Media Budidaya Jamur Tiram

Media Budidaya Jamur TiramBila artikel sebelumnya membahas tentang tempat budidaya jamur tiram dan menyinggung sedikit mengenai budidaya jamur tiram dengan mengembangkan jamur tiram di media serbuk gergaji, ternyata media budidaya jamur tiram tidak melulu di serbuk gergaji.

Anda harus hati-hati menggunakan bahan media tumbuh jamur tiram karena bisa mengundang hama. Hindari penggunaan pestisida. Selalu cari media dengan harga murah, murah pengelolaannya dan hasilnya maksimal. Beberapa waktu lalu telah dikembangkan inovasi terbaru dalam rangka mempermudah proses produksi jamur dan bahkan bisa memperbanyak hasil produksi, yaitu dengan menggunakan media enceng gondok dan sistem gantung. Ini bisa memotong jangka waktu panen sampai dengan 50% dari waktu normal.

Selain enceng gondok dan sistem gantung, Anda dapat pula menggunakan sumber bahan seperti jerami, tongkol jagung, limbah sawit dan pollar.

Pasar jamur tiram memang masih sangat besar, mengingat rasanya yang enak, mengandung protein nabati yang tidak mengandung kolesterol, dapat mencegah timbulnya penyakit darah tinggi dan jantung, mengurangi berat badan, dan diabetes. Selain itu kandungan Vitamin B kompleks pada jamur tiram tergolong tinggi, sehingga dapat menyembuhkan anemia, antitumor, dan mencegah kekurangan zat besi. Produk pangan berbasis jamur ini digemari juga di luar negeri. Ekspor jamur tiram dikemas dalam bentuk kering atau dikalengkan telah dikirim ke negeri Singapura, Taiwan, Jepang, Hongkong.