Profil Enda Ungu

Enda UnguProfil Enda Ungu – Franco Wellyjat Medjaja Kusumah bakalan dikulik abis kali ini. (K) Yupzz, buat para pengagum Gitaris Ungu Band, jangan ketinggalan buat nyimak biodata, foto dan juga gosip Ungu selama Enda berkarir di dunia entertainment.

Yang pengen kenal sama Anak Istri Enda, silahkan intips berita selebriti kali ini ya. ;-)

Biodata Lengkap Enda Gitaris Band Ungu :

  • Nama Lengkap : :-) Franco Wellyjat Medjaja Kusumah
  • Nama Beken : Enda
  • Tempat Tanggl Lahir : Kudus, 4 Maret 1978 (O)
  • Bergabung : 1996
  • Posisi : Gitar 1
  • Alat yang dikuasai (8) : Gitar Schecter
  • Pendidikan : Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi
  • Profesi sebelom Ungu : Pengamen bus ;-)
  • Tinggi/berat badan: 178/62
  • Kriteria cewek idaman: Lucu
  • Musikus Favorit: Joe Satriani, Doel Sumbang
  • Warna Favorit : Biru, Kuning

Ungu

Enda punya andil besar dengan kebanyakan karya Lagu Band Ungu. (8) Gitaris yang juga pencipta lagu ini mampu membawa grup yang juga digawangi Onci ini sebagai band papan atas. (*) Tapi, Enda menampik kalo hanya dirinya yang berjasa. Menurutnya, Ungu adalah satu kesatuan.

“Kesuksesan kami adalah karena berada dalam tim yang solid dan saling mendukung. :-D Skill urutan berikutnya,”

“Sejago-jagonya gue menulis lagu, tak akan bagus tanpa dinyanyikan Pasha, (H) kalau drumnya tidak ditabuh Roman, dan bass bukan dibetot Makki, dan seterusnya, “

Bakat Musik pria berzodiak Pisces ini sudah terlihat sejak SD. Dan saat duduk di bangku Junior di Manado, Enda berani membentuk sebuah Band (Y) meski belajar musik secara otodidak dan membawakan lagu ciptaan mereka sendiri.

Tahun 1998, (O) dia bertemu dengan Sigit Purnomo Syamsudin Said usai ngamen dari sebuah bus di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan. Saat itu, ayah 3 anak ini cerita kalo mau ikut audisi sebagai vokalis (8) di sebuah band bernama Ungu yang punya website www.unguband.com, yang saat itu bermarkas di Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan.

“Kami kenalan dan langsung akrab, meski tidak pernah ngamen bersama,” :-P

Enda Pasha

Hasil audisi, Pasha diterima sebagai vokalis di band yang punya judul Album Maha Besar ini, sedangkan Enda ditawari menjadi kru. (C) Tanpa pikir panjang, Enda bersedia, meski honornya hanya Rp 13 ribu untuk sekali manggung.

“Itu kalau mereka mendapat bayaran manggung Rp 150 ribu. Kalau Rp 50 ribu, gue tidak terima uang sepeserpun. (I) Tapi itu yang sering terjadi. Gue cuma dapat makan doang. Padahal, gue satu-satunya kru yang melayani keperluan lima personel Ungu, :-) mulai dari mempersiapkan peralatan, termasuk nyetel gitar, dan pernik-pernik lainnya.”

Pengalaman menjadi kru dari band yang digilai Ungu Cliquers ini malah membuat Enda makin mahir menggunakan banyak alat musik, terutama gitar. ;-) Biasanya, Enda berlatih memetik gitar dari malam hingga pagi hari.

“Di saat itu personel Ungu tidur, gue baru bisa meminjam gitarnya,”

Enda lantas mengisi posisi gitaris setelah Ekky memilih mengundurkan diri. (H)

Foto Istri Enda : Eka Wilestari

Jalinan cinta Enda Ungu dan Eka berawal dari Friendster. (E) Awalnya, musisi bernama lengkap Franco W M Kusuma ini ngaku tertarik sama foto Eka yang terpajang di FS nya. Makanya, gitaris asal Kudus ini langsung ngajak kenalan.

Eka yang hobi chatting sendiri awalnya ga’ begitu tertarik sama perkenalan yang ditawarkan personel Band Ungu ini. :-S Wanita kelahiran Maret 1983 ini justru sedikit jaim dan rada sombong. Tapi, sikap ini malah bikin penasaran.

