Pemenang Piala Citra Festival Film Indonesia 2009

FFI 2009Daftar Pemenang Piala Citra Festival Film Indonesia 2009 | FFI 2009 sudah diumumkan hari Rabu, 16 Desember 2009 (D) di Hall D1, Jakarta International Expo Arena PRJ, Kemayoran, Jakarta Pusat. Malam Puncak FFI 2009 yang dipandu sepupu Richard Kevin, si Dj Wingky Wiryawan dan Franda ini menghadirkan Wakil Presiden Boediono, dan Jero Wacik Menteri Pariwisata dan Kebudayaan. (Y)

Film Terbaik diraih oleh Identitas yang diperankan oleh Leony sebagai Psk Artis yang tayang 6 Agustus 2009 lalu. :-)

Gelaran Festival Film Indonesia 2009 ini dimeriahkan artis papan atas (L) seperti Ungu, ST12, D’Masiv, The Changcuters, Vierra dan Geisha. Ga’ ketinggalan juga selebritis Indonsia yang ikut memeriahkan suasana dengan kebagian jadi pembaca nominasi serta pemenang Piala FFI 2009. (~)

Ada Kinaryosih, Carissa Putri, Ringgo Agus Rahman, Richard Kevin, Rianti Cartwright, Yama Carlos, Alice Norin, Kholidi Asadil Alam, Fauzi Baadila, Rae Sita, Niniek L Karim dan Wulan Guritno. (F)

Piala Citra 2009

Inilah Daftar Lengkap Pemenang Piala FFI 2009 :

  • Film Terbaik : (Y)

Identitas (PT. Esa Khaqiva & PT. Citra Sinema)

  • (E) Skenario Asli Terbaik :

Sally Anom Sari & Samaria Simanjutak (Cin(t)a)

  • Skenario Adaptasi Terbaik: (~)

Djenar Maesa Ayu & Indra Herlambang (Mereka Bilang, Saya Monyet!

  • (H) Sutradara Terbaik:

Aria Kusumadewa (Identitas)

  • Pemeran Utama Pria Terbaik: (I)

Tio Pakusadewo (Identitas)

  • (F) Pemeran Utama Wanita Terbaik:

Titi Sjuman (Mereka Bilang, Saya Monyet!)

  • Pemeran Pendukung Pria Terbaik: (L)

Reza Rahadian (Perempuan Berkalung Sorban)

  • (*) Pemeran Pendukung Wanita Terbaik:

Henidar Amroe (Mereka Bilang, Saya Monyet)

  • Penyunting Terbaik: (P)

Wawan I. Wibowo (Pintu Terlarang)

  • (B) Penata Sinematografi Terbaik:

Ipung Rahmat Syaiful (Pintu Terlarang)

  • Penata Artistik Terbaik: :-)

Kekev Marlov (Identitas)

  • (K) Penata Suara Terbaik:

Shaft Daultsyah & Khikmawan Santosa (Ruma Maida)

  • Penata Musik Terbaik: (8)

Aksan Sjuman & Titi Sjuman

  • (Y) Lifetime Achievement:

Sophan Sophian

  • Film Anak-anak Terbaik: ;-)

Garuda Di Dadaku

  • (O) Film Dokumenter Panjang Terbaik:

Ayam Mati di Lumbung Padi (Darwin Nugraha)

  • Film Dokumenter Pendek Terbaik: (G)

Last Journey (Endah WS)

  • (^) Film Pendek Terbaik:

Sabotase (Hadrah Daeng Ratu)

  • Sutradara Pendatang Terbaru Terbaik: (C)

Djenar Maesa Ayu

Foto Penerima Awards Piala Citra 2009 :

  • Tyo Pakusadewo

Peraih penghargaan pemeran utama pria terbaik (I) dibawah judul film Identitas bareng Leony Vitria Hartanti ini menganggap FFI tiap taonnya mengalami banyak peningkatan meski banyak anggapan miring dari para sineas termasuk Masyarakat Film Indonesia (MFI) yang dimotori Mira Lesmana. :-S

“Untuk masyarakat film indonesia cobalah buat festival yang selevel FFI. :-) Jangan cuma ngomong doang saja tapi gak ada kerja apa-apa,”

“Semangat belajar mereka bagus tapi kalau enggak punya kerendahan hati repot,” (H)

