Keputihan Pada Wanita

Apr 16 2009

vaginaBuat para cewek smart diluar sana, jangan pernah malu ngebahas soal Miss V atau Vagina, terutama soal tips perawatan vagina supaya tetep sehat. Kenali juga Masalah Vagina yaitu keputihan. :-)

Sebagian orang sering menyepelekan masalah keputihan. Pasalnya hampir sekitar 90 % wanita pasti pernah mengalami keputihan dalam hidup. So, semua juga pernah, jadi bukan masalah penting dunks? :-S

Eitss…. salah besar. Sekedar info, gejala keputihan bisa juga jadi awal penyakit berbahaya seperti penyakit menular seksual dan kanker mulut rahim. Berdasar keterangan The Jakarta Women & Children Clinic, lebih dari 90 % kasus kanker mulut rahim dimulai dengan gejala keputihan. Wahh.. :-O

Penyebab Keputihan :

  • Sedang ada di masa subur (ovulasi)
  • Saat menerima rangsangan seksual
  • Stress
  • Kelelahan
  • Mengkonsumsi pil kontrasepsi atau antibiotik dalam waktu lama

Keputihan Pada Wanita :

  • Keputihan Normal atau Fisiologis

Tanda keputihan normal adalah lendir berwarna jernih, ga’ berbau, dan ga’ berubah warna dan ga’ gatal.

  • Keputihan Penyakit atau Patologis

Tanda keputihan penyakit adalah saat wilayah vagina terasa gatal dan panas seperti terbakar, cairan berwarna hijau atau kuning, dan berbau amis.

Gimana, sudah tau khan pentingnya untuk ga’ menyepelekan keputihan. Yup, yang pasti selu jagalah kebersihan vagina dan wilayah sekitarnya agar ga’ terlalu lembab dan jauh dari bakteri, kuman maupun jamur. Tambahin pengetahuan tentang vagina di artikel ini : Merawat Kecantikan Vagina :-D

Chee-U .^_^.

thx goodhousekeeping

  • http://www.wenas1032.wordpress.com yohan wenas

    (@) bener2…jangan malu untuk membahas masalah kesehatan diri sendiri, walaupun itu masalah organ intim sekalipun. Lebih baik mengenal sejak dini daripada kena masalah di kemudian hari kan? tak kenal maka tak sayang, jadi kenali organ intimmu, sayangi dia, maka dia tidak akan merepotkanmu

  • ririeee`

    tapi kenapa ada teman yang curhat,, katax kalo lagi keputihan, sering berbau,, n klo lama2 cdnya ga diganti, agak terasa sakit dan gatal..
    tolong solusi buat temanku donkz,,
    thankz

  • http://asripradianti@yahoo.com achi

    pas…. gw baca n mang gak da salah ny kt kaum hawa mengetahui n sekaligus ngerawat “bag.terpenting kt”
    luar cantik dalempun juga kudu meti cantik

    i just to say
    dont do free sex
    free sex is bloOn
    :-)

  • http://www.gadiskeraton.blogspot.com wawan

    Memang harus dirawat sejak dini, karena ujung-ujungnya bila tidak bersih juga akan berpotensi menjadi kanker. Kanker yang berbahaya adalah kanker serviks.

  • http://wenas1032.wordpress.com yohan wenas

    @ririeee: keputihan yang normal itu ga berbau, ga gatal, ga berwarna. Itu normal menyesuaikan siklus mens. Nah kalau ada gejala di atas, baik gatal, berwarna, maupun berbau, pasti ada infeksi. Infeksi bisa disebabkan karena jamur (candida), bakteri, maupun parasit (trichomonas) . :-[ Sebaiknya sih konsultasi ke dokter kandungan.
    Masalah CD yang tidak ganti, :-O ya iyalaaaaahhh… suasana yang lembab akan menyebabkan jamur gampang tumbuh. Selain itu suasana lembab akan memudahkan daerah miss “v” terasa gatal, lalu digaruk deeehh… sehingga timbul iritasi yang menyebabkan rasa pedih atau sakit ;-(

  • http://oktavita.com oktavita

    @ yohan wenas : ThanxQ dah bagi-bagi ilmu. Moga bermanfaat yach buat temen yang laen ;)
    .^_^.