Istri Enda Ungu : Eka Wilestari

“Dulu kita dekat, tapi yah sebagai teman aja sih, kadang suka jalan, nonton, pokoknya bareng kemana-mana, ya otomatis lah cinta itu tumbuh kali ya,” :-P

“Iseng aja buka-buka internet, terus chat kan kenalan, ketemuan, jalan bareng. (D) Orangnya sama cantiknya kayak di internet,”

“Jutek banget waktu pertama kenalan (W) , abis chatting. Yah, namanya lelaki, ceweknya angkuh, bikin makin penasaran, pengen kenal lebih jauh”

Diawali jalan bareng, pasangan suami istri yang beda usia 7 tahun ini akhirnya mulai tertarik dan dekat satu sama laen. ;-) Cuman, yang lucu, mereka malah ga’ tau kapan tanggal pasti Jadian alias Pacaran.

“Yah, tepat tanggal jadiannya, kita gak tau yah, Yang,”

Enda dan Eka Dwi Lestari menikah tanggal 17 Desember 2005. (L) Pernikahan ini digelar meskipun belom genap setaon sejak pertemuan pertama mereka.

Nama Anak Enda Ungu : Azahra Leona Lucida

Tanggal 16 Agustus 2006, (O) anak pertama Enda dan Eka lahir di Rumah Sakit Gading Pluit, Jakarta Utara. Bayi perempuan yang lahir melalui operasi caesar sekitar pukul 09.00 WIB dengan bobot 3,4 kilogram dan tinggi 50 sentimeter itu diberi nama Azzara Leona Lucida. (F)

Anak Enda Ungu : Azahra

“Suatu pengalaman yang tidak bisa dikatakan dengan kata-kata,” :-D

“Sekarang sih belom ada yang planning buat si kecil, tapi kalo mempersiapkan untuk jangka panjang nantinya, pendidikan ya mulai nabung aja. (I) Cuma kita sih berharap, anak kita bisa jadi anak yang saleh,”

Enda Gitaris Ungu Mantan Pecandu Narkoba :

Mahir bikin lirik dan arransemen musik (8) ternyata ga’ membuat Franco Medjaya Kusuma merasa sempurna. Ada sisi gelap yang dengan besar hati diakuinya pada publik, pernah kecanduan narkotika dan minuman keras. 8O Sejak masih duduk di bangku SD, Enda sudah akrab dengan Miras sejenis Nipam. Dan, saat di SMP, dia beralih pada Ganja dan Morfin. Mulai SMA, dia mulai mengkonsumsi putaw, dan berlangsung cukup lama sampai akhir 1999. (O)

“Itu sisi gelap gue, :-( yang sering membuat gue malu dan sering membuat gue teriak kalau ingat masa lalu,”

“Waktu SD, gue sering pulang malam dan temen-temennya itu anak-anak SMA,” (H)

“Pernah nyaris ketemu ajal. :-[ Tapi tidak mati juga, dan itu sampai tiga kali,”

“(Menunjukkan bekas sayatan di tangan) Bekas beset ini, tak lain ulah dari keinginan tahu gue mengenai rasa sakit. :-$ Apa rasa sakit itu nikmat apa tidak. Dan waktu itu memang nikmat yang gue temuin,”

Enda Pecandu Narkoba

Saat Enda memilih hidup mengamen di Jakarta, (8) dia ketemu Makki dan Pasha Ungu yang menyemangati dan memberinya motivasi buat sembuh.

“Waktu itu gue ketemu mereka dan gue iri banget sama mereka karena badan mereka lebih terlihat sehat. :-$ Sementara gue, gitar saja sudah ngak punya. Dan gue, dijanjiin sama Maki, (C) kalau lu sembuh, lu akan gue kasih gitar dan effectnya sekalian,”

“Waktu itu, :-S gue merasa lebih sehat dengan mengkonsumsi putaw dari pada makan nasi.”

Enda pun akhirnya membuat pengakuan bahwa keinginannya untuk berhenti terwujud saat dia mengambil air wudhu. (Y)

“Dan ajaib dengan air wudhu gue sembuh tanpa kedokter,” :-)

“Yang paling gue sesali adalah gue membodohi ortu. Gue yakin ortu akan merasa gagal mendidik gue, ;-( padahal tidak. Dasar guenya saja yang bandel. Dan ini yang paling gue ingat-ingat. Apapun yang gue berikan kepada ortu saat ini sepertinya ngak bakal menutupi kebaikkan mereka,” (H)

Gosip Enda Ungu dan Merry Putrian :

Pernah ada selentingan yang beredar soal hubungan Enda Ungu dan presenter keturunan Tionghoa – Betawi, Meri Putrian. (L)

Bahkan salah satu media sempat membuntuti hingga ke kontrakan Mery dan mendapat konfirmasi dari pemilik kontrakan yang juga Ketua RT yang membenarkan kalo Enda sering dateng lewat pintu belakang rumah. :-O Enda dikabarkan sering meninap di kontrakan Cover Girl Majalah Mode 1995 itu.

