Optimalisasi Download File Besar

Optimalisasi Download File BesarMau download ebook, software, video dari YouTube atau bahan kuliah tapi takut terputus atau koneksi yang lambat? (C) Don’t worry, ada solusi kok untuk optimalisasi download file besar. Tips berikut bisa kamu lakuin buat ngakalin koneksi yang buruk atau lambatnya proses mengunduh file berukuran gede. ;-)

Tips Download File Besar

Cara mempercepat download yang paling gampang dan mudah adalah dengan menginstall file download manager seperti DownThemAll! untuk Firefox atau Orbit. (I) Tinggal klik aja link yang mau didownload, otomatis software download manager ini akan mengambil alih tugas download yang pada awalnya dihandle browser. (H)

Perangkat lunak tersebut biasanya memiliki fitur berupa download multiple files, yang digunakan untuk memecah file tersebut dan mengunduh tersebut secara bersamaan. (~) Ini akan mempercepat proses pengunduhan berkali-kali lipat. Namun untuk menggunakan software tersebut, ada beberapa kriteria untuk dapat memaksimalkan kinerjanya. Berikut adalah sedikit tips untuk mendownload file besar: (I)

  1. Tutup semua jendela browser kecuali satu (Kamu bisa sisakan window DownThemAll! bila kamu menggunakan addon firefox ini). (O) Membuka jendela browser yang terlalu banyak akan mengkonsumsi banyak memori komputer dan akan mengurangi kecepatan download, terutama bila kamu melakukannya di warnet yang notabene memiliki komputer dengan memori terbatas. Dengan menutup window browser, ini akan membantu membebaskan memori yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja download manager. (*)
  2. Bila memungkinkan, pilih untuk mendownload lewat protocol FTP.  Umumnya download lewat FTP lebih cepat daripada lewat protocol HTTP yang biasanya digunakan oleh browser. :-D
  3. Tunggu proses download hingga selesai sebelum memulai download file lainnya. (D) Mengunduh beberapa file besar dalam waktu yang bersamaan akan menurunkan kecepatan download kamu.
  4. Clear cache browser dan history untuk menghapus file yang menghabiskan resource sistem. Menghapus file-file tersebut akan membantu untuk membebaskan memori yang dapat digunakan untuk mempercepat download. (^)
  5. Download file besar sebaiknya dilakukan diluar jam-jam peak yang ada diantara jam 5 sore sampai dengan jam 11 malam. Kamu bisa melakukannya di jam-jam malam atau pagi-pagi sekali. (@) Ini adalah waktu-waktu dimana download relatif berjalan lebih cepat daripada waktu lainnya.

Semoga tips optimalisasi file besar ini bermanfaat. :-)

Chee-U .^_^.