Pengertian Warnet

WarnetRehat sejenak dari gosip yach, kita sekarang mau bahas tentang pengertian warnet. :-[ Nah, udah pada tau kan klo tempat buat internetan itu juga disebut juga dengan internet cafe? Warnet sekarang udah naik derajat lho, nggak cuman berbentuk bilik-bilik kecil di sudut jalan, tapi juga mulai banyak berjamuran di mal-mal dengan teknologi WiFi atau hotspot yang dapat dengan mudah diakses dengan menggunakan laptop, duduk sambil nyeruput kopi atau makan kentang goreng. :-P Namun, tetep aja, kalo kita disuruh buat ngasi contoh warnet, pastinya kita bakal nunjuk satu sudut di pinggir jalan, ya tho? :-S

Definisi Warnet

Apa itu warnet? Arti warnet sendiri sebenarnya berasal dari dua kata, yaitu warung dan internet. (H) Nggak tau juga sih siapa yang nemu istilah itu, sejarah dan perkembangan warnet seperti apa di Indonesia. ;-) Tapi secara gamblang sih bisa disimpulin kalo warnet adalah tempat untuk mengakses internet. (Y)

Klo secara formil sih,

Warnet (internet café atau cybercafé) adalah tempat dimana orang bisa menggunakan komputer untuk mengakses Internet dengan biaya tertentu, biasanya per jam atau menit, (O) tapi ada juga yang menyediakan semacam membership untuk akses tidak terbatas untuk harian atau bulanan. Selain menyediakan tempat untuk browsing, check email dan bermain game online, warnet juga berfungsi sebagai café, dimana pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan. (^)

Warnet sebenarnya tergolong wirausaha juga lho. Soalnya, untuk memulai membangun dan membuka warnet dibutuhkan investasi yang nggak sedikit juga. (P) Paling nggak, kita harus tau struktur, sistem LAN dan instalasi listrik dan jaringan buat membuat warnet. Belum lagi, perangkat lunak dan keras yang dibutuhkan juga nggak main-main, mahal – seperti program membagi bandwidth tuch di artikel sebelah. (~) Aplaus buat pengusaha warnet deh, sukses telah menyediakan akses internet gratis, paling tidak akses informasi jadi lebih mudah, terutama buat pelajar dan mahasiswa yang punya kocek yang nggak seberapa buat cari-cari bahan sekolah, kuliah dan skripsi. (I)

Contoh Warnet Multiplayer

Sejarah Warnet

Klo mengacu pada istilah internet cafe, fenomena ini bermulai pada bulan Juli 1991 oleh Wayne Gregori di San Francisco ketika dia mulai membuka SFnet Coffeehouse Network. (@) Gregori mendesain, membangun dan melakukan instalasi sendiri sebanyak 25 komputer yang dioperasikan lewat koin di kedai-kedai kopi di area San Francisco Bay. Terminal (komputer) yang disediakan tersebut terhubung dengan 32 Bulletin Board System yang menyediakan jasa elektronik semacam FIDOnet mail (yang pada tahun 1992 disebut juga dengan Internet mail). (*)

Konsep dan nama Cybercafé ditemukan pada awal 1994 oleh Ivan Pope. (E) Saat ia ditugaskan untuk mengembangkan event internet untuk pekan seni di Institute of Contemporary Arts (ICA) di London, ia terinspirasi oleh SFnet cafe. Kemudian Pope menulis proposal yang berisi tentang konsep sebuah café dengan akses Internet dari meja-meja. Event tersebut berlangsung pada akhir pekan pada tanggal 12-13 Maret 1994 bertepatan dengan event ‘Towards the Aesthetics of the Future’. :-)

Pada tahun 1994, The Binary Cafe, Internet café pertama di Kanada dibuka di Toronto, Ontario. (L)

Setelah itu, mulai banyak variasi cafe yang berdasarkan Cybercafé yang ditemukan oleh Ivan Pope, seperti CompuCafe di Helsinki, Finland yang menggunakan robot sebagai penjual bir. (B)

Sebuah varian lain dari Internet café dinamakan PC bang (mirip dengan multiplayer game online) yang menjadi populer di Korea Selatan ketika StarCraft dirilis tahun 1997. (C) Walaupun harga komputer dan akses internet saat itu mahal, namun banyak anak muda yang pergi ke PC bang untuk memainkan game multiplayer.

Internet Cafe modern

Keuntungan Warnet

Keunggulan warnet? Wah banyak banget ya, antara lain:

  1. Kita bisa bertemu dengan banyak orang (terutama waktu main game online ya) (H)
  2. Kita juga bisa menikmati makanan dan minuman layaknya saat kita pergi ke kafe atau resto, dengan pasangan atau dengan teman. Pasti seru dech. (*)
  3. Kita juga bisa menikmati koneksi internet yang murah meriah daripada kalo kita masang sendiri di rumah, belum biaya listrik, koneksi internet, abonemen, komputer, dan juga modem untuk terhubung ke dunia maya tersebut. :-O
  4. Terakhir, kita bisa browsing, facebookan, twitter, main game online, download lagu dangdut, mp3, ngecek postingan forum, download software terbaru, tapi jangan dibuat download video porno yach. ;-)

Kelemahan Warnet

Klo bicara tentang kelemahan, banyak warnet yang belakangan disalah fungsikan sebagai tempat mesum dengan bilik tertutup. (K) Ini menjadikan warnet jadi salah satu sarang prostitusi terselubung. Ini juga yang menjadikan banyak video seks yang beredar yang berpusat di warnet-warnet, dari persebarannya sampai dengan download video mesum tersebut oleh pengguna warnet. :-S Selain itu, warnet game online juga banyak menyita waktu pelajar untuk menunaikan kewajibannya sebagai pelajar (nggak salah, main game mulu sich). (O)

Klo nggak pinter-pinter bagi waktu, ntar salah-salah kita malah tersedot untuk hidup di dunia maya dengan twitter, facebook, dan game online yang menjadi pergaulan kita sehari-hari. (H) Sosialisasi dengan orang lain perlu lho. Paling gampang sih sediakan waktu untuk browsing, facebookan, atau main game online hanya untuk mengisi waktu luang aja di kala liburan, jangan tiap hari, OK? ;-)

Semoga artikel panjang tentang pengertian warnet ini bermanfaat. (Y)

Chee-U .^_^.