harus bicara dengan keluarga besar karena ini juga menyangkut bapak saya. Saya juga harus menyiapkan segala hal agar nanti setelah tes DNA itu sudah tidak ada lagi keraguan dalam bentuk apa pun.

Kira-kira kapan itu?

Secepatnya. Saya bukan pembohong. Percayalah, saya juga mau tes DNA. Masalah saya ini sudah jadi konsumsi publik. Masyarakat seperti mendorong-dorong supaya ayo segera tes DNA. Mereka mau segera tahu hasilnya. Padahal, ya nggak bisa kayak gitu. Puluhan tahun saya tidak diakui. Maka, ketika ujungnya nanti tes DNA, jangan lagi ada kontroversi. Masyarakat ini ibaratnya jadi penonton. Nah, penonton jangan terlibat terlalu jauh dengan ikut mendesak. Jadilah penonton yang bijak. Ini yang dipertaruhkan hidup saya, lho.

Mario Teguh bilang di antara nama Anda sebetulnya terselip nama bapak kandung Anda. Begitukah?

No comment soal itu.

Cuma, saya kasih tahu asal nama saya ya. Ario itu merupakan singkatan dari Aryani (Soenarto, nama ibu) dan Mario. Lalu, Kiswinar itu tambal sulam dari nama-nama yang dibapakkan oleh bapak saya. Kis itu dari Suyitno Patmosukismo. Itu paman ibu. Lalu, Win diambil dari Winfield. Itu nama orang tua angkat bapak saya waktu pertukaran pelajar di AS. Sedangkan Nar itu nama ayah ibu saya, Soenarto Tjitrowinoto. Sedangkan Teguh itu nama ayahnya bapak saya itu, yakni Gozali Teguh.

Paling penting dari nama ini adalah yang memberi ya bapak saya itu.

Setelah menyampaikan pengakuan itu, bagaimana rasanya?

Sebetulnya saya dilema. Bagaimanapun, itu ya bapak saya sendiri. Tapi, seperti kata beliau, kebenaran harus diungkapkan. Nah, soal kebenaran yang harus dibuktikan dengan tes DNA ini, tunggu ya. Sekarang saya memilih menghindar dulu dari tampil di TV. Nanti dikira benar cari sensasi. Sekarang saya siapkan semua dulu, segera setelah semuanya matang saya akan muncul lagi.

:-( Sayangnya, jawaban Ario Kiswinar Teguh soal tantangan Tes DNA yang diminta Sis Maryono Teguh, :-O nyatanya malah berbuntut Somasi.

Menggandeng 18 Pengacara  (E) yaitu Dr. Hj. Elza Syarief, S.H.,MH.. Ir. H. Vidi Galenso Syarief, S.H., M.H, Monica Kiniiri Joseph, S.H, Rhony Sapulette, S.H., Muallim Tampa, S.H., Andriko Saputra, S.H., M.H., Andi Saputro, S.H., Roni Suminto, S.H., M.H., Ikhsyan Suprasetya, S.H., Cindy Ancia, S.H, MILIR., Hamal Octovianus, S.H., M.H., Sudharmono Saputra, S.H., David Fernando, S.H., Elizabeth Artanti, S.H., Deni Bakri, S.H., M.H., Efriandi, S.H., Matheus Ramses R, S.H., M.H., dan Reza Ria Nanda., S.H., (~) Mario Teguh melayangkan surat somasi pada 3 orang : Ario Kiswinar, Kum Kum Permata Kumara dan Deddy Corbuzier.

Dan diwakili oleh Vidi Galenso Syarief, (I) pihak MT pun memberi waktu pada ketiganya untuk datang dalam mediasi (H) jika tidak ingin dilaporkan ke pihak kepolisian.

“Masih menegur, (Mario Teguh) kasih surat kuasa untuk itu. (E) Semua, dari anaknya, adiknya kemudian ada 3 acara televisi. Kita masih berusaha tegur, somasi. Kami tegur bukan asal, :-S karena ini sudah menjadi bagian dari langkah hukum,”

“Kami undang mereka secara patut di mata hukum. (H) Kiswinar dan Kumkum kami undang datang ke kantor kami tanggal 22 September, untuk Deddy Corbuzier 23 September,”

“Jika somasi pertama tidak ditanggapi, somasi kedua, kalau tidak ditanggapi baru lapor polisi,” (~)

(I) Dan jelas saja, tawaran Mediasi pihak Mario ditolak mentah-mentah oleh Ario, Kumkum dan Deddy, dengan tidak hadirnya mereka (H) dalam pertemuan yang diminta pihak MT.