Enda Ungu dan Merry Putrian

Konfirmasi Eka :

“Aku percaya sama dia. (F) Meskipun aku nggak pernah mengikutinya ke mana pun dia jalan konser,”

Klarifikasi Merry :

“Nggak kok kita berdua cuma temen biasa aja. Ada kerjaan bareng sehingga kita sering jalan bersama. ;-) Pokoknya komunikasi dengan Enda sebatas kerjaan, ”

“Nggak pernah ketemu sama istrinya. (H) Paling sama Enda aja. Dia (istrinya) tahu apa yang gue lakukan sama Enda. Jadi nggak perlu ada yang ditakutkan,”"

Komentar Enda :

“Dengan adanya gosip ini, gue jadi malu kalau mau bergaul. :-$ Bisa dibayangin kalau seandainya di posisi gue dan diberitakan begini. Gue jadi nggak pede (percaya diri) kalau mau bergaul,”

“Kita nggak curiga dengan siapa pun, apalagi dendam. :-[ Kalau gue pikir-pikir orang itu niat juga sampai mengikuti gue pergi. Tapi, sudahlah. Buat gue, ini pelajaran supaya lain kali gue lebih hati-hati,” :-)

Uda kenal khan sama Franco Wellyjat Medjaja Kusumah alias Enda Ungu. Nah, dengan begini, kalian bisa makin ngerasa deket dee ma idola kalian. :-D

Chee-U .^_^.

  • RINDY CLIQUERS

    (U) minta’fotonya donk, (^) met ultah yaaaaaaaaaaaaaa
    q anak IX H PENGEN DONK ungu konser di (8) smp n karangawen oooooooooooooooooooooooook!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! (Y)

  • JIHAN MADDANIAH

    kapan anak-anak ungu konser di pandeglang w fans kalian banget thu,w seneng banget ama gaya kaian semua.
    salam kenal dari w y.
    lUuPpPhHh U…………………………. (L)

  • midah medjaja miraldy

    hyy xa”….. (*) (U)
    que ngefensss bgt ma xa’…..

  • vie_niez

    hy kk. . . . aq fanz bgtz ma kk. . .
    jng lpa reply coment aq yupz. .
    :-)

  • agus prasetyo

    hi qaq enda!!!!!!!
    kpn2 kncer ke boyolali dumc …………………..
    ta’ tnggu hlo bnyak bgtc eank ngfans 5 qaqa……..
    owc ea salam ea bwoat percunil’ ungu dha……………

  • agus prasetyo

    hi qaq enda!!!!!!!
    kpn2 kncer ke boyolali dumc …………………..
    ta’ tnggu hlo bnyak bgtc eank ngfans 5 qaqa……..
    owc ea salam ea bwoat percunil’ ungu dha…………… (U) (C) (&) (E) (K)

  • dwie

    ka q ngefens bgt ma k2……………….ka2 tuch mirip bgt cowo q,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  • http://www.unguband.com gita cutesz

    hai lam knal aQ gItA dRI bali Q ngeFAns BgT mA kk ENDA KPn sIch mGGung kE baLI Lagi mANG sicHG WKtu nie udh tP Aq Gx sMPet noNton ,klo mzalna ungu manggung kbrn aq ea,kk EnDA mkin cuakep aza dech….

    i love u and i miss u fuul..
    pkokna bwt Ungu mju Truzz dech..
    salam ungu cliquers”

  • dyeanizlamia

    a6an9 ,,, caem amt che …………….
    (U) (U)

  • Citra Nur Arini

    hy ka’ enda………………
    q ngefenz bgt lho ma kaka’
    q pux byk ft kaka’
    kaka’
    kpn ke sby lg?????????????
    :-)

  • risma yanti

    haii
    enda att gue di fb dong

  • vocker

    (G) (*) kagum bgt ‘ma enda ungu (Y) bsa mNyeimbangkan aNtra karir & kluarga

  • Ririe and Rara

    Hallo Kk ungu,kita ma kalian ngefans bgt ma kalian lho!Ririe ngefans ma k Enda,klo Rara ngefans ma k oncy,pasha,enda.Udh dlu y k entr kita ngorol2 gy y ka! (Y)

  • khie-khie

    psha ganteng banget si!

  • youdi seiverd

    bisa ga saya jadi krunya bang enda….???soalnya dulu sejak di unsrat saya udah sempat kenal bang enda,,,,sya juga penggermar ungu…truzz saya juga pingin belajar gitar sama bang enda….hehehee

  • JATFITRI VEDA JANUARITA

    ASSALAMU’ALLAIKUM WR. WB.
    WEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH
    HHH………………
    SUNGGUH HEBAT BENAR,
    TAPI JANGAN MALU LAGI, DAN JANGAN INGAT MACA LALU YA KA”’,
    OH YA AQ MAU KENALIN MEN Q NAMA X MELLY, IVANA,MIRANDA,RAHMA,HANNY,DLL
    MEREKA TIP PCAN MA AQ TUK DI CAMPAIKAN TO KA’ ENDA
    SUKSES TRUZZZZ YA KA’
    OLD THE BEST YA KA’
    KAPAN2 KONSER GI DONKKKKK IN D KEDIRI,JATIM
    ASSALAMU’ALLA IKUM WR. WB. (&) (L) (L) (L)

