Optimalisasi Windows XP

Optimalisasi Windows XPOptimalisasi Windows XP merupakan satu hal yang dapat memecahkan masalah kamu-kamu mengenai komputer yang lemot atau lola (loading lambat), terutama bagi kamu yang belum punya budget buat upgrade kompie kamu ke teknologi terbaru seperti Intel i7 yang terkenal dengan kecepatan prosesnya itu. :-D

Ada beberapa hal yang sebenarnya merupakan esensi dari optimalisasi ini, yaitu:

  1. Kecepatan processor
  2. Kapasitas memori
  3. Kecepatan harddisk
  4. Efisiensi

Dari ke-4 elemen ini, 3 dari 4 merupakan hardware yang dengan mudah diselesaikan dengan menambah/mengupgrade, masalah selesai. Bila ada budget, kamu bisa beli processor baru, menambah kapasitas memory, atau mengganti harddisk kamu ke teknologi SATA yang leibh cepat dari IDE, dan memilih rpm yang lebih cepat daripada harddisk kamu yang lama. (H)

Namun kali ini saya akan bahas mengenai no 4, yaitu elemen efisiensi yang mudah-mudahan dapat berguna untuk meningkatkan performa Windows XP kamu. ;-)

Menghapus program di Startup

Menghapus Program di Startup

Klik Start, arahkan ke Programs, klik Startup, lalu klik kanan setiap item pada Startup lalu pilih Delete. Startup kompie kamu akan kosong.
Hasil: Saat boot komputer akan lebih cepat masuk karena tidak mengakses program-program yang berjalan pada startup. Umumnya program-program yang ada pada Startup dapat dijalankan secara manual apabila kamu butuh. (*)

Menghapus program yang tidak terpakai

Hapus program yang tidak terpakai

Klik Start, arahkan ke Settings, lalu klik Control Panel. Dobel klik icon Add or Remove Programs. Pilih program-program yang tidak kamu pakai (restart mungkin dibutuhkan untuk menyelesaikan proses ini).
Hasil: Kapasitas harddisk akan lebih besar, sistem Windows XP akan lebih ringan karena list program berkurang, akibatnya kecepatan akses akan bertambah. (I)

Matikan Animasi dan Visual Effect

Matikan animasi

Matikan visual effect

Animasi dan visual effect di Windows XP dengan mudah dapat dimatikan dengan cara masuk ke Control Panel, klik pada icon System, lalu klik pada tab Advanced. Klik tombol Settings dibawah Performance. Klik Adjust for Best Performance.
Hasil: Mematikan animasi dan visual effect akan mempercepat reaksi seperti membuka dan memindahkan windows. (Y)

Install Antivirus

Install Antivirus

Virus merupakan salah satu faktor yang dapat pula mengganggu performa komputer kamu, karena itu setidaknya dalam komputer kamu harus ada satu Antivirus yang dapat mendeteksi dan menghapus virus baik lokal maupun virus bule.
Hasil: Komputer kamu bebas virus yang dapat meminimalisasi kerusakan pada komputer. (O)

Tips optimasi ini cuman bisa kamu lakuin di rumah, pake komputer sendiri lho. Kalo di warnet, mungkin kamu bisa minta operator warnetnya buat mengoptimalkan kecepatan komputer yang ada. Demikian artikel tentang optimalisasi Windows XP ini, semoga bermanfaat. :-$

Chee-U .^_^.