Makanan Sehat Bagi Lansia

Nov 11 2010

Makanan Sehat Bagi LansiaMakanan sehat bagi lansia umumnya lebih rendah bila dibandingkan dengan manusia dewasa, (H) lantaran kondisi yang sudah menurun dan juga penurunan metabolisme basal yang terjadi dalam tubuh manula. :-) Kita semua akan menjadi lansia, ini tidak bisa dihindari. Bila kamu-kamu concern terhadap kesehatan diri sendiri yang sudah menginjak lansia :-D atau ingin lebih memperhatikan kesehatan manula di sekitar kamu seperti ayah, ibu, kakek atau nenek bisa deh terusin baca tips dan apa saja makanan sehat untuk lansia. (L)

Proses Lansia

Proses menjadi lanjut usia pasti akan dialami semua orang, :-P yang ditandai dengan penurunan kekuatan fisik dan penurunan imunitas / daya tahan tubuh. (*) Beberapa kemunduran yang dialami lansia yaitu:

  1. Penurunan massa otot. (H)
  2. Penurunan metabolisme basal. (F)
  3. Penurunan kemampuan bernafas dikarenakan berkurangnya elastisitas paru-paru. (G)
  4. Penurunan kepadatan tulang :-( karena kurangnya mineral sehingga gampang cedera.
  5. Sistem imunitas / kekebalan tubuh turun sehingga lebih rentan terhadap penyakit. (&)
  6. Sistem pencernaan menjadi terganggu karena tanggalnya gigi :-P dan kemampuan mencerna yang kurang baik.
  7. Indera pengecap dan pembau menjadi kurang sensitif sehingga selera makan menurun. (D)

Kebutuhan Gizi Lansia

Hasil penelitian yang ada menunjukkan kalau kecepatan metabolisme basal lansia cenderung menurun dari 15-20%. (E) Nah, berikut ini adalah daftar kebutuhan gizi lansia yang bisa kamu simak:

  • Kalori (G)
    Kalori merupakan sumber energi yang bisa diperoleh dari karbohidrat dan juga protein serta lemak. (K) Kaum lanjut usia sebaiknya mengkonsumsi kalori dari protein sebesar 20-25%, 20% dari lemak. Sisanya bisa didapatkan dari karbohidrat.Asupan kalori sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan energi, karena bila konsumsi kalori melebihi kebutuhan, ini akan menyebabkan sebagian energi yang masuk akan disimpan dalam bentuk lemak yang bisa menimbulkan kegemukan ataupun menyebabkan penyakit degeneratif. (F) Namun bila kebutuhan kalori kurang, ini akan menyebabkan cadangan energi tubuh yang akan digunakan untuk menyokong. Bila hal ini terjadi, tubuh akan semakin kurus. :-(
  • Protein (&)
    Oleh karena pada manula massa otot berkurang yang mengakibatkan total protein tubuh berkurang, tapi itu bukan berarti kebutuhan protein berkurang, malah kebutuhan protein lansia lebih banyak bila dibandingkan orang dewasa. (H) Ini terutama dikarenakan pada lansia efisiensi penggunaan protein / senyawa nitrogen berkurang karena pencernaan dan penyerapan yang kurang efisien. Selain itu, stress, patah tulang, infeksi, :-O dan penyakit lainnya menyebabkan kebutuhan protein semakin besar.Berdasarkan penelitian, pada lanjut usia sebaiknya mengkonsumsi protein sebesar 12-14% lebih banyak dari orang dewasa. Kebutuhan protein dapat dipenuhi dengan daging, telur dan kacang. (8)
  • Lemak (D)
    Konsumsi lemak pun harus dibatasi sebanyak 30% :-) karena lemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit atherosklerosis. Lemak pun jangan sembarangan, sebaiknya 20% dari keseluruhan lemak yang dikonsumsi merupakan asam lemak tak jenuh. Sumber asam lemak tak jenuh adalah minyak nabati. (F) Sedangkan asam lemak jenuh terkandung di lemak hewan.
  • Karbohidrat dan Serat :-S
    Khusus untuk lansia, konsumsi serat sangat penting untuk mengurangi keluhan berupa sembelit :-P atau sulit buang air besar (konstipasi). Makanan yang banyak mengandung serat adalah sayuran, buah, dan biji-bijian. :-) Manula dianjurkan supaya mengurangi gula sederhana seperti gula pasir dan sirup dan mengganti dengan karbohidrat kompleks.
  • Susu (B)
    Banyak lansia yang mendapatkan diare ketika minum susu, (@) ini karena dalam usus lansia tidak terkandung enzim laktosa untuk mencerna susu, karena itu laktosa dicerna dalam tubuh oleh mikroba di dalam usus besar yang menyebabkan diare. Pada lansia sebaiknya mengkonsumsi produk susu fermentasi seperti yoghurt dan keju yang tidak menimbulkan diare. (Y)
  • Vitamin dan Mineral (D)
    Umumnya lansia kurang mengkonsumsi vitamin A, B1, B2, B6, niasan, asam folat, vitamin C, D dan E. :-[ Ini karena kurangnya asupan makanan khususnya buah dan sayur. Kekurangan mineral biasanya dikarenakan kurangnya kalsium yang menyebabkan tulang rapuh dan juga zat besi yang bisa menyebabkan anemia. (&) Vitamin dan mineral sangat penting untuk lansia karena membantu metabolisme tubuh.
  • Air (C)
    Air sangat dibutuhkan tubuh untuk mengganti cairan yang hilang dalam keringat dan urine :-$ dan juga membantu pencernaan makanan. Air juga turut berperan dalam membersihkan ginjal. Sebaiknya lansia minum air lebih dari 6 sampai 8 gelas sehari. (E)

