Kasus Twitter Mario Teguh

Mario Teguh Golden WaysKasus Twitter Mario Teguh beberapa hari belakangan ini ramai jadi pembahasan (K) berbagai media berita online.

Banyak headline yang beredar, (I) membuat artikel dengan judul kontroversial : ‘Wanita Perokok Tak Layak Dinikahi’. Padahal bahasan dan maksud (~) yang tertulis di twitter.com/MarioTeguhMTGW jelas punya ungkapan yang berbeda.

Twitter Mario Teguh MTGW (E) sendiri sudah ditutup untuk publik.

Kontroversi Tulisan Mario Teguh :

Pernyatan yang dimuat (K) motivator pemilik nama asli Sis Maryono Teguh ini dalam situs jejaring sosial Twitter, sebelom menjadi bahasan heboh banyak media adalah sebagai berikut : (E)

  • MTOF 4 : Kita tidak akan bisa menyelesaikan kekhawatiran yang tidak kita ketahui namanya. :-) Apakah nama dari kekhawatiran Anda?
  • MTOF 5 : Orang yang untuk mandi saja butuh disemangati :-S tidak pantas untuk penyemangatan apapun.
  • MTOF 6 : Wanita yang pas untuk teman pesta, clubbing, bergadang sampai pagi, chitchat yang snob, merokok, dan kadang mabuk – :-$ tidak mungkin direncanakan jadi istri.
  • MTOF 7 : Pria yang pas untuk wanita # MTOF 6 : tidak akan jadi suami yang setia dan ayah yang menghebat-hebatkan anak-anaknya. (H)
  • MTOF 8 : Karakter asli orang selalu baik. (*) Kelakuan buruknya yang menjadikannya dinilai harus memperbaiki diri.
  • MTOF 9 : Orang yang gelisah dan protes (C) saat mendengar nasehat orang baik adalah orang baik yang sedang salah sikap.
  • MTOF 10 : Jodoh itu ditangan Tuhan (L) dan akan lebih baik jika kita periksa apakah kita mempersulit orang yang ingin memperjodoh kita.
  • MTOF 11 : Hidup berbahagialah dengan istri Anda yang baik atau suami Anda yang anggun. (F) Tidak ada kebahagiaan selain kebaikan.
  • MTOF 12 : Akhirnya kita harus memilih wanita yang baik untuk istri, (L) pria yang baik untuk suami dan membangun keluarga yang baik. Jika tidak segera, pasti nanti.

Sedikit catatan : (E) MTOF (MT Open Forum) sendiri adalah trending topic yang dirancang sebagai koleksi mata diskusi akhir minggu (Sabtu dan Minggu, 20-21 Februari 2010) (O)

Twitter Mario Teguh

Pro dan Kontra Mario Teguh :

Mario Teguh Open Forum topic 6 sendiri, (I) entah dimulai darimana langsung aja dapet kritikan dan pemberitaan booming. Jelas, banyak pihak masih terngiang kasus remaja labil, Marsha Shapira:-S

#. Pasalnya, dalam status pengguna twitter (~) yang me retweet MTOF 6 itu ada beberapa protes, seperti ;

“Kok Mario Teguh kayak ABG labil ya?” :-S

“Super cupu,” :-[

#. Protes senada juga dinyatakan oleh Peneliti studi Gender LIPI Jaleswari Pramodhawardani (Dani) (H) yang menilai Mario Teguh telah melakukan blunder dan gegabah.

“Apa hubungannya perempuan yang tak layak dikawini dengan perokok dan suka dugem? :-S Nggak ada hubungannya. Mario Teguh terlalu gegabah mengatakan seperti itu.” (H)

“Konstruksi Mario Teguh mempertegas konstruksi patriarkal perempuan. :-$ Perempuan dilihat sebagai benda di luar dirinya. Kenapa dia nggak memperkarakan hal-hal yang merugikan orang lain,” :-S

“Dengan pendapat seperti itu, (K) Mario telah menempatkan perempuan seperti hak milik. Pandangan ini tentu saja sangat tidak menghargai perempuan.”

“Ini jelas konstruksi yang sangat patriarcal, :-( bahwa apa yang baik dan buruk didefinisikan oleh laki-laki,”

Mario Teguh Super

#. Namun, (I) dukungan untuk kalimat motivasi ini sendiri juga datang dari berbagai pihak, termasuk Psikolog Universitas Indonesia, Hamdi Muluk. Menurut Hamdi, pernyataan Mario Teguh tepat disebut sebagai pijakan moral yang benar. (Y)

“Saya secara pribadi sebagai laki-laki mungkin bersetuju dengan kalimat itu, :-) saya tidak suka melihat wanita clubing sampai pagi, sampai rumah teler,”

“Kaum perempuan tidak perlu merasa disudutkan, dengan kalimat tersebut. ;-) Jika membaca kalimat yang ditulis Mario dalam status Twitternya, secara fakta memang sulit memahami seorang ibu akan menjadi teladan jika perbuatannya seperti yang dituliskan Mario.” (Y)

“Saya hanya mengimbau, (K) agar Mario tidak hanya menujukan kalimatnya itu pada kaum perempuan, namun ditujukan juga kepada semua gender.” :-)

“Tapi seseorang (Mario) punya hak untuk menyuarakan, (I) apa yang menurut ukuran pijakan moral dia yakini benar,”.

“Mario tidak dalam kondisi hilang kesadaran atau keseleo lidah, (Y) saat menuliskan kalimat di akun Twitter miliknya. Mario, meyakini apa yang ditulisnya sebagai pilihan moral yang benar.” :-)

“Kalau dia sudah mengakui itu akunnya dan meminta maaf, (I) saya rasa dia menulis dengan sadar, akal sehatnya bisa memahami,”

#. Dukungan lain pun ternyata menyebar lewat Facebook. (H) Dalam account FB Mario Teguh Super Club yang sudah memiliki lebih dari 816,500 penggemar, tertulis banyak penyemangatan untuk sang Motivator. (Y)

  • Ilham Nurdin
  • MTSC selalu memberikan motivasi2 yang sangat bermanfaat. :-)

    Salam super pak Mario…
    Kenapa harus tersinggung, ;-) jika kita mencoba memahami lebih dalam tentang pernyataan itu justru bisa menjadi sebuah motivator dalam diri kita..tpi wajarlah jika orang punya penafsiran yang berbeda dalam menyikapi topik ini…

  • KusNia Nasser Matjan
  • tidak ada yang salah dari #MTOF 6 , (Y) meskipun saya perokok tapi saya setuju dengan pernyataan pak mario , dibutuhkan seorang ibu yang sehat bebas rokok dan minuman keras untuk melahirkan anak2 yang sehat lahir dan batin .. :-) maju terus pak mario ..

  • Susi Wahyuningsih
  • Jika kita membaca dengan hati bersih dan jujur memang kata2 Bapak Mario tidak ada salahnya,apalagi saya temasuk wanita yang sudah matang pengalaman.. (Y) sahabat2 kaum adam “bgmanapun pengalamannya” akan mencari pendamping hidup yang sehat gaya hidupnyna..kan kita2 kaum wanita itu ditinggikan tugasnya untuk mendidik dan memberi teladan bagi anak2nya yang penerus bangsa.. :-D Keep spirit Pak Mario,anda adalah motivator yang “membumi” dan “penuh kearifan”.

  • Kurniawan Lim
  • Salam super utk bpk mario yg telah berbesar hati mengakui kesalahannya, (Y) walaupun menurut saya kata2 tsb tidak salah,tetapi membangun putri2 kita utk menjadi lebih baik kelak,

  • Zyuna Neina
  • Alhamdullillah msih sadar lw khilaf. :-)
    drpada kabyakan orang sekarang ni yang dah tau salah malah mengkambing hitamkan orang lain.
    semoga yang terbaik yang didapat orang yang sadar diri. (Y)
    Amin

  • Didimus Ansaka
  • maju terus Pak Mario jangan hiraukan segelintir orang yang tidak setuju dengan bapak. (H) karena setiap orang punya hak asasi untuk berpendapatnya termasuk juga bapak. okei selamat berkarya bagi bangsa ini Tuhan memberkati ! (Y)

KLARIFIKASI PENUTUPAN TWITTER MarioTeguhMTGW

Mario Teguh Sis Maryono

Business Manager Mario Teguh Publishing House, (H) Adi Prakoso yang dikonfirmasi menyebutkan jika Mario Teguh tidak pernah menyebutkan ‘wanita perokok tidak layak dinikahi’. Kutipan yang benar adalah ‘tidak mungkin direncanakan jadi istri’. (I)

“Pak Mario tidak pernah sebut wanita perokok tidak layak dinikahi. :-( Beliau sebut ‘tidak mungkin direncanakan jadi istri’. Sebetulnya kalimatnya seperti itu,”

“Kita tidak pernah menyebutkan kata-kata ‘tidak layak’, :-$ tapi ‘tidak mungkin direncanakan’. Kalau rencana kan bisa berubah,” :-)

Adi sendiri menambahkan bahwa kalimat motivasi di twitter ini dibuat untuk bahan diskusi Open Forum. (H) Tapi, karena karena banyaknya orang yang membalas dan mengutip status Mario Teguh secara tidak lengkap, ;-( maka kesalahan pemahaman akhirnya tidak bisa dihindari.

