Kelemahan Mozilla Firefox

Mozilla FirefoxApa sih kelemahan Mozilla Firefox? Buat yang bener-bener ngefans sama browser yang satu ini buat update facebook, twitter atau buat browsing, ada baiknya deh tahu bagaimana cara kerja Mozila ini dibandingkan browser lainnya. (H) Tak ada gading yang tak retak, tidak juga aplikasi browser ini. :-P

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser dengan pengguna paling besar di seluruh dunia. (Y) Bukan hal yang aneh bila kamu juga gunain aplikasi yang memudahkan untuk berselancar di dunia maya ini. Tapi jangan salah, menjadi populer bukan berarti nggak punya kelemahan. :-( Disamping banyaknya fitur yang diberikan, banyak diantaranya yang menjadi pedang bermata dua. Lalu apa sajakah kelemahan browser ini? (I)

Kelemahan Mozila Firefox

Pada dasarnya, karena fire fox merupakan aplikasi yang berjalan di sistem operasi dengan fokus pada kemudahan berselancar di internet, maka ada beberapa hal yang bisa disebut sebagai kelemahan: (*)

  1. Mozila browser tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa mengganggu kenyamanan browsing. (G) Bayangkan bila banyak popup yang muncul di depan layar monitor komputer kamu, pastinya bikin sebal dan jengkel bukan? Walau mengklaim memiliki teknologi yang dapat memblokir pop-up dan pop-under, namun masih ada juga website yang berhasil untuk menyelipkan popup ketika kita berselancar di dunia maya. :-(
  2. Firefox, seperti browser lain pada umumnya tidak memiliki pertahanan yang baik untuk menangani malware. :-O Malware adalah sejenis virus yang menginfeksi komputer yang biasanya ditujukan untuk mencuri data-data komputer yang diinfeksi dengan memanfaatkan kelemahan jaringan yang ada ditempat kamu. :-S Kamu harus menginstall anti-spyware, firewall dan antivirus untuk dapat benar-benar aman dari serangan hacker di internet.
  3. Browser firefox sering crash terhadap aplikasi-aplikasi lain di komputer, (^) sehingga komputer seringkali tidak dapat digunakan karena hang, dan langkah terakhir, kamu harus merestart komputer untuk dapat menjalankannya kembali. (&)
  4. Mozila Firfox memakan memori yang cukup besar, apalagi bila kamu membuka banyak tab atau windows sekaligus. Komputer yang memiliki sedikit kapasitas RAM didalamnya akan dengan mudah habis. (~) Karena itu banyak pengguna yang berusaha mengakalinya dengan menginstall versi terdahulu yang lebih ramah dalam penggunaan memori, dengan resiko lebih tidak stabil dan lebih banyak bugs daripada versi terbaru. (C)
  5. Disamping membuat hidup lebih mudah dengan adanya Add-Ons atau Plugins dalam Firefox, rupanya tambahan fitur ini menjadikan browser ini tidak stabil karena beberapa plugin / addons tidak dibuat dengan baik oleh developernya, sehingga bisa menyebabkan crash pada komputer. ;-(
  6. Fitur built-in untuk download file tidak terlalu bagus karena lambat dan seringnya download yang berhenti di tengah jalan. (P) Ini bisa diatasi dengan menambahkan plugin DownThemAll atau software download manager lainnya untuk mempercepat download.

Kelemahan Mozila Firefox memang banyak, tapi juga punya segudang kelebihan. (Y) So, jangan heran kalo tiba-tiba Mozilla Firefox kamu bermasalah atau nggak bisa digunain. Namanya juga software gratisan. :-P

Chee-U .^_^.