Software Buat Warnet

Software warnetApakah kamu salah satu pemilik internet cafe atau yang sering disebut dengan warung internet? :-P Kumpulan software buat warnet yang ada dibawah bisa menjadi sedikit panduan (H) buat kamu-kamu yang sudah menjadi atau akan menjadi entrepreneur (Y) dalam bidang teknologi dan yang langsung berhubungan dengan dunia maya. (~)

Komunikasi melalui internet memang sudah lazim baik untuk kepentingan bisnis maupun sekedar bersenang-senang. (L) Facebook dan twitter salah satu fenomena di dunia maya yang pastinya sudah kamu kenal yang banyak diakses oleh anak muda :-) bila sedang berada di warnet. Nah, selain email, chatting, atau sekedar belajar mengetik, mungkin pengunjung warnet kamu akan menginginkan untuk mendownload lagu atau file dari internet. (*)

Software Pembagi Bandwidth

Khususnya untuk download dan video streaming, (^) kedua aktivitas berat ini sudah terkenal jagonya dalam menghabiskan bandwidth di warnet. :-O Bila kamu seperti kebanyakan warnet owner lainnya, bandwidth merupakan hal yang penting dan harus dibagi dengan baik (G) antar user untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan pengunjung warnet dalam berselancar di dunia maya. ;-)

Cara membagi bandwidth telah dikemukakan di artikel sebelumnya, (F) intinya adalah membagi bandwidth yang masuk dari ISP ke user-user dengan proporsi yang bisa kita tetapkan, (E) sehingga bila ada salah satu “biang kerok” dalam menghabiskan bandwidth, otomatis software akan membatasi rate download :-D di komputernya untuk menjamin user-user lain tidak ikut-ikutan menjadi lambat dalam mengakses internet. (&)

Bandwidth Manager

DeepFreeze

Perangkat lunak yang satu ini memang sudah menjadi andalan bagi para pebisnis warnet untuk mengamankan sistemnya (P) dari tangan-tangan jahil pengunjung warnet yang dengan seenaknya menginstall aplikasi yang “sebenarnya” tidak diperlukan :-P dalam berselancar di internet. Seperti yang kita ketahui, instalasi program baru akan semakin memberatkan sistem komputer warnet (I) yang biasanya memiliki spesifikasi yang minimal dan memang tidak digunakan untuk menjalankan software-software berat :-$ seperti Adobe Photoshop, 3DSMax, CorelDraw atau AutoCAD misalnya. (D)

Deep Freeze

DeepFreeze bekerja dengan menyimpan seluruh seting dari sistem komputer yang telah diinstal (mirror) (O) yang akan direstore (dikembalikan) setiap kali komputer melakukan booting atau restart. (B) Dengan demikian, komputer yang telah diinstall program ini akan aman dari gempuran malware-malware yang seringkali datang dari internet seperti virus atau trojan. (L) Karena kemampuannya untuk merestore data, maka komputer juga aman dari serangan tangan jahil pengunjung :-P yang berniat untuk menghapus program penting atