Netbook Buat Gaming

Netbook Buat GamingKalo PC sih hal yang biasa, tapi kalo Netbook buat gaming? Nah itu dia yang luar biasa. (H) Notebook memang kebanyakan memakai teknologi yang didesain bukan buat maen game seperti halnya PC, tapi ada beberapa tips yang sebaiknya kamu baca sebelum membeli laptop yang sekaligus bisa buat ngegame. (I)

Game Apa di Laptop?

Pertama yang harus kamu ketahui adalah game apa yang pengen kamu maenin di laptop yang akan kamu beli. Game ini macem-macem jenisnya, ada yang 3D maupun yang 2D. Catet semua game yang pengen kamu maenin, spesifikasi hardware dan software apa aja yang diperluin buat main game tersebut. (O)

Rahasianya ada di Spesifikasi Netbook Gaming

Kedua, spesifikasi netbook yang ingin kamu beli. Spesifikasi untuk laptop ada dua macam, yaitu dari sisi software dan hardware. Untuk software tidak perlu terlalu muluk, Windows XP kebawah aja udah cukup. :-) Soalnya banyak game yang tidak kompatibel berjalan di Windows Vista. Tapi jangan milih Linux ya untuk OS (Operating System) nya. Software tambahan agaknya tidak terlalu penting, tapi ada beberapa aplikasi yang penting untuk diinstal, seperti aplikasi kompresi kayak Winzip atau Winrar yang biasanya digunakan untuk ekstraksi file setup game. (Y)

Ketiga, untuk hardware sebaiknya kamu sesuaikan dengan budget / anggaran yang bisa kamu keluarin. Khusus untuk bermain game, ada 3 hal yang perlu kamu perhatiin:

  1. Processor : Single core aja cukup (tidak perlu dual core). Kenapa? Karena game menggunakan single loop pada instruksi software-nya (tidak bisa multi-threading), artinya bila kamu membeli laptop dual core, saat menjalankan game tersebut, hanya 1 processor yang berjalan, processor lainnya tidur / idle. Rugi banget kan kalo prosesor di laptop nggak kepake secara maksimal? :-P
  2. Memori : Semakin besar semakin baik, karena biasanya game akan memakan habis seluruh memori yang ada. Asal jangan kehabisan atau kekurangan memori aja. Game nggak akan berjalan kalo memori di laptop kurang dari spesifikasi minimal game. Sedangkan kalo kehabisan waktu game berjalan, biasanya game akan ngadat (alias ngambek dan tertutup secara otomatis). Seberapa besar memori yang diperlukan? Saya rasa untuk game masa sekarang butuh hingga 4GB memori (tergantung spesifikasi game yang udah kamu catat sebelumnya).  (B)
  3. VGA Card : Ini dia komponen yang penting yang biasanya diabaikan bila membeli laptop untuk keperluan selain ngegame. VGA card berfungsi untuk mempercepat proses grafis, rendering dan efek-efek di game seperti refleksi (pantulan), shadow (bayangan), atau efek lighting lain yang tidak dapat dilakukan onboard VGA karena instruksi tersebut spesifik. Mengenai memori VGA Card, kamu bisa sesuaikan dengan spek game yang pengen kamu mainin. Untuk game masa kini yang lagi “in”, kamu mesti nyari VGA card dengan PCI Express di dalamnya, karena umumnya VGA card jenis ini lebih kenceng larinya. Sebagai tambahan, cari VGA Card dengan memori yang tinggi, seperti 512MB keatas. Jangan bingung, memori di VGA card berbeda dengan memori di motherboard. Kalo memori di VGA Card salah satu fungsinya buat mempercepat proses grafis. :-[
  4. Hard Disk : Nggak jamannya ngegame pake harddisk IDE. Cari harddisk tipe SATA, atau kalo bisa SCSI sekalian. Kecepatan harddisk bisa dilihat dari RPM-nya (putaran per menit), seperti 5400rpm atau 7200rpm. (~)
  5. Monitor: Kalo masalah monitor sih hanya preferensi aja, suka-suka kamu. Tapi akan lebih asik kalo monitornya gede, semakin gede semakin lega main gamenya hehehe. (P)
  6. Speaker : Sekarang banyak model speaker portable yang bisa dibawa kemana-mana. Kalo saran saya sih pake yang portable dan cari yang angka RMS besar (semakin besar angka ini semakin mahal harganya). Untuk speaker berlaku hukum semakin mahal semakin berkualitas produk tersebut. Tapi kalo kamu keberatan, bisa aja nyari speaker onboard yang nempel langsung dengan netbook yang bakalan kamu beli. (8)
  7. Mouse : Jangan ngandelin touchpad ya kalo main game, bisa cape tuh tangan. Beli mouse optik yang baguslah. Ini akan menambah budget kamu dikit.  ;-)

Semoga bermanfaat. (C)

Chee-U .^_^.