Roy Suryo Jadi Saksi Ahli Kasus Hukum Lagu Gaby

Lagu kontroversial yang dikenal publik berjudul Gaby / Tinggal kenangan / Jauh memang tak lagi setenar awal kemunculannya di internet. Namun, kisah misteri dibalik cerita lagu tersebut masih menyisakan tanda tanya besar. Tanda tanya akan sosok misterius yang telah menciptakan lagu tersebut hingga kini tetap ada. Dan 2 band berjudul sama mengaku memiliki bukti kuat akan keberadaan masing-masing. Sebut saja, Caramel Surabaya dan Caramel Makkasar. Polemik diantara keduanya pun kian merembet jalur hukum. Dan diantara perebutan seru itu muncul Pakar Telematika Roy Suryo memihak Band Caramel Makkasar.

Lagu Gaby pada awalnya muncul dengan diiringi cerita mistis. Kisah yang menceritakan kepedihan seorang gadis karena ditinggal mati kekasihnya hingga akhirnya sang gadis memutuskan bunuh diri ini memang menggegerkan banyak pihak. Kemunculan lagu dramatis tanpa menampilkan penyanyi asli atau band yang menggawanginya ini sempat membawa masalah. Bagaimana tidak, ketika publik merespon positif kehadiran lagu ini mulai dari meningkatnya download mp3, ringtone, dll, hingga bisa dipastikan royalti lagu ini kian tinggi. Muncullah satu demi satu pengakuan dari individu maupun grup band sebagai pemilik lagu kontroversial ini. Hanya satu nama yang kemudian tetap lantang bersuara meski pesaing-pesaing lain mulai mundur, dialah Group Band Caramel asal kota Surabaya. Dan dengan menggarap Video klip lagu yang diklaim Caramel Surabaya berjudul “Tinggal Kenangan”, maka kasus perebutan lagu kontroversi ini pun mereda.

Siapa sangka, babak baru kasus Lagu Gaby ini justru sedang dimulai setelah hampir satu tahun sejak kemunculan. Dialah Roy Suryo, pakar telematika yang dengan tegas mengklaim pemilik lagu Gaby dengan judul asli “Jauh” ini adalah benar group band Caramel. Namun, bukan Caramel Surabaya melainkan Caramel asal Makkasar. Roy Suryo pula lah yang memunculkan band Caramel Makkasar tersebut. Sedangkan Ramsudin selaku kuasa hukum band Caramel Surabaya justru mempertanyakan keberadaan Roy Suryo sebagai saksi ahli dalam kasus hukum lagu Gaby.

Adalah Pay, gitaris Caramel Band Makkasar yang mengklaim menciptakan lagu Gaby dengan judul Jauh. Pada September 2008, Pay melayangkan somasi pada Caramel Band Surabaya dan bahkan telah melaporkan Grup Band Caramel Surabaya beserta produser ke Polda Metrojaya. Berbekal Sertifikat yang dikeluarkan oleh DirJen HAKCI yang menyatakan Pay sebagai pencipta lagu Jauh serta dukungan Roy Suryo, Pay mantap memilih jalur hukum. Diceritakan lebih lanjut, Grup band Caramel Makkasar awalnya berada dijalur indie. Pada tahun 2006, jauh sebelum lagu Gaby dikenal masyarakat luas, lagu ini telah sukses merajai tangga lagu Makkasar.

Pada tanggal 16 Oktober 2008, Roy Suryo dipanggil pihak kepolisian sebagai Saksi Ahli dalam kasus Lagu Gaby. Pakar Telematika berkumis ini mengatakan bahwa ada 3 poin yang harus dirinya jelaskan. Pertama, mengenai metode yang dirinya gunakan dalam menentukan pemilik asli Lagu Gaby. Kedua, kesimpulan tentang peredaran lagu ini dikalangan masyarakat. Dan yang terakhir mengenai tindakan hukum bagi grup band ataupun individu yang mengaku-aku menjadi pemilik lagu ini. Dan seakan melengkapi kesan mistik dalam lagu ini, Roy Suryo mengumbar bukti misterius. Roy menambahkan dirinya memiliki bukti kuat lain yang akan dihadirkan di pengadilan yang berupa kaset rekaman pertama kali Lagu Jauh yang tanggal pembuatannya masih dirahasiakan.

Keyakinan benar akan bukti yang dibawa juga diutarakan Ramsudin, SH selaku kuasa hukum Band Caramel Surabaya. Berdasarkan surat keputusan Pengadilan Negeri Surabaya tertanggal 03 September 2008 yang menyatakan Lagu Gaby adalah milik Band Caramel Surabaya dengan judul asli Tinggal Kenangan, Ramsudin justru mempertanyakan posisi Roy Suryo sebagi Saksi Ahli dan dasar yang digunakan, serta Sertifikat DirJen HAKCI untuk Pay yang menurutnya bertentengan dengan putusan pengadilan.

Entah bukti apa lagi yang akan menyeruak dan akankah muncul Band Caramel lain yang turut serta mengaku-aku, kita tunggu kabar lanjutannya.

.^_^.

Ditulis ulang dari: Silet RCTI