Kiswinar pun mengungkapkan kekecewaannya :-$ atas keputusan yang diambil sang ayah,

“Kan saya sudah siap tes DNA, (~) tapi kenapa jadi merembet ke hal yang lain. Pakai somasi pihak lain. Saya berharap bapak bisa fokus dan menentukan prioritas untuk melakukan pembuktian dahulu,” ;-)

“Ini enggak penting (somasi), (E) lebih penting tes DNA. Somasi bukan prioritas. Tapi itu hak bapak saya, kan merasa tidak nyaman dengan apa yang saya sampaikan,” (H)

“Keinginan saya cuma dua. Pertama, mengungkapkan kebenaran. :-) Yang kedua saya hanya butuh pengakuan kok. Nah dari dua keinginan saya itu, (H) tinggal pengakuan yang belum saya dapat,”

“Yang memiliki keraguan kan bapak. Ya, kita jalankan saja seperti permintaannya dengan tes DNA,” :-)

pengacara aryani soenarto

Hingga akhirnya, (I) pihak Aryani Soenarto dan Ario Kiswinar Teguh pun menjawab somasi MT dengan menggandeng 6 pengacara, yaitu Ferry H. Amahorseya, SH. MH., Graziano M. Pattiasina, SH. MH., Mozart Amahorseya, SH., Anisa Soraya, SH. MKn, Yulia Puspitasari SH. MKn dan Carolin Melo, SH. MKn. (E) dengan melayangkan surat somasi karena keberatan dengan 18 pernyataan Mario Teguh di Kompas Tv.

1. Ario Kiswinar Teguh adalah bukan anak saya

2.Saya takut sekali mantan istri saya BERBAGI RANJANG dengan LAKI-LAKI lain

3.Mas Ario tahu siapa papamu? Papa aslimu? Apakah dia bukan papamu?

4.mr. X itu penggalan namanya ada di nama dia (Kiswinar)

5.Mama nolak-nolak tes DNA

6.Kamu (Kiswinar) please…kamu beri tahu teman-temanmu bahwa Ario Kiswinar Teguh bukan anak Mario Teguh

7.kamu sebutkanlah nama Mr. X yang menjadi bahan pertengkaran antara saya dan ibumu, yang penggalan namanya, kamu pasang di namamu

8.seorang dokter mengatakan; ndeloen (lihatlah) tampillan wajah macam-macam; warna kulit, texture rambut tidak sama dengan kamu (Mario Teguh)

9.Saya meminta keabsahan darah untuk membuktikan akta itu (sebagaimana termaksud dalam Akta Kelahiran, Kartu Keluarga)

10.Mario Teguh mengundang anda (Kiswinar) untuk tes DNA; seperempat abad saya minta yang ditolak…. 20 tahun lebih hampir seperempat abad, Laki-laki ini (Mario Teguh sambil nunjuk dirinya) “HARUS IKHLAS MENERIMA BAHWA DIA BERBAGI WANITA dengan LAKI-LAKI lain; itu tidak mudah; “kalo saya senyum ini senyum yang saya pasang di wajah yang ramah, tidak mudah bagi laki-laki ini (Mario Teguh).

11.Tambah lama tambah terlihat kemiripan antara Kiswinar dengan ayahnya

12.Mr. X itu bisa harus dihadirkan lhoo…kalo kamu begitu terus (menghindar) Mr. X bisa memperkarakan ini kepadamu.

13.berapa banyak laki-laki bisa bertahan dalam pemberitahuan langsung oleh istrinya bahwa “Itu bukan anaknya”

14.pengalaman ketidak-pastian tentang keturunan

15.Tidak ada keraguan bahwa Audrey dan Marco adalah anak saya dengan sangat damai dan bersyukur, tetapi dengan Kiswinar TIDAK

16.saya tidak ingin pembuktian tentang perselingkuhan, saya hanya ingin diklarifikasikan tentang DNA nya, sehingga surat itu (akta kelahiran) tidak dibawa ke mana-mana, karena menggunakan nama saya

17.kiswinar dengan Mr. X, lebih mirip dari pada saya, Kiswinar dengan Mr. X betul-betul bagus

18.menyatakan Klien kami sebagai “EVIL LADY”

(~)  Melalui kuasa hukumnya, Ferry H. Amahorseya, SH. MH., Aryani Soenarto membantah pernyataan suami Linna Teguh :-[ dan membongkar KDRT serta WIL dalam rumah tangga mereka.

