Riana Rara Kalsum Bikin Insert Pagi Diskors 2 Hari, Rumpi No Secret Diskors 5 Hari

Tayangan Riana Rara Kalsum Bikin Insert Pagi Diskors 2 Hari, Rumpi No Secret Diskors 5 Hari. :-O

Sanksi Berhenti Tayang Insert Pagi dan Rumpi No Secret sendiri (E) diberlakukan secara berturut-turut mulai tanggal 7 – 11 September 2015.

Dua program Trans TV, yaitu Insert Pagi dan juga Rumpi No Secret :-O harus menerima sanki penghentian sementara program acara dari Komisi Penyiaran Indonesia.

Dalam rilis (~) yang diterbitkan KPI di situs resminya pada hari Jum’at, 4 September 2015, Sanksi Penghentian Sementara  dijatuhkan setelah adanya Rapat Pleno komisioner KPI Pusat tanggal 24 Agustus 2015. (I)

Hasil rapat pun menyatakan (K) keputusan berhenti tayang sementara, untuk Insert Pagi ditetapkan selama 2 (dua) hari penayangan berturut-turut mulai Tanggal 7 sampai 9 September 2015. Dan, untuk Program Siaran Rumpi No Secret ditetapkan selama 5 (lima) hari penayangan berturut-turut mulai Tanggal 7 hingga 11 September 2015. :-S

Penyebab Sanksi Berhenti Tayang Sementara, 8O adalah tayangan tentang Riana Rara Kalsum.

Pada Insert Pagi, pelangaran dinilai terjadi pada tanggal 5 Agustus 2015 pukul 06.31 WIB, (O) yang menayangkan wawancara Riana Rara Kalsum (Rara), (K) yang diberitakan memiliki hubungan khusus dengan Zulfikar Rakita Dewa (Fikar).

Wawancara tersebut memuat pernyataan Rara terkait rencana pernikahan Fikar dan hal-hal lain yang sifatnya sangat pribadi, antara lain surat izin menikah diperkirakan belum diperoleh oleh Fikar hingga pernyataan Rara mengenai Fikar yang tidak mencintai Nefita.

Pada Rumpi No Secret, pelanggaran ditemukan dalam siaran tanggal 4 Agustus 2015 pada pukul 17.12 WIB, (O) tentang Wawancara Feny Rose dengan Riana Rara Kalsum mengena :-[ i perseteruan antara dirinya dengan Zulfikar.

Mulai dari pembicaraan mengenai tantangan untuk melakukan tes DNA sebagai bukti telah terjadi hubungan spesial antara keduanya, masalah telat datang bulan Riana, pendapat Riana atas rencana pernikahan Zulfikar, janji Zulfikar untuk menikahi Riana dan kasus penghinaan terhadap Riana.

Disebutkan KPI, (K) jenis pelanggaran yang terjadi dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan tentang penghormatan hak privasi, perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongan program siaran. :-S

KPI Pusat menilai  (privasi) seseorang tidak boleh disiarkan :-[ karena dapat mendorong berbagai pihak yang terlibat dalam konflik untuk mengungkapkan aib masing-masing.

Sanksi ini sendiri merupakan klimaks :-S dari pelanggaran serupa (yaitu berita yang menayangkan muatan permasalahan kehidupan pribadi) yang sempat juga dilakukan Insert dan Rumpi pada bulan – bulan sebelumnya. (E) Usai mendapat dua kali teguran tertulis untuk pelanggaran hak privasi, dua tayangan ini secara kebetulan menayangkan :-$ Riana Rara Kalsum yang membongkar hal bersifat pribadi.