Makanan Sehat Bagi Lansia

Setelah dilihat dari kebutuhan gizi lansia, maka bisa disimpulkan bahwa makanan sehat bagi lansia antara lain mencakupi empat sehat lima sempurna (F) dengan porsi yang kurang dari orang dewasa kecuali asupan protein dan vitamin serta mineral, dimana kalsium dan zat besi juga memerankan peranan yang penting untuk metabolisme tubuh. (W) Berikut ini disajikan beberapa contoh makanan sehat untuk manula yang telah dikelompokkan:

  • Sumber Karbohidrat: Nasi, jagung, ketan, bihun, biskuit, kentang, mie instan, mie kering, roti tawar, singkong, talas, ubi jalar, pisang nangka, makaroni ;-)
  • Sumber Protein Hewani: Daging ayam, daging sapi, hati (ayam atau sapi), telur unggas, ikan mas, ikan kembung, ikan sarden, bandeng, baso daging :-D
  • Sumber Protein Nabati: Kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, tahu, tempe, oncom (I)
  • Buah-buahan: Pepaya, belimbing, alpukat, apel, jambu biji, jeruk, mangga, nangka, pisang ambon, sawo, semangka, sirsak, tomat (L)
  • Sayuran: Bayam, buncis, beluntas, daun pepaya, daun singkong, katuk, kapri, kacang panjang, kecipir, sawi, wortel, selada ;-(
  • Kue: Bika ambon, dadar gulung, getuk lindri, apem, kroket, kue pia, kue putu, risoles (B)
  • Susu: Susu sapi, susu kambing, susu kerbau, susu kedelai, skim :-)

Setelah mendapatkan informasi mengenai makanan sehat bagi lansia diatas, semoga semua orang yang sudah lanjut usia sudah semakin mengerti dan mendapatkan asupan gizi yang baik (Y) untuk menghindari penyakit seperti ISPA yang sudah banyak didapatkan oleh pengungsi bencana Merapi.  ;-)

Chee-U .^_^.