Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Tegur Tayangan Berbau Porno

televisionKomisi Penyiaran Indonesia (KPI) Tegur Tayangan Berbau Porno yaitu 6 Tayangan Sinetron Bermasalah. Hmmh, malahan sudah ada beberapa yang masuk kategori Lampu Merah. Pemantauan yang dilakuin KPI ini dipilah dari 2 kategori yaitu Lampu Merah dan Lampu Kuning. Pemantauan dilakukan terhadap 372 episode sinetron atau sitcom yang terdiri dari 14 judul. Dari pantauan KPI, ditemukan sejumlah tayangan yang sudah mengklasifikasikan kategori A (anak), R (remaja), D (dewasa) dan SU (semua umur). :-S

Jumpa Pers Pengumumam Tayangan Bermasalah Periode Januari 2009 di Gedung Bapeten, Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2009) lalu ngebawa gosip panas ini,

“KPI Pusat menetapkan enam sinetron bermasalah yang ditayangkan bulan Januari 2009 sesuai dengan tingkat pelanggarannya terhadap UU No 32/2002 tentang Penyiaran dan Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).”

tawa sutra

suami suami takut istri

Tayangan Bermasalah Menurut Komisi Penyiaran Indonesia :

  • Sinetron ‘Suami-suami Takut Istri’ Trans TV : Dapat surat teguran kedua. Dianggap tidak memperhatikan norma kesopanan, kesusilaan, menampilkan adegan kekerasan dalam rumah tangga dan sarat ucapan kasar.
  • Sinetron ‘Muslimah’ Indosiar : Dapat surat teguran kedua. Diindikasikan melanggar kaidah agama, perlakuan tidak pantas pada orangtua.
  • Sinetron ‘Abdel dan Temon’ Global TV : Dapat teguran pertama. Mengandung adegan dan pembicaraan vulgar, menampilkan kekerasan fisik secara berulang-ulang. KPI juga meminta agar tayangan sinetron ini dipindahkan jam tayangnya ke pukul 22.00 WIB.
  • Sinetron Alisa RCTI : Diminta memperbaiki materi siaran.
  • Sitkom Tawa Sutra ANTV : Diminta memperbaiki materi siaran. Dianggap menampilkan adegan kekerasan dan pornografi dari pemainnya
  • Sinetron Monalisa – Sinetron Hareem Indosiar : Diminta memperbaiki materi siaran. Sarat dengan adegan kekerasan verbal dan fisik, serta berindikasi melecehkan ajaran agama.

Klasifikasi tayangan berdasar kategori usia setidaknya dimunculkan sekilas diawal atau akhir tayangan saja. Dijelaskan oleh Pihak KPI, masih banyak dijumpai tayangan yang kurang pantas dan tidak cocok disiarkan di jam tayang keluarga. (H)

budi anduk

Budi Anduk, salah satu komedian di Tawa Sutra ANTV mengaku berjanji memperbaiki diri dan mengakui kesalahannya setelah ‘Tawa Sutra’ ditegur KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Budi yang dikonfirmasi mengaku udah tahu dan menerima teguran dari KPI. :-)

“Gue tahu kok, yang pasti gue bakal berubah jadi lebih bagus lagi. Teguran itu kan baik untuk kita,”

Cuman, Pria yang lahir di Jakarta, 8 Februari 1968 ini ngerasanya adegan yang dituduhkan pihak KPI tidak terlalu mencolok kekerasan atau pornografinya. Komedian bernama asli Budi Prihatin ini nganggepnya adegan itu cuman bercandaan khas ‘Tawa Sutra’. Kalau harus dikurangi, maka berkurang juga ciri khas ‘Tawa Sutra’. ;-)

“Masalah kekerasan, ya namanya gue becanda-becanda. Tapi agak ngeselin sih, itu kan cerita ‘Tawa Sutra’. Ciri khas kita agak dikurangi saja. Gue sih sadar, kelewatan. Kalau pornografi, nggak deh. Banyak kok adegan lain yang lebih pornografi. Paling cuma beberapa adegan doang, tapi nggak parah,”

Chee-U .^_^.

via detikhot

  • Anak indonesia yang perduli

    Menurut pendapat aku lebih baik situs porno itu jaringannya gak usah di adakan aja..krn merusak bgt anak remaja..kalo di biarkan terus jaringannya..aku gak yakin anak indonesia bisa pintar dan dapat memimpin bangsa kelak..karena menurut anak jaman sekarang lebih baik buka situs porno dari pada belajar..dan itu di lakukan tidak anak kota saja tp anak desa pun juga.jadi kalo situs porno di biarkan…mau kemana bangsa indonesia ini.

  • Berlian nur hasanah

    Sebenernya anak indonesia itu pintar dan mempunyai segudang prestasi…tp prestasi it terhambat bukan karena tdk mempunyai buku ato paduan blajr..tp karena situs porno..selma ini menrut pndapat orng2 situs porno yg mengunjungi it orang dewasa tp pndapat it salah,pelajarlah yg banyk mengunjungi situs porno..saya sangat peduli tntang masa depan indonesia…
    Mnrut saya situs porno jaringannya gak usah d adakan aja…
    Untk masa dpn indonesia lbh baik..krn wlo pemernth mengushkan dng sgala cara apapun untk ank indonesia agr pintar tp kalo situs porno msh ada,rencna it akn terhambat..
    (perubhan besar brwal dari perubhan kecil)