Mempercepat Upload

Mempercepat UploadKali ini berita terkini akan dibagiin buat pembaca blog ini, yaitu bagaimana cara mempercepat upload. Informasi yang dibagiin antara lain cara upload, pengertian, aplikasi dan situs upload.

Pengertian Upload

Apa itu Upload? Upload, atau yang disebut unggah dalam teknologi informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.

Mempercepat internet memang udah jadi pengetahuan umum yang kudu diketahui, apalagi kalo kamu lagi ngakses internet di warnet.

Cara Upload

Upload biasanya dilakukan untuk memindahkan file / content (atau bisa juga disebut meng-copy) antara komputer ke internet, misalnya untuk menambahkan gambar di blog, facebook, friendster, atau menambahkan file di email (dalam bentuk attachment), atau untuk memasukkan file-file ke dalam hosting. Uploading bisa dilakukan dengan menggunakan software / aplikasi upload, atau dengan memanfaatkan situs yang khusus untuk digunakan untuk menyimpan file kamu di internet.

Situs Upload

Situs upload (media sharing) umumnya dibagi menjadi beberapa jenis beserta contohnya, yaitu:

  1. Gambar upload (picture sharing): imageshack.us, tinypic.com, imagesharing.com, flickr.com
  2. File upload (file sharing): 4shared, mediafire, rapidshare.
  3. Video upload (video sharing): youtube, metacafe, google video.

Umumnya situs upload tersebut tidak membutuhkan pendaftaran account, namun ada beberapa yang memang membutuhkan pembuatan account baru dengan mendaftarkan email kamu dan menjadi member (biasanya gratis). Kelebihannya, situs uploading tersebut dapat langsung dibuka melalui browser kamu (browser yang umumnya disupport adalah firefox atau internet explorer).

Aplikasi Upload

Umumnya bagi web developer atau yang telah memiliki website, aplikasi upload memang merupakan tool wajib yang perlu dimiliki untuk mempercepat upload. Aplikasi upload yang biasa dipakai adalah yang bekerja dalam protokol FTP (File Transfer Protocol), dimana proses upload berbeda dengan proses upload yang dilakukan melalui situs upload. Kelebihan fungsi upload dengan menggunakan aplikasi khusus ini adalah file yang ditransfer dapat diresume (dilanjutkan kembali) apabila file yang ditransfer terputus ditengah jalan seperti yang sering terjadi apabila kamu melakukan upload melalui situs upload (terutama bila kamu lagi upload file besar). Contoh aplikasi upload ini adalah Cute-FTP dan FileZilla.

Mempercepat Upload

Kecepatan upload sebenarnya tergantung dari beberapa hal, yaitu: bandwidth koneksi internet kamu, kondisi jalur koneksi internet (sinyal, noise dalam kabel) dan bergantung pada ramai atau tidaknya situs upload.

Untuk mengetahui kondisi kecepatan internet kamu dan mengetahui waktu yang kamu butuhkan untuk mengupload ukuran tertentu, kamu bisa gunain speedtest.net:

Arahkan browser kamu ke http://speedtest.net

speedtest.net

Klik pada server untuk ngetest kecepatan bandwidth internet kamu:

trik mempercepat upload

Tunggu hingga test selesai

upload internet test

Klik pada view upload speed untuk mengetahui kecepatan upload maksimum yang dapat kamu lakuin dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses upload.

upload speed

Cara Mempercepat Upload

Walaupun tergantung dari beberapa kondisi, ada juga tips mempercepat upload yang bisa kamu gunain:

  1. Manfaatkan aplikasi / software upload yang disediakan (bila ada) untuk mengupload pada situs upload tertentu (beberapa situs upload menyediakan software untuk memudahkan upload seperti easy-share, ziddu, atau 4shared).
  2. Gunakan jalur FTP untuk mengupload file, karena disamping lebih stabil, protocol ini lebih direkomendasikan karena fitur resume-nya untuk melanjutkan transfer file yang terputus.
  3. Tutup semua aplikasi dan browser yang menggunakan koneksi internet untuk mengurangi beban proses transfer upload sehingga proses upload berjalan lebih cepat tanpa intervensi dari aplikasi lainnya yang memakan bandwidth internet kamu.
  4. Cari server situs yang lebih dekat dengan latency yang rendah. Ini dapat kamu cek dengan menggunakan aplikasi pingplotter atau dengan menggunakan perintah ping pada command prompt windows. Semakin kecil angkanya semakin baik.

    pinging site

Semoga bermanfaat.

PS: Artikel ini bisa dilihat dalam bentuk pdf (klik disini) >> mempercepat upload << lalu klik Get File untuk mendownloadnya.

Chee-U .^_^.

  • ananda putri ayu winda

    sinetron manohara cepet donk d tayangin. becouse wn udh g9 sabar n pengen tau ceritanya.

  • 2ben

    slam knal ni yg pnya blog,,, (Y) (Y)
    boleh minta tutor to buat blog g…. ;-)
    n trik2x mempercntik tampilanNya .. (I).. (I)
    them pink kren bnget nich,,, (F) ,,, (Y)
    maklum msih newbie