Khasiat Kopi untuk Kulit dan Kecantikan

Apr 6 2011

Khasiat Kopi untuk Kulit dan KecantikanSiapa sangka kalau ternyata ada khasiat kopi untuk kulit dan kecantikan disamping untuk diminum. :-O Bahkan di Amerika tahun 2006 sendiri ada lebih dari 140 produk kecantikan wajah dan kulit (D) yang memanfaatkan bahan yang terdapat dalam kopi, yaitu kafein. :-D Produk kecantikan tersebut meningkat dari tahun ke tahun, tercatat pada tahun 2003 hanya sebanyak 21 saja. (Y)

Pada abad ke 20-an, kopi banyak mendapatkan kontroversi baik buruknya, :-S namun saat memasuki abad ke-21, ditemukan banyak manfaat kopi, salah satunya adalah untuk kulit dan kecantikan. (H)

Khasiat Kopi dan Kafein untuk Kulit dan Kecantikan

Awalnya, kopi dan kafein masuk ke produk kecantikan melalui produk skin lotion dan cream (O) karena adanya bahan antioksidan dan dapat mengencangkan kulit. (T) Produk terkenal semacam Avon dan L’Oreal dilaporkan telah memasukkan kafein dalam beberapa lini produknya. (C)

Selama beberapa tahun, kafein (C) telah digunakan untuk mengurangi selulit dengan cara mendehidrasi sel-sel lemak dan mengosongkan komponen sel seperti sodium/potassium. (L) Akibatnya, air menghilang juga yang menyebabkan kulit pada bokong dan paha menjadi lebih halus. (K)

Kafein juga merupakan bahan favorit untuk gel mata yang dapat mengurangi bengkak dan lingkaran hitam (panda) :-P disekitar mata serta dapat mengencangkan kulit di sekitar mata, (*) namun perlu diingat bahwa ini tidak menghilangkan masalah di sekitar mata sepenuhnya. (E) Kopi akhirnya juga dapat menjajah produk kecantikan kulit lainnya seperti body scrub, face cream atau bahkan parfum. (P)

Manfaat Kopi untuk Kulit

Kopi dapat menjaga kulit tetap sehat dalam beberapa cara, yaitu: (^)

  • Menjaga kulit bebas dari radikal yang berbeda yang menyebabkan jerawat, eksim dan penyakit kulit lainnya (&)
  • Meningkatkan aliran micro-cellular di kulit (^)
  • Menghancurkan simpanan lemak yang menyebabkan selulit (F)
  • Membersihkan kulit dari noda jerawat (G)
  • Bertindak sebagai tabir surya yang mencegah kulit terbakar dan keriput :-)
  • Menyerap dan menetralisir bau kuat seperti ikan dan bau lainnya ;-)

Cara Mendapatkan Khasiat Kopi untuk Kecantikan

Lalu bagaimana cara mendapatkan khasiat kopi diatas? (I) Kamu punya dua pilihan, yaitu pergi ke spa untuk perawatan kopi :-P atau membuat sendiri ramuan kopi untuk merawat kulit. (E) Berikut adalah beberapa tips untuk menyiapkan kopi sebagai perawatan tubuh:

Coffee Spa Treatment

  1. Gunakan biji kopi untuk menggosok kulit lembab sebelum mandi uap atau mandi sauna. :-[ Biji kopi dapat mengelupaskan kulit dan minyaknya dapat melunakkannya. (U)
  2. Ampas kopi dapat digunakan kembali untuk produk kulit: (B)
    • Dicampur dengan minyak zaitun (P)
      Oleskan campuran ini ke seluruh wilayah selulit dan bungkus daerah ini dengan plastik. (O) Biarkan selama 5 menit, lepaskan plastik dan basuh dengan air. Ini dapat berguna untuk mengurangi selulit dari tubuh. (8)
    • Dicampur dengan putih telur :-$
      Oleskan campuran ini pada kulit sebagai pengelupas kulit yang lembut :-S
    • Dicampur dengan pembersih kulit (H)
      Campuran ini dapat berfungsi sebagai scrub pengelupas kulit (@)
    • Dicampur dengan bubuk coklat dan susu/krim (Y)
      Gunakan campuran ini sebagai produk perawatan wajah dengan masker wajah kopi berbau khas (L)

