Rio Febrian Improvisasi Lagu Indonesia Raya Dipenjara 3 Bulan?

Rio Febrian Improvisasi Lagu Indonesia RayaBerita selebritis bawa kabar soal Rio Febrian Improvisasi Lagu Indonesia Raya Dipenjara 3 Bulan. Yupzz, aksi panggung pacar Sabria Kono di acara kampanye SBY-Boediono di Stadion GBK 4 Juli 2009 lalu ternyata mengundang banyak kritikan dan juga ancaman 3 bulan penjara. :-O Lempar tanggung jawab pun dimulai, pihak Rio Febrian mengaku di minta Pihak Trans Corp untuk menginprovisasi, sedang pihak Trans sendiri mengaku tidak ikut tanggung jawab karena jadi kewajiban Tim Sukses SBY Boediono. Hmmh, Rio Febrian Melanggar Peraturan pun akhirnya jadi bahasan ramai berita musisi kali ini.

Peraturan Tentang Lagu Indonesia Raya :

Peraturan Pemerintah (PP) 44 tahun 1958 tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pasal 8 (2) PP 44 tahun 1958. PP ini menjelaskan kalau Lagu Kebangsaan tidak boleh diperdengarkan dan/atau dinyanyikan dengan nada-nada, irama, iringan, kata-kata dan gubahan-gubahan lain daripada yang tertera dalam lampiran-lampiran Peraturan ini.

Merujuk dari Peraturan diatas maka, penyanyi plontos ini dianggap telah melanggar Peraturan Pemerintah yang ancaman hukumannya adalah 3 bulan bui. Alasannya, lantaran mengubah aransemen ketika menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dalam kampanye SBY di GBK, Sabtu 4 Juli. 8O Namun, karena Rio tidak tahu maka pemilik nama Rio Febrian Samandan ini disarankan meminta maaf. Sejarahwan LIPI Asvi Warman Adam yang dikonfirmasi menyebutkan hal ini.

“Saya menyarankan minta maaf karena dia tidak tahu itu. Apalagi kejadiannya dalam kampanye,”

“Dalam PP 44 tahun 1958 tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya ditegaskan bahwa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tidak boleh dilakukan pengubahan terhadap nada-nada, dan irama lagu itu. Termasuk melakukan improvisasi. Kalau mau improvisasi, ya undang-undangnya diubah dulu,”

Kasus Rio Febrian :

Rio Febrian melalui manajernya, Kiki, mengaku diminta oleh Trans TV dan Transcorp untuk mengimprovisasi lagu ‘Indonesia Raya’ saat kampanye SBY-Boediono. :-S Penyanyi kelahiran Jakarta, 25 Februari 1981 ini mengaku tidak tau saat dikonfirmasi jika improvisasi yang dilakukan saat menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dituding telah menyalahi aturan.

Rio Febrian

Download Lagu Rio Febrian di Sini

“Improvisasinya bukan murni dari kami sendiri. Tapi diminta oleh pihak tivi, dalam hal ini Trans TV dan Transcorp. Karena memang kita deal pekerjaannya dengan mereka, bukan dengan tim sukses SBY-Boediono atau Fox,”

“Rio sih pas latihan malam harinya dan pas check sound di hari H, nyanyi seperti biasa. Memang ketika di atas panggung, Rio yang inisiatif. Jadi spontanitas saja. Tapi kita melakukannya karena ada permintaan seperti itu lho. Yah mereka sih minta kalau lagunya jangan dinyanyikan dengan standar, tapi coba dinyanyikan dengan lebih santai saja,”

Tanggapan Trans TV :

Pihak Trans TV dan Transcorp mengaku tidak meminta Rio untuk mengimprov lagu. Bahkan, tim sukses untuk Pemilu 2009 juga tidak memberitahukannya. :-O Dan, saat dikonfirmasi lebih lanjut, Hadiansyah, Manajer Public Relations Trans TV  mengaku kalau pihaknya belum tahu kalau lagu ‘Indonesia Raya’ yang dinyanyikan Rio Febrian bermasalah.

“Saya belum tahu, nanti saya cek. Kalau soal kita yang minta improv, oh nggak yah, bukan kita, itu kan acaranya semua di bawah koordinasi tim sukses. Kita bertanggung jawab secara teknis penyiaran dan liputannya,”

pacar Sabria Kono

Tanggapan Partai Demokrat :

Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, seperti yang dikutip oktavita.com, mengatakan jika lagu kebangsaan itu dinyanyikan Rio secara utuh dan lengkap, dan improvisasi indah tak mengurangi kekhidmatan lagu itu.

“Lagu ‘Indonesia Raya’ juga dinyanyikan utuh, lengkap dan tartil. Quran saja justru indah kalau dibacakan oleh qori‘ atau qori’ah. Lagu ‘Indonesia Raya’ mestinya tidak turun pangkat kalau dinyanyikan oleh penyanyi dengan sedikit tambahan improvisasi indah. Saya yakin sang penyanyi, Rio, juga tidak bermaksud aneh-aneh dan bergaya,”

Chee-U .^_^.