  • nur kholifah

    ka kamu koe ganteng,,,,,,,,,,, cye,,, :-D :-D

  • dewa

    enda teruz lah buat lagu2 yang baguz,so gw ng’fans bgd sm fermorman dan penampilan gaya lu,,,?salam dari ungu cliquers tangerang city…? HIDUP UNGU AQ DISINI TERUZ MENDUKUNG MU SAMPAI AKHIR HIDUP QU.?_KIDD+ROCK_

  • yashinta dea ilmania

    kak enda aku ngfenz banget ma kak enda (L)

  • jatfitri veda januarita

    woooooouuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……………………
    krn cuyy….
    knlan donk ka’
    hub aq ya in no hp q : 085755810293
    ka’ q nag kediri ,jatim
    aq mau tanya am ka2′:
    -kapan konser in d kediri?
    -kapan ngadain jumpa pers /fans ungu cliquers di kediri?
    -mau gak klo ke kediri wa anag n u wife?
    -boleh gak mnta no hp ka2′?
    -boleh gak tanya ttg u misalx almt mah?
    assalam mu’allaikum wr wb

  • nuriah

    Hai. . . Enda. . . :-) aku fans beratmu banget. . .nget. . .nget.
    sayang kamu dah punya istri, klu belum pasti pengen daftar. tau ga. . . .? aku suka semua tentang dirimu. . . !!!

  • DiNa

    mOgA sUkSes SllU yaH..
    wE loVe YoU

    DinA_cLiQuErS
    (L) :-D (F)

  • mery

    (E) sayang anak selalu (L) (*) :-D

  • adit

    keren juga nh..

  • Widiya Tria Putri H.

    wow……….kak Enda N’ familinya rukun buangets!!!!!!!!!sebenernya aku juga ngefans buanget a5 ungu lohh!!!!!terutama a5 kakak!!kakak 2ch keren abizzzz!!!!!!!! :-D (*) (Y)

  • aniez

    jangan menyerah :-) untuk mendapat hasil yang lebih baik, dan ciptain lagu2 yang bagus dan keren buat semua cLiQuerS yang ada di seluruh wilayah Indonesia ;-)

    Dari: cLiQuerS :-)

  • lasma

    ya ampun setelah w ngebaca profil enda w makin ngefans….
    walaupun enda pnah make putaw atw segala macem …w tetep suka ma enda….
    pa lg pas enda naik haji…ktauan bgt orgnya penyayang …masa pas dipesawat nangis karena kangen ama anknya…
    so swett dehhhhh

  • veisha

    k’enda…………

    kpan n3 ungu mo konser dibatu……

    q suka banget loch ma ungu….. :-) (L)

  • http://qudsiyyah.com ef en

    gue kagum ternyata Band yg selama ini gue & orang banyak sukai ternyata personilnya ada yg dari Kudus (tempat aku dilahirkan dan tinggal).. wlupun awalnya aq kaget n penasaran banget (“siapa sih ?”)
    makasih…

  • http://qudsiyyah.com ef en

    eh kelupaan..
    mudah2an Ungu Makin Jaya..
    SEMANGAT !!! (Y) :-) (L)

  • rHeghIenea

    qew fans bgt ma k’ enda,, qpn manggung d’balikpapan ?? (8) (8) ,, ;-) , (K) (K) (K) (K) (K) (K) (K) (K) (K)

  • ovie

    aIiI. . . . kA’ eNdA…………. phA kBR.nA niCh………..

    aQW nGfAnS bNGt lHO mHA kA”………

    kPN nECh k sUrAbAyA…………….

    t’K tNGGu y, kA’……………. (

  • yayu nha ungu

    duh k enda ank’y lcu bgd… k pasha am k enda fto nha lcu bgd che..! aq ngfans bgd am ungu pha agy am k pasha’y l0ve u ungu …cliquers the best

  • tities

    alow,,,,,,ka’ enda’………..pa kbar ka’,.,.,.,.???aq ngfans (L) bngt ma ungu lho.pa lg ma ka’ enda,,,,,,,,,,,
    moga ungu mkin sukses ;-)

  • http://enda@unguband.com LUSI

    k enda g mna nich kbr x?Q ngfnz bngt loe m k2,,,,,,kpn2 maen donk k skabmi,N PKO X smngt trzzzzz yach (K)

  • ewind

    ayo om enda yang smangat dalam hidup….
    jan ngerasa minder dehh coz masih bnyak yg hrs d lakuin,,
    jan d jadikan pnyesalan kgagalan yg lalu…
    jadikanlah sbagai keberhasilan yang trtunda…..

    gud luck y bwd band ungu…..
    moga tetep axiz………. :-)

  • ROUDHOTUL FIRDAUS C

    SEMOGA GRUP BEND UNGU TETAP BISA BERJALAN N SUKSES OC……………………………….???????!!!!!!!!!!!!!!