Masker Wajah dari Kopi

Bila pada sebelumnya ampas kopi dapat dibuat berbagai macam produk kulit, (*) kopi juga dapat dibuat sebagai masker wajah alami yang dapat membersihkan dan melembutkan kulit. (C) Manfaat lainnya yang didapat adalah adanya bau kopi yang menyengat setelah masker dilepaskan, yang dapat berfungsi sebagai stimulan untuk memberikan semangat dan energi lagi. :-D Berikut adalah cara mencerahkan wajah dengan masker kopi yang bisa kamu buat sendiri di rumah: (T)
Masker Kopi
Bahan Masker Wajah Kopi

  • 3 sendok makan ampas kopi (@)
  • satu gelas susu sapi murni

Cara Pembuatan

  1. Masukkan ampas kopi kedalam mangkok dan masukkan susu. ;-(
  2. Aduk sampai bahan tercampur rata. Jangan membuat bahan terlalu encer atau adonan akan meler dan berantakan saat dipakai. Jika campuran terlalu berair, tambahkan sedikit kopi kedalamnya. (&)
  3. Bila sudah siap, oleskan campuran ke wajah dan leher dan ratakan di seluruh wajah kecuali mata dan bibir. (H)
  4. Pijat perlahan kulit dan biarkan selama 20 menit. (O)
  5. Basuh dengan air dan dengan perlahan pijat campuran kopi pada kulit. Ini bertindak sebagai pengelupas, namun jangan terlalu keras memijat bila kamu memiliki kulit sensitif. :-$
  6. Keringkan wajah dan gunakan pelembab saat kulit masih lembab untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak hilang. (^)

Khasiat kopi untuk kulit dan kecantikan memang sudah terbukti. (~) Nah, apakah kamu berani mencoba? Ingat untuk tidak menggosok kulit terlalu keras dengan biji kopi tersebut. (*) Selamat mencoba.

Chee-U .^_^

  • http://www.oktavita.com Hana

    Aduh,telat dh kamyu,dr zaman mbah,oppung,buyut gw dah tau,justru gw dah pake kopi bt ngalusin kulit dr SD,bgus jg loh bt ngilangn komedo.kopi emang tiada duanya dah!! (Y)

  • Lia

    Aq.bru thu kegunaan kopi.tpi gk twu cranya.klo anda tk kberatan.blh donk ksih tips kgnaan kpi tuk sya.mksh

  • gex’s

    met,,,,nyoba aja rmuan dr ne2k moyang qt……!
    Moga kulit2 orang2 indonesia mulus2 smua.

  • rissa

    eeeeeemmmmmmmmmmmmmmmmmmm
    boleh jg tuch tip’snya
    qu coba dch…..!!!!!!! :-)

  • cha

    ae………..
    qu pengen tw nch tip’s wat ngilangin flek hitam di body…..
    ap yupppp………………
    pleace kasih tw dunk ;-(

  • endis

    wah patut dicoba nich…. Jd gak buang waktu n duit tuk pergi kesalon…

  • vina

    kopi bisa buat ngilangin jerawat ga ?? 8O

  • intan

    sy baru tau nih, mau coba ah merawat diri dgn kopi.. tx yaaa

  • diena

    wah saatnya kita mempercantik dg yg murah n mudah.yuks ikutan

  • mhizzacker

    :-) kopiiii emang cocok bwat perawatan…… ;-) (L) (@)

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000585788517 Sahida Hidayah

    wuish,memang kopi hebat bgt ,kaya manfaatnya (Y)

  • aulia

    kayak ny aseeqq tuuhhhh patut d coba…………………

  • Ities

    Oke bngeet,gak perku mahal

  • niken

    terima kasih atas solusinya

  • Faiza nur q0ri

    Wach…
    thnx bget nich??
    Buat tips2 na. .
    Mantap abiz dech..
    Kal0 ada tips cara menghilangkan bulu tangan or kaki. .dan pake hand n b0dy lation. .tapi tidak bikin panjang atau tumbuh bulu2 di kaki or di tangan,,b0leh juga di bagikan ke kami2. . .

    Skali lagi thanks s0 much dech. .utk inf0 na. .

  • Yoona

    Tks bgt ya infony.. (H) Tks bgt ya infony..

  • Johnny beguir

    Ya memang benar kalau kita menggunakan hampas kopi, kita merashakan kehalusan pada kulit kita ,jadi jangan ragu-ragu untuk mencobanya ……….