Menginstall Web Server Lokal

Menginstall web server lokal seringkali menjadi kendala yang berarti dalam mengaplikasikan program php atau untuk develop web sebelum disimpan ke dalam hosting dan aktif sehingga dapat diakses orang lain. Ini bisa jadi merupakan solusi yang paling murah untuk menggunakan jaringan internal (dalam hal ini PC kamu sendiri) dalam menggunakan teknologi php dan mysql, apalagi kamu dalam posisi kanker (kantong kering) untuk membeli hosting untuk bereksperimen, atau lagi ada tugas kuliah yang mengharuskan kamu untuk menginstall webserver. Kamu pun bisa menginstall mail server untuk PC kamu sendiri sebagai simulasi sebelum dipublikasikan di internet.

Berikut adalah tutorial mengenai install web server di komputer lokal, yang meliputi apache, mysql, dan PHP. Secara tradisional, instalasi ketiga komponen ini termasuk hal yang sangat rumit, karena kamu diharuskan menginstall satu per satu komponen ini ke dalam komputer kamu.

Sekarang tidak lagi, karena ada satu aplikasi windows yang secara langsung akan menginstall ketiga komponen ini (tidak termasuk lighttpd, atau software tomcat). Kamu bisa menggunakan XAMPP untuk memanajemen ini semua. XAMPP secara otomatis akan menginstall apache, mysql, dan PHP ke dalam komputer kamu. Bagusnya, XAMPP juga menyediakan fitur control panel, dimana kamu bisa merestart, stop, atau start service-service yang berhubungan dengan web server ini.

Silakan Anda download XAMPP di website resminya disini. Pilih installer untuk Windows.

Setelah selesai, kamu bisa melihat video dibawah ini tentang cara menginstall XAMPP untuk Windows.

Chee-U .^_^.