  • fieda

    asswarwab
    salam persaudaraan
    n kalo da materi tntng dampak keputihabn

  • uny

    bagaimana cara mencegah keputihan???
    tolong beri penjelasan…..
    :-) :-)

  • uny

    aq udh nglami kpthan ni ;-( ;-( ??? jd sebaiknya gimana?? ;-( ;-( tlong bntu aq ya ;-( ;-(

  • rara

    saya mau nanya…..saya sdh ckp lama mengalami keputuhan…saya jg sdh mencoba berbagai macam pembrsh wanita nmn smpai saat ini blm ada yg cocok….kr2 pmbesh dg kriteria yg bgmn yg shrusna saya pakai…terimakasih… :-)

  • nettyayyub aja

    aq dh sring mengalami keputihan…cara mngatasinya gmn????????????????????????????? tolong tipsnya yah…
    tq yaaa… :-(

  • kusworo

    mertuaku umur 74 kena keputihan, beliau resah sdh ke dokter sebulan ini g sembuh2 mungkin ada cara pengobatan lain atau ada dokter yg bisa kasih ptjuk. tanks

  • nia

    klo keputihan ga berbau, ga gatal, tp kental n bnyak…n aq pernah periksa ke dokter kandungan katanya ga apa2, tp rasanya terganggu…n warnya berubah2..kadang jerbih, putih kental, coklat…bagaimana solusinya?

  • pingkan luchu

    yapz…!bener buanget itu…!kita sbagai para kaum hawa,haruslah menjaga si miss cheerfull,kalo ngga ntar bau loch,di sebabkan oleh virus keputihan…! :-D

  • Leey_

    Hay. .Bwt yg udh tlnjr dpt kpthn yg udh g wjar. .Jgn prnh malu untk ngsi tw k ortu. .Krn dg bgtu ortu pst lbh respon n ngjak km bwt priksa kDokter biar lbh aman. .Jgn prnh ny0ba bwt ng0btin sndr dg cr2 yg smbrangan krn akibtY Bs sngt ftal. .

  • pingkan luchu

    aduh…!plendz2 Q yg ad di zluruh muka bumi,knapz mzti bingung mngatazi yg nama xa KEPUTIHAN:-O …?Ping ad tipz niech,moga2 bza ber mnfaat bwat loch2 pra kaum hawa alias mhluk Tuhan yg pling zekzi zkelong…!:-D :-D :-D
    *jaga keberzihan tubuh kta bkan hanya di bgian Miss. Vagina/miss.Cheerful tpi zmua anggota tbuh kita
    *jika zdang mgalami KEPUTIHAN,rjin mengganti bju dlam kta,jngan di pkai trlalu lma
    *rjin mmbersihkan organ kewanitaan kita dngan air yg hngat,jngan prnah memakai cairan pmbersih,krna mngandung zat2 kimia yg brbahaya…!
    *biasa xa KEPUTIHAn dtang pda zaat kita mau dtang bulan ataw bhasa gaul xa HAID ataw bhaza yunani xa MENSTRUASi:-P :-P :-P ,tpi ad jga yg mngalami KEPUTIHAN ztiap hari,di akibatkan krna mlazt xa mnjaga kzehatan organ kewanitaan xa…!
    *mulai zkarang kita hrus lbih wzpada dngan yg nama xa KEPUTIHAN,krna dpat menyebabkan kanker SERVIKS…!
    *n jngan lupa cuci baik2 bju dlam xa zhabis di pakai…! ;-)
    ocley…!zkian pmbahazan zngkat dri PINGKAN zi dokter zok tahu…!!!he…he…he…!bye…bye…bye!

  • Eva

    Q ngalami kpthan yg dsertai gtal2,n nyeri saat buang air,n cairan yg keluar kdang coklat,tp kdang jg ptih brcmpur darah,gmana ya solusiny,brbahaya ga sih..

  • leey_

    bwt eVa…

    Lebih baik periksakan ke dokter terlebih dahulu agar lebih aman…Lebih cepat akan lebih baik…hal seperti di atas harus segera di tangani, karena menurut saya itu sudah diluar batas wajar terkecuali anda ketika itu memang sedang mengalami premenstruasi ataupun postmenstruasi…kemungkinan yang saya dapat, hal itu merupakan infeksi dari jamur, protozoa ataupun bakteri…bisa jadi epitel dari vagina anda sudah terinfeksi sehingga mengelurkan sedikit darah yang berwarna coklat tadi…

  • isa

    Q mengalami keputihan hampir setiap hari…keputihanx awal lendir bening kadang2 berwarna kuning kental,,dan sekarang berubah jadi kuning becampur putih susu, berbau dan gatal..terkadang kalo kelamaan duduk daerah V sakit akibat keputihan..

    bagaimana solusi cara mengatasix ???? apa keputihan Q sudah sangat parah ??

    tks

  • yenyen

    Q menagalami keputihan terutama saat2 menjelang mens..tapi Q hanya kuar cairan yg kental kuning aga ijo gt.ga berbau n ga gatal..giman ya solusinya ini..Q uda ke dokt n uda diberi obat tapi warna tetap sama..
    thx

  • Zicae

    cara mengatasi keputihan !!!!!!!