  • thata

    endaa….
    smangaaaat

    smoga ungu sukses

  • Yashy

    Enda km kern bgt.demi liat ungu aku rla begadang wlaupun bsk ujian smestr.pokokny ungu is the best

  • Ary stm sblast

    UN9U love You forever
    bt k’ enda trus b’krya yh.
    Lagu2nya super qrend
    k’enda 9w nge fans bget ma k’enda dan Un9u
    love you un9u

  • tyka

    wadooooooooooooooowh…..
    kak enda mang hebad.tika ngefans bgd ma kak enda…

  • riska

    kak enda. ku nge fans bngt ma kak enda.

  • edo

    enda
    gue ngefs ma qmu
    qw mo mnta fb xa doang

  • vina

    ae kak,

    nie q vina dr gresik .

    kak, ungu kpn k gresikkk

    (K) (K) (K) (K) (K) (K) (L) (L) (L) (L) (L) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) (*) (*) (*) (*) (*)

  • putra

    hallo boleh bergabung ga????? :-D

  • adhe iim

    kak enda….. nG’fANzZZ bGD MA k2,, Qra2 kPAnd NC sHow D’TAngerANG???? (H)

  • toya

    bang enda gw pengen ketemu sama lo….
    kehidupan lo sma banget sama kehidupan gw …
    gw suka gaya lo bermain gitar bang enda….

  • karno

    ciptakan lgu2 buat ungu yg terbaik……..yach……………

  • Icha

    hy ……..
    lchu amat sech ma k’ Pasha………….
    cha ngfen bngtZzzzzzz ma UNGU ,,, kpan UNGU k Karimun????????????? (L)

  • ruli

    kak persoNiL UnGu kPhN kE NGanJUK ??????
    Qw nGeFaNd baNGeT mA unGU,,,,,,,
    SalAm Dr rULI (L) (L) (L) (K)

  • mhey

    ae k’enda,,,, konser d gorontalo donk…. :-$
    slm y ama k pasha….. moga mslhx cpt slesai !!!!!! :-D

  • iva_ny aditya putri shakinah

    kak Q nG-fAns bGt 5 Kak EndA Jg bKn laGu Lg Ya kAk kLhn tuH bAnd jmn skrg Yg Lg’a gA b’Mutu

  • toya

    ungu kapan neyh k`utara lagi ????

  • aspari cliquer’s

    Buat ka ungu terutama ka’enda,pasha & onci saya ngefans banget sama kalian kpn kalian akan datang ke makassar lagi, btw kirim donk no.telpx ke 085299797021……….. salam manis dari aspari……. good luck…

  • dhika

    kAk nE qW dHiKa dI hR.mUHaMaD (sBy).
    bWt kAK eNDa,kOq cKEp bGt cHE. . . (K) ?qW LoE sMpEk nGEfaN^s bGt mA kA”k. (F)
    kAk rAHaSiaX bYr cAkEP tyUZ tHU pA,cZ qW pEnGiN cAkEP kYk kA”k. . . ?kAk,qW LoE pEnGiN bGt kTEmU mA kAk eNDa gE,cZ kLo kTEmU kAk eNDa g^nGEbOsEnIN. (L) (L) (L) (L)

    i LovE yOu FulL fOr kAk eNDa.

    by: dHiKa_cLiQuEr^S (L)

  • Ririn

    UNGU kpan ? konser di tangerang serpong?? ;-(

  • imron

    qRen aBezzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  • nenda

    uuuuhhh abankk enda kren bgd cee qm………..>>>>

  • iaz

    kaq enda,,, k2q tuccc qreend ngedh

  • iaz

    uEiYY k2k” ungu cMwAhhh …
    bDww kPhaNd nUey mAend k CrbAyA gEeE???? :-)

    kAg EnDa qw nK.faNzzzzt nGedH aM k2k ..
    kAq qw LeCh gUg mNta nUm k2k??

  • hanna

    abangggg enda we love you ……
    we like is my song and you handsome ….

    cliquers bekasi and all cliquers indonesia….

    we love enda ‘ungu’..
    *FRANCO MEDJAYA*

  • BERLIANTY FAUZIAH

    enda ittuu ganteng banget and ku suka banget sama bang enda…

    cinta mati sama ungu…..
    we (L) ungu
    i (L) cliquers
    :-D

  • eka sary

    hai kak enda nie aq eka q ngfans bngettttttttttttttttttttt ma kamu

  • eka sary

    kak enda kran k,lamongan? Q nGfaNs bNgeeeeeeetttttttttttttttttttttt

  • sari

    kak endah ku ngefens buanget nuiy ma ungu kapan ungu ke malang kak ku minta alamat fb nya dunks ?? …… (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L)

  • Ielhaa

    Kak enda, akuh ngevanz bnged ama kak enda .
    Mntaa alamat Fb’nya dongg !!