“Kami sampaikan secara tegas, (K) Ario Kiswinar Teguh adalah anak sah dari perkawinan yang sah ibu Ariyani Soenarto dengan Bapak Mario Teguh. Dibuktikan dengan akta-akta otentik,”

“Pernyataan Pak MT (Mario Teguh) semuanya bohong. :-[ Perceraian Pak MT karena ada wanita lain,”

“Klimaks pertengkaran terjadi di tahun 1993, Pak MT melempar Ibu Aryani dengan setrikaan, :-$ sehingga demi pengamanan, Ibu Aryani dan Ario mengungsi ke rumah saudara selama 9 bulan. Dan dalam tenggang waktu 9 bulan pisah rumah tersebut, Pak MT yang hanya tinggal sendiri di dalam rumah, secara intensif selalu mendapat kunjungan dari WANITA LAIN dengan cara melompat pagar ;-) dan masuk ke rumah untuk bertemu MT. Karena itu, bu Ariyani mengajukan gugatan ke PA Jakarta Timur,”

“Fitnah lebih kejam dari pada dilempar setrikaan. Setelah itu lost contact,” (H)

“Saya somasi Pak MT (I) sampai hari Kamis (minggu depan). Anda harus mengajukan permintaan maaf, khusus eksklusif di Kompas TV. Kedua, di hitam putih Trans7, (H) atau nggak, hari Jumat depan kita akan berangkat buat laporan ke polisi,”

“Saya nggak mau duduk bareng di kantor dia. Saya mau duduk bareng di eksklusif Hitam Putih dan Kompas TV. :-S Tidak perlu dibayar. Itu semua nggak benar.. dukung kliennya yang bohong,”

“Pasal 44 ayat 1 perkawinan mengatur (E) apabila seorang ayah menyangkal keabsahan anaknya bisa mengajukan ke pengadilan negeri atau agama. Bukan diumbar di depan umum. Terus disebut Mister X apakah itu bukan fitnah,” :-[

kum kum adik mario teguh

Sedangkan adik kandung Sis Maryono Teguh, Permata Kumara Teguh alias Kum-kum, (K) yang dikonfirmasi media perihal Somasi yang dilayangkan sang kakak, mengaku tidak terkejut.

“Kemarin saya terima (surat somasi). (E) Nggak apa-apa, saya malah dikawal sama Allah SWT. Siapa yang bisa mengalahkan Beliau. Ya, gimana ya jawabnya? Saya sih nggak terkejut sama tindakannya seperti itu, :-) karena sudah terlalu lama juga kami tidak berkomunikasi,

“Diambil positifnya aja. mungkin dengan adanya begini kami jadi bisa komunikasi. (H) Saya sih nggak mikirin sampai yang gimana gitu, santai aja,”

hotman paris vs mario teguh

Dianggap ‘bersalah’ karena tidak meminta persetujuan dari pihak Mario perihal penayangan Kiswinar, :-[ Deddy Corbuzier pun menuding MT mengalihkan issue Tes DNA.

“Kalo menurut saya jadi kayak pengalihan isu. :-S Kan yang jadi besar (pemberitaannya) tentang somasi saya. Ini jadi kambing hitam dan saya yang kena. Kan masalahnya bukan di situ. Buktiin aja itu (pernyataan Kiswinar) bener apa nggak. (H) Kalo terbukti dengan Tes DNA juga selesai, Kenapa jadi saya yang kena,”

Mantan pesulap inipun menunjuk Hotman Paris Hutapea sebagai Kuasa Hukum, (I) yang langsung mengeluarkan tantangan debat terbuka pada pihak MT,

“Kepada Mario Teguh, (H) saya sebagai seorang laki-laki dan seorang bapak, kalau Mario Teguh laki-laki, punya harga diri, berani mempertanggungjawabkan omongannya, buktikanlah akta ini palsu,” (~)

“Yang bikin saya tidak mengerti, :-S katanya gini, ‘Lo enggak minta izin gue kalau anak itu mau diundang di acara lo’. Loh kami bingung, kan dia sudah sering wawancara ratusan orang di acaranya, pernah enggak dia minta izin ke orangtuanya yang diwawancarainya. Kalau dia merasa bukan orangtuanya (Kiswinar), ;-) kenapa harus minta izin ke dia,”

“Apakah bijaksana caranya MT mengatasi persoalan ini, :-S dengan istrinya (Linna Susanto) membuat laporan, mensomasi seorang pembawa acara.”

“Pertanyaan saya, (H) berapa honor Anda selama setahun saat membawakan acara super itu? Saya bayar honor saya setahun untuk Anda, kalau saya kalah berdebat.  ;-) Berapa honor anda selama lima tahun, jangan setahun deh? Saya tantang, mending bertaruh sama saya. Kalau Anda laki, hadapi saya, kalau Anda tak berani jangan berani naik panggung sebagai seorang motivator,” :-P