“Jadi Sabtu (20/2) kemarin Pak Mario Teguh membuat itu (~) untuk mengajak dan menjadi bahan diskusi, karena banyaknya orang yang bergabung di Mario Teguh Open (MTOF) Forum hingga 6 MTOF,” (H)

“Mereka tidak mengetahui dan tidak mengerti secara penuh :-( apa yang ingin disampaikan oleh Pak Mario, jadi akhirnya kita minta maaf dan twitter tutup untuk sementara,”

“Setiap posting kita paham akan ada pro dan kontra, (E) namun kita juga tidak menyangka hari ini bisa besar seperti ini,”

Motivator Senior kalahiran Makasar, 5 Maret 1956 ini sendiri (H) dalam catatan Facebook Mario Teguh Super Club menyatakan klarifikasi dan permintaan maafnya (F) atas kesalah pahaman yang terjadi akibat tulisan singkat mengenai judul diskusi dalam Open Forum nya.

“Apa pun prosedur pemilihan, penyusunan, dan penerbitan posting di Twitter (~) dan semua media pelayanan publik MTSC via internet yang hampir mencapai jumlah 900,000 anggota di seluruh dunia, adalah sepenuhnya tanggung-jawab pribadi saya dan hanya saya.” (Y)

“Kami bisa memahami bahwa kesalah-penafsiran bisa dikenakan kepada topik itu, (H) terutama karena posting tersebut dibatasi sebanyak maksimal 140 huruf, yang kemudian dapat di-edit dan di post ulang (retweet) dengan bebas, (I) tanpa harus setia kepada keseluruhan maksud dari posting awalnya,”

“Saya mengambil inisiatif untuk menyampaikan klarifikasi (F) dan permohonan maaf dari pribadi saya kepada sahabat-sahabat saya yang menjadi gundah dan terluka ;-( oleh posting yang ada di account Twitter MarioTeguhMTGW, pada tanggal 20 Februari 2010, malam hari,” (O)

Catatan Facebook Mario Teguh Super Club :

Mario Super dalam notes fb nya, (~) mengklarifikasi dengan judul artikel KLARIFIKASI PENUTUPAN TWITTER ACCOUNT MarioTeguhMTGW, sebagai mana berikut :

Sahabat Indonesia yang super,

yang hatinya baik, dan yang sedang membangun kehidupan yang damai dan sejahtera, bagi kebahagiaan keluarga terkasih.

Berkenaan dengan perkembangan berita mengenai penarikan pelayanan MTSuperClub (MTSC) dari Twitter, bersama ini saya menyampaikan konfirmasi yang mudah-mudahan tidak Anda butuhkan untuk betul-betul mengerti letak konsep dari posting kami di Twitter yang telah menjadi bahan berita di beberapa media.

6. #MTOF 6. adalah mata diskusi yang menasehatkan anak putri kita untuk tidak mempersulit masa depan kehidupan pribadi dan pernikahan mereka sendiri.

7. Mohon ditaruh konteks no. 6 sebagai semangat dan niat dari tweet #MTOF 6, sebagai berikut: “Wanita yang pas untuk teman, pesta, clubbing, bergadang sampai pagi, chitchat yang snob, merokok n kadang mabuk – tidak mungkin direncanakan jadi istri”.

8. Nasehat itu adalah masukan bagi anak-anak putri kita untuk lebih berhati-hati, karena rekan pria mereka bisa tidak melihat kesesuaian bagi anak-anak putri kita untuk menjadi pendamping dan ibunda bagi anak-anak dari pria yang mereka cintai.

9. Sebagai mata diskusi, #MTOF 6 adalah judul dari diskusi, dan lebih ditujukan sebagai pemulai proses diskusi, dan bukan suatu judgment terhadap wanita tertentu.

10. Tetapi, kami bisa memahami bahwa kesalah-penafsiran bisa dikenakan kepada topik itu, terutama karena posting tersebut dibatasi sebanyak maksimal 140 huruf, yang kemudian dapat di-edit dan di post ulang (retweet) dengan bebas, tanpa harus setia kepada keseluruhan maksud dari posting awalnya.

…..

Sekali lagi, bersama ini saya mengambil tanggung-jawab penuh atas ketidak-nyamanan yang dirasakan oleh sebagian anggota publik, baik yang tidak menyukai posting langsung dari kami atau yang dimarahkan oleh editing lepas dari judul diskusi tersebut di media yang sama atau yang lain.

Dan untuk itu saya dengan sangat tulus memohon maaf, dan merasa sedih menyaksikan mereka yang menjadi tujuan dari pelayanan kami – menjadi tidak damai oleh cara-cara kami.

Terima kasih dan salam super,

Mario Teguh
Founder | MTSuperClub | 081-211-56900 | For The Happiness Of Others | Jakarta

PS : (H) Isi dari pernyataan MTSC diatas di update tanpa menambahkan dan mengganti kata. Pemilihan klarifikasi dipilih untuk menyamakan tema. (Y) Untuk melihat Catatan Mario Teguh selengkapnya, silahkan klik di : sini

Semoga Kasus Twitter Mario Teguh Super Club di atas :-) bisa menjadi pelajaran bagi banyak pihak. Jujur, penulis oktavita.com sendiri adalah penggemar berat Mario Teguh. Salam Super… (Y)

Chee-U .^_^.