  • eka sary

    hai kak enda ? nie akyu eka kyu ngfaNs bUangeeeeT ma kak enda , kak enda kapan ke lamongan ? :-) :-) (L) (8)

  • eka sary

    kak, , suara kak enda die lagu “badai kini berlalu” kren bnget….. kak skali” pDa wktu konser kak enda donk yg nyanyi ! pliz! suara kak enda kan enak,,, aq tngGu yach, (L) :-) (*) :-D

  • eva

    ksahnya menyentuh hati,seru dan romantis bggggggggggttttttttttt

  • dina

    kakag……..
    aku ngefens loh ama kakag.. (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) :-) :-D

  • adinda

    kak enad..
    ku mo nya ko’ yang slama ini yang slan\ma ini yang main gitar melodynya oncy mllu kan g; enak ..enakan kak enda///…

  • marlina

    kak enda,,,q ngefans banget nich ma ka2k,,,,,,,
    kpan2 dtng dunk ke pekanbaru,,,,, q bnyk koleksi foto ka2k

    I fans EndA 4-Ever

  • marlina

    (L) (L) (L) : love with ungu cliquers

    :-) :-) :-) : keep smile for ” eNda ”

    (8) (8) (8) : I love music

  • eka sary

    hai kak enda!!! gi ngpa nie, kag q ngefans bnget ma ka”g n kpan k. lamongan ku tunggu……… good luck! (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L)

  • yusuf mulya

    kak enda kak gua ngefans banget…………….sama kak enda?????

  • http://february indah_shary

    ka enda gnteng bangeeeeeeeet…………..
    aq indah d’bekasi kpn mw mnggung d’bekasi……………
    aq ngefans bngt ma ungu terutama ma ka enda……..
    salam aj wat ungu ‘N sukses slalu

  • ria

    kak enda. . . . qu ngefans banget ma kakak (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) :-D :-D (*) :-) (*)

  • nieZa

    hiX………………………..hiX……………………
    Enda cuaeeeeeeeeeeeeem bangetZ cie….

    aQ nGe-fans bangetZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ma kamu temen” Qu ju9a banyak loch yang nGe-fans km juga ampe” aq ma sohib qu bkn nama CIDAHA (onci enda pasha)……….

    lucu bNGGGGGGGGGGGGGGGGGtz……hehehe….!!!!!!!!
    thaX’y enda I LoV U…………. :-) (L)
    smoga sukses sLL ya bwt UNGU BAND

  • puput

    kak enda manggung dong. . . . ?ndek jmbang
    kak enda I LOVE U (L) :-) (*) (F)

  • http://enda@unguband.com narzzzizzzzz gankkkkkkkkk

    hai hai hai ka enda met ultah yua,moga panjang umur sehat slalu,and makiin sukses ja wat band ungu amiiiiiieeennnn and jgnt lupa bikin album baru agie yua,oia ka enda biasa x low liburan ska da acara kmna ja nui,bagi2 donk crita x :-P ;-) ?

  • yEcHi EnDaiia MeDjAja

    abank meud uLtah yyua…
    cMoga TmBh… qUeRRen.. Dan TmBaH LnCr ReZeKy’y.. aMieN..
    qUw SkA bNgEt Ma UnGu…
    PkOk’Y ABaNk TrUs bKiN lgU yAnG mNyAyaT hTi yUUA…
    qUw tNggU lGu TRbRuNyA yyuA….
    lOvE yOU aBaNk… (L) (L) (L) (F) (F) (F) (F) (F) :-) (F) (F) (F)

  • zEeaLl uyEe

    kak eNda qUe ngEfanZz banGetZZ ma ka”Gh,, kpHn uNgu k sUmeneP madUUra?? (H) :-O (U)

  • Qfly

    i loVe u
    aQ nGeFanS bRat m Kmu

  • thoyank cliquers 100%

    kak enda :-) qu ngfans bgt ma kakak, lho……”
    kakak enda tuu.. ganteng, imoet, dan yg paling q suka kakak maen guitar’y keren ……. trus lagu2 cipt. kakak , semua’y sgt menyntuh aq bgt …….. I LOVE YOU (L)

  • shara

    ka enda aku ng’fans bgd sama kk n un’8′u ,,kapan nih kk sama un’8′u manggung d’daerah cilandak ?? :-)
    d’tunggu ia ,, (K) (Y)

  • CiNdY wAhyUn!

    ka’ q nGe_fAnZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ Buanget AMA you tau ga????????? :-S
    yOu ntU Guant3nGGGGGGGGG buangettttttttt! :-O
    oh ya q lupa q mau ucapin (G) ke ka2. MaV yA telat! (*)

    I Lov3 UUUUUU

    C!ndy (L) End4

  • MAYA

    ppa lggi w… bgdd” ddh ma enda ungu ..
    luph u pull ddh pko’a..