  • tina

    aku mengalami keputihan yang akhir2 ini agak kurang wajar karena keputihanku banyak banget emang keputihanku ga gatal tp daerah sekitar vaginaku gatal…pertanyaanku apakah ini merupakan pengaruh dari keputihan dan apakah keputihanku itu merupakan penyakit?kalo mang penyakit bagaimana cara mengobatinya…terima kasih

  • nda

    kalo keputihan gatel, itu penyakit bukand sii ???
    kalo penyakit, gimana cara ngatasinnya ? (K)

  • nia belby

    gimana cara menangani keputihan? al’y hampir tiap hari aku keputihan bahkan aku mulai keputihan sejak kelas 6 sD. ku takut punya penyakit kanker rahim. ;-(
    help me…!!!!!!!!!!!!! ;-( ;-( ;-(

  • ms.xX

    aku jga mngalami kputhan wrna’a kuning,gatal,n bau amis,apa kah it bsa jd pnyakit brbhaya?

    trms

  • ms.xX

    kpthan it bsa dsmbuhkan ga?

    trms

  • YUNITA AMRAN

    q mngalami keputihan udah agak lmayan lama,,
    kdng2 sich,,,,
    apakah keputihan itu bisa buat kita mandul…????
    trus apa obat yang bagus……..?????

  • titi

    gmna si cara ngilangin keputihan klo keputihan itu normal pha gak sih ?
    klo kputihan nya yg berlendir,putih suusu truz bau nya ska menyengat itu normal pha gk sih..?tlg djw..trims..

  • carvika

    aq udah 2 blan mengalami gtal² di daerah vagina,
    dan daerah vinggir selaput seperti jamur atau koreng
    aq udah berobat k dokter,
    tapi tak ada hasilnya
    jd aq hrus gmna?
    apa ini gra² keputihan? ;-(

  • prisca anya

    q ngalamin keputihan tiap hari…cairannya berwarna putih susu kental kadang kekuningan,tdk berbau dan tdk gatal.udh kedkter dikasih obat tapi tetep sama hasilnya.
    please gmana y solusinya?apa perlu test papsmear? ;-(

  • ismie

    q mengalami keputihan sejak 2 bulan yang lalu rasanya ngk enek bangat apa bahaya penyakit yang q alami tu?

    maksi….

  • putri khoirunisa

    Q mengalami keputihan pada hari ke 2 sampai hari ke 6 setelah melakukan hubungan suami istri bagaimana cara mengatasinya?

  • rahma

    ne aq rahma, umurq 17 thn,,
    aq skrang ne lg mngalamn kputhan,
    tp, kpthan aq kli ne berwrna ptih su2,trus kdang menggumpal gtu………..
    bhaya g y?????????????
    pleaceeee………..
    give me,your info……………….
    :-$ :-$ :-$ :-$ :-$ :-$ :-$

  • yatie

    bagaimana nak mengatasi keputihan…?ade x ubat yg blh merawat panyakit keputihan…?

  • nna

    ada cairan yg keluar tp bkn berwarna putih namun berwarna merah seperti darah, setiap pagi dan siang..itu apa ya?

  • ananda

    Aku mengalami keputihan setiap hari, sudah hampir 2 mingguan ini agak kurang wajar karena banyak banget, mang gak gatel, tapi di daerah sekitar vaginaku gatel banget…
    Pertanyaanku apakah ini merupakan pengaruh dari keputihan dan apakah keputihanku ini merupakan penyakit?
    Kalau memang penyakit, bagai mana cara untuk mengobatinya???
    Terima Kasih….. :-( :-( :-(

  • wulan

    aku sering keputihan.sampai perut terasa enek,bgmna cara mengatasi, aku takut

  • dewi

    Aku mengalami keputihan,berawal berwarna putih dan keesokan harinya keputihannya berbah mnjadi warna hijau dan kental. Keputihan yang aku alami tidak bau namun terkadang gatal. Apakah ini pertanda penyakit?jenis penyakit apa yg saat ini terjadi pada keputihan aku sekrang?gimana caranya untuk mencegah keputihan itu selain memakai betadine?

  • tasya

    ass….
    gni sy keputiha berwana hijau…n gatat n daerah v sy berwarna merah…setelah sy minum daun sirih keputihan itu hilang n sy jga cebok ma air daun sirih gatal2x hilang……;-(
    sy takut terjadi ap2…
    tolong bntu sy…….. ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-(

  • siti

    Gimana sihc cara mengatasi keputihan,,?? ;-(
    aku mengalami keputihan sejak umur 13 thn..skarang umur ku udah 20 tahun,,udah berbagai macam obat yg aku minum tapi sembuhnya saat minum obat doank… kira-kira gimana solusinya…?? :-( ;-(

  • quinagracia

    aku sudah 2hari ini mengalami keputihan warnanya agak kehijauan menggumpal gitu , tapi ga bau amis baunya sewajarnya bau keputihan biasa aja tapi tidak gatal hanya gatal di bibir bagian vagina aja …. itu kenapa yah? aku takut bgt kena kanker serviks huuuuu :’( aku belum coba ke dokter karena aku takut di vonis macam2 oleh dokter hemmmm tolong jawab yah please bgt thankyou :)