Profil Mbah Surip

Mbah Surip MudaProfil Mbah Surip alias Urip Ariyanto emang fenomenal. Gaya nyentrik dan rambut gimbal bikin pak tua plus master filsafat ini mem-booming. Ditambah lagi, Lagu Tak Gendong yang lagi rame di request penggemar musik, jadi makin ngelambungin nama penyanyi fenomenal ini. So, buat yang pada penasaran sama mbah surip dan kumpulan foto mbah surip, yuuk marie.. berita selebritis bakal bahas kali ini. :-)

Beliau adalah pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur. Duda dengan empat anak sekaligus kakek empat cucu yang udah 26 taon ngejomblo itu ternyata sosok pria yang pekerja keras dan ga’ pantang menyerah. Oh iya, meski Mbah Surip Tak Gendong ini berdandan ala reggae., nyatanya berita musisi yang dikonfirmasi beliau bukanlah penggemar tokoh reggae Bob Marley. Hmmh.. ;-)

Mbah Surip Muda :

Mbah Surip Tak Gendong

Download Lagu Mbah Surip di sini

Profil Mbah Surip :

  • Nama Lengkap : Urip Ariyanto
  • Nama Beken : Mbah Surip
  • Tempat Lahir : Mojokerto, Jawa Timur
  • Tanggal Lahir : 5 Mei 1949
  • Gelar Pendidikan : Drs, Insinyur dan MBA
  • Resep sehat : Jangan makan yang nggak kamu sukai dan bergaullah dengan orang yang kamu sukai.
  • Pekerjaan lama : Engineer di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain2
  • Makanan Favorit : Perkedel kentang
  • Minuman Favorit : Kopi hitam
  • Aliran Musik : Reggae
  • Jargon : I Love You Full

Urip Ariyanto :

Mbah Surip Reggae

Mbah Gimbal emang sederhana. Menu makanan favoritnya aja sayur daun singkong, tahu, dan perkedel kentang. Minumnya teh manis panas dan segelas kopi. Tapi, itupun bagi duda empat anak ini sudah lebih dari cukup. Penyanyi reggae ini lantas berbagi resep sehat yang selama ini dianutnya. (I)

“Iya, yang saya suka perkedel. Perkedel kan enak. Tahu juga enak, tapi sedikit saja, jangan banyak-banyak. Sedangkan orang lain kan banyak. Saya belajar sedikit saja. Tapi, saya nggak mengatakan menu saya ini sederhana, melainkan cukup,”

“Resep sehat ala Mbah Surip, sederhana saja, Jangan makan yang nggak kamu sukai dan bergaul dengan orang yang kamu sukai. Yang kamu suka itulah resep sehat. Bersiul, bernyanyi, belajar mengaji,”

Profil Mbah Surip

Urip Ariyanto (nama asli mbah surip) udah mencoba banyak pekerjaan dalam hidupnya. Bahkan, pria yang senang sekolah ini sempat ke luar negeri untuk bekerja. Pak Tua yang juga sarjana kimia Universitas Sunan Giri, Surabaya ini malah mengaku membiayai sekolahnya dengan menjual sayur basi. :-O

“Saya dulu engineer. Pernah ngebor minyak, pernah kerja di bidang kelistrikan, bangunan, borong-borongan,”

“Sepuluh tahun saya di bidang pengeboran pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain2. Ga’ cuma di Indonesia, tapi juga luar negeri, Kanada, Texas, Yordania, California.”

“Nah, itu, saya bingung lagi. Wong, saya bisa juga cari ketela, ubi, buat bayar sekolah. Sayur basi saya kumpulkan untuk biaya sekolah. Saya senang sekolah. Ada S-1, MBA, akhirnya ya jadi mbah. Saya punya ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs, sama insinyur dan MBA. Termasuk, saya mempelajari geologi,”

Lagu Tak Gendong sendiri diciptakan di taon 1983 saat bekerja di Amerika Serikat. Intinya, lagu ini berisi pembelajaran. Yaitu, payur tempat manusia belajar salah menjadi benar. (H)

“Biasanya, yang dipelajari adalah sesuatu yang benar. Kalau itu, salah menjadi benar.”

“Tafsir sederhananya, Belajar salah itu, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja. Sebab, menggendong itu belajar salah,”

“Mungkin dulu bikin begitu, sekarang direnungkan lagi. Dibuat waktu ngebor minyak, tepatnya di California,”

Mbah Surip

Musisi Jalanan ini juga berbagi soal kepopulerannya. Meski profil mbah surip udah dikenal banyak orang, tapi tetap tampil dengan kesan sederhana. (F)

“”Oh, saya sudah glamor. Apa saja, jalan kaki juga. Sementara ini, hidup saya ya begini. Mungkin selamanya ya nggak apa-apa,”

“Yang penting dalam hidup ini sopan. Memperkenalkan diri, kenal maka sayang,”

Jargon: I Love You Full sendiri punya makna cinta untuk semua makhluk. Karena suka dengan filsafat, terkadang gaya bicara Mbah Surip pun jadi rada tinggi dan berbobot.. He he.. hee.. Hidup Tak Gendong.. Hidup Reggae.. (Y)

”Maksudnya i love you full, cintaku adalah segalanya. Itu adalah jargon Mbah. Jadi, cintaku untuk semua manusia, tumbuh-tumbuhan, dan Tuhan. Untuk semua,’

”Di mana rayuan-rayuan orang yang nggak kelihatan terus bisa memberi gambaran menjadi kehidupan. Carilah orang yang mengerti ekonomi di negeri ini kalau rakyat ingin makmur,”

Lagu tak gendong punya si mbah yang fenomenal itu memang asik buat dinyanyiin. Baca aja lirik lagu tak gendong dan ikutan nyanyi yuk.

Berita – foto via jawa pos, sctv, juliantos.fotografer.net, sigietz.blogspot.com