  • novi

    kak enda kpn k gresik q ngefens bgetttttttttttttttt ma kak enda (L) (L) (L) (L) (L) (L) :-) :-) :-) :-) :-)

  • Eci abdillah napasha khusuma

    endhaaaaaaaaaaaa …..

    kau mimpi2 quh …
    cnta giLaquh …
    hnya pdamuh …
    hanya kau bLahand jiwa …
    cnta membara tiada tara …..

    wa thay lu … (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) :-D :-D :-D :-D :-D

  • http://yahoo.co.id lia

    kak enda klo main gitar ok bangeeeeeetttttttttttt. n paling bagus se indonesia (L)

  • anie mute

    ka’

    anie rue tau3 ………

    klo0o0o0o0 tng9alll

    lhir ka” tan9gl 4 maret

    n kaphan ka” man9gung9 die jakarta timuer

    (L)

  • piet2

    hoo0. ka” endha”

    mofff…../ yaeeeemmm

    pier3 brue n9uchaphin

    meeeet..”” bertday mae ” kea enda

  • chuznoel

    aqw ingin ungu dtang ke sbya lg, tp gag di jtv. tp di rungkut, tew kand..???
    kak, aqw ingin buangeeeeeeeeet ktemu kakag, kakag kecini donk…

  • chuznoel

    aqw ingin ungu dtang ke sbya lg, tp gag di jtv. tp di rungkut, tew kand..???
    kak, aqw ingin buangeeeeeeeeet ktemu kakag, kakag kecini donk… (L) (L) :-) :-D ;-)

  • riima

    k’enda keren beth kl0 gy main gitar …. :-)

  • prety

    kak enda Q n9efenZz bangettt ma k”,,,,tmn2 Q juga ngefenz ama kmu2……………………………. (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L)

    (L)

  • ER

    K Enda, Q g psing mkrin ni d gsipn tu d gsipin.mndngn mkrin K Enda ja ya!!!coz K Enda tu stia ci ma istrinya.oh ya yg pntng Q mau blng I LOVE YOU SO MUACH (L) (L) (L) (L) (F) (F) (F) (F) (F) :-) :-) :-)

  • gLOrIa aNd INtAn

    hy.,.,,.,.,.,

    ka Aku mA nAmEt2q NGe fAnsSs bUaNgeTSsSSsS
    Ma Ka eNdA..,.,.

    KpN nhI dTg Ke MaNaDo.,.??????????? :-) (L) (L) (L) (L) (L)

  • http://ahdanraga@ymail.com raga

    kk enda main donk ke cibubur,,,,, ;-(

  • Andrian

    enda keren abis……..

  • lia

    hy kak enda kok tmbh gnteng ja nic (L)

  • desi

    enda slm bwt uki peterpen ya …. thanks (L)

  • desi eka rahma tika

    kax enda ti2p slm bwt anax peterpan ya …. (L)
    :-]

  • http://www.unguband.com ersa

    akk ng.fens… bgetzZ 5 ka2G (L) (L) (L)

    kA2g 2 iMoetZz bGetzZ C…….

    WE LOVE U FOREVER….. (L) (L) (L)

    mGa uNgu baNd mKin aXizZ….

    Zlam uNgu cLiqUerZz… :-)

  • ichamaniez

    q fans berat banget pasha ungu

  • via

    bang eNda kWerEn bNet gyA’A cING . .. (L)
    zMga bAng eNda sLU sUkseS N aweT zM istrI trcINTA .. . (Y)
    (K) (K) (K) (L) (L)

  • hanna munira

    kak pasha kapan si ke pekanbaru gue suka lagu-nya yg cinta gila gue ngefens banggggggggggggtttttttttttt cma kak oncyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy,,,,,,,,,,,……….///////////// (U) (U) (U) (U) (U) (U) (U) ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-(

  • ans.angel

    minta alamat rumahnya dong…aku bkan teroris lho.. Tq (*) (*)

  • lailli

    uih trnyta prjuangan & lika – liku prjlnan mamaz enda kyk gtu toh……….
    ku salut dech 5 mamaz enda yg ga cma jdi idola aza wat k tp jga jd motivator & smngat wat ku :-)
    hebat dech mamaz……… :-P
    sukses ya maz……. :-D

  • riris

    kak enda………………Q NGEFANS BWANGETZZZZZZZ MA KAKAK…I LOVE YOU FULL DEH POKOKNYA……..TRUZ BIKIN LAGU2 YG KEREN YACH….Q SUKA BWANGETZZZZZ MA UNGU…..