“Sampai sekarang lebih baik dari tahun kemarin setidaknya mencoba lebih baik lagi. Buktinya FFI sampai saat ini masih ada,” :-D

“Ini saya dedikasikan buat perempuan yang ada di sekitar hidup saya seperti anak dan istri saya,” (L)

  • Henidar Amroe

Piala Citra 2009

Wanita lajang yang merasa lebih beruntung :-D dari nominator Ayu Pratiwi, Niniek L. Karim dan Widyawati hanya ingin terus berkarya dengan hasil yang lebih bagus lagi. Artis berjilbab ini langsung mendedikasikan pialanya untuk keluarga dan orang terkasihnya. (L)

“Piala ini untuk orang tua kepada keluarga dan seseorang yang berarti buat saya. :-) Siapa dia? Ada deh,”

“Sangat surprise, tidak menduga. Film ini masuk FFI saja sudah sangat bahagia. ;-) Ini piala pertama dan terakhir saya ketika tidak memakai jilbab,”

“Saya sangat semangat dan antusias karena piala ini jadi acuan untuk berpacu, untuk buat film yang bagus,” (Y)

  • Reza Rahadian

Pemain Sinetron Isabella barengan keluarga Naysila Mirdad (L) dan pemain film Queen Bee barengan Tika Putri ini saking surprise nya sampai nangis begitu nerima penghargaan dan berkali-kali dia mengucapkan terima kasih. ;-(

“Lawannya senior semua dan ini sama sekali enggak diduga. :-$ Pokoknya ini sangat luar biasa. Alhamdulillah, terima kasih banget buat semuanya,”

“Terima kasih banyak karena ini tidak saya duga. Excited luar biasa dan saya bersyukur banget. :-D Suka cita banget. Ini piala pertama dan saya dedikasikan untuk mama dan adik saya,”

Film Identitas :

Film Identitas

Deddy Mizwar, Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (I) sekaligus produser film Identitas mengaku siap jika kemenangan ini kelak digugat. Pria kelahiran 5 Maret 1955 ini juga menilai jika film bioskop yang merupakan film independen ini memang berkualitas (Y) dan layak menang karena secara teknis dan pemain bagus

“Ini bangkitnya film dengan spirit indie. :-) Mungkin kenapa ‘Identitas’ menang karena gagasannya bagus,”

“Film ini memang bagus. Saya bilang begini bukan karena saya yang bikin. :-$ Semua festival ada pro-kontra, biasa lah. Termasuk Academy Award saja kadang ada pro-kontra. Tergantung siapa yang menilai dan bagaimana orang menilai,” (H)

“Film ini memang bicara situasi sosial tertentu. (I) Jadi betul-betul orisinil. Saya yang buat idenya. Kebetulan juga ditulis oleh skenario bagus. Didukung oleh para film maker dan pekerja yang independen dan punya dedikasi tinggi,” (Y)

“Kalau bikin film bagus, parameternya jelas. (I) Tapi kalau bikin film laku, saya enggak tahu parameternya,”

“Gembiranya saya, :-D penghargaan tertinggi film di Indonesia jatuh kepada film independen. Optimisme semakin tumbuh di kalangan film maker,” (L)

Protes Ajang Festival Film Indonesia 2009 :

Artis Piala Citra

Djenar Maesa Ayu selaku peraih dua penghargaan di ajang FFI 2009 (F) melayangkan protes pada ajang yang diselenggarakan pertama kali tahun 1955 itu. Menurut peraih Penghargaan Khusus Sutradara Baru dan Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik FFI 2009 itu lebih banyak komersil hiburan :-( daripada festival itu sendiri.

“Ini nggak benar, (H) semua film harus diapresiasikan. Lebih banyak musiknya daripada filmnya,”

“Harus bisa membedakan, mana komersil mana yang festivalnya. :-[ Jangan dikotak-kotakkin. Kalau masalah durasi, jangan jadi masalah seharusnya,”

Yawda dee, Selamat buat Para Pemenang Piala Citra FFI 2009. (Y) Semoga Festival Film Indonesia tahun selanjutnya bisa lebih baek lagi. Buat yang pengen free download video ataupun free download film bisa langsung ke bagian kolom donlot. :-)

Chee-U .^_^.

  • http://www.google.co.id a…

    ;-)
    Ynk dah dpat pnghrgaan hrz ttp jgn cpt puas dri