  • LIA

    Kak endaaa kpn maen pemalang (comal city ) (L) (F) :-)

  • Mira

    (P) Ka’ enda ak ngefans bgt ama km ak jg orng kudus sumpah mas kepiye kabare kapan koe manggung ning kudus eneh, tak tunggu lho mas, mis. ono konser ning kudus ak pesti ndelok koe trs lho mas

  • neng pasya

    ka kapan manggung lagi di bandung aku nge fanz bgt am ungu

  • titik

    aq ngfns bnget ma enda (L) (L) (L)

  • Dea rizki

    kak,, q ngfns bgt lho ma kak Enda.Solanya kak ENda itu GANTENG BANGET…

  • yunie

    ka enda ambum bru.a kpan kluar agge neee???aq tnggu smua lgu cipta.n kaka…hmmmm

    tpi kaka yg nyanyi suet ma ka pasha,,,
    0k…aq tnggu Lh0…. :-) ;-) ;-) ;-)

  • rezty

    ka enda ma”f yea wkt ultah ka enda q ga zmpet ngucapin soal’y bnyak tugas skolah

    do’a dr q moga zukses aja m band’y

    moga di kzih rizki yg bnyak aja

  • http://www.unguband.com cenis imoet

    bwt kakak2 personil ungu moga sukses sllu n aq ngefennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnssssssssssss bangt ma ungu cliquersssssssssssssssssssss. kak kpn ke surabaya??????????????????????????????? (U)

  • glOrIa AnD VirGIn

    kk paSHa……………………………………….
    Aq……….nGEeeeeeeeEEfeeeeNSSSSSSSSSS BuAAAAAAAAAAnGeeeeeTTT Maaaaaaaaaaaaa
    kk :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

    kAPannn

    nHIIII DtnG Keeeee mANadOOOO??????????? (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L) (L)

  • ruvi

    aduuuuuuuuuuuuwwww ka”k gguuuuuuuuaanttteengg bbbuaaaaaaaannngettzzzzzz dech……………kpn UNGU manggung di GRESIK(JATIM).TAK ENTENI(TAK TUNGGU)………

  • fitrii

    haii ..
    kaa endah , yg guanteng pa kbar nuii .
    smakin hri smakn gnteng ja nuui ,,

    kpn nii , kluar.in album baru ,,
    qyu tungu yaa .

    o’ ya q do’a.in smoga ungu smkn sukses .
    n kaa endah smkn gnteng n ocee .. ? :-D

  • Hanik sururiyah

    assalamualaikum w.r.w.b

    Hallloooooooo ka’ pasha

    aq ngefeeeeeeeennnnnnnnnnnnnzzzzzzzzzzz bangetttttssssssszzzz ma ka’ pasha

    ka’ kpn kakak k rmh q d daer zby d jln gresik greges barat perumahan citra graha mandiri, blok E06 n
    kakak kpn konser d zby aq tunggu lochhh????

    kak aq mau mnt nmbrx kak pasha donk aq jnji tdk akn ksh k cpa aza meskipun sahabat aq, aq gag akn ksh, n klu kakak gag prcya kakak leh bnci aq slamax aq rela
    kak nich nmbr aq 081357718677
    kak pasha I LOVE U :3:3:3 :):):)

    kak pasha adalah cnt prtma q

  • nha

    qk enda respon dunk …………?!
    kpn gie knser di newpkn,,,,,
    aq fans brat q2k lho ^_^

  • Pipeh Cliquers

    kak Enda ,, Aq ngfans bngettttT smaa KKak … (L) (L) :-D

  • nHa

    hy qk gie pha????
    ara you busy ?????????
    aq fans brat q2k and so I want your foto, please give me just one. thanks :-) :-) :-) :-) (F) (F) (F)
    I LOVE YOU 4-REVER (L) (L) (L) (L)

  • wulan

    bleh gabung jadi cliquers ga?

  • santi putri

    kk,,, aq kgn bangetz………………. aq pngn ktm ungu

  • tika

    ka’ enda q ngefans bgt ma ka enda
    luuupppppppphhhhh u ka enda

  • nesta

    endaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!! mXieN cUaeemmmm ajjah…. kaPhaNd nuEh mAngGuNx D!E CerAnK_BaNteN?????? T!ZaM YuA BwT PerZoNiEl**UnGu….!!!

  • marda setiaenda

    I LHUP YOU PHUL UNGU.
    Jujur Q PGEN 6GETS KTMU ENDA. y ampun kpn ea……?????

  • ory

    qu kan sllu disini untukmu sLamanya . . .

  • Shella shellong laurenza

    Meskipun masa lalu enda seperti itu tpi Gua ttp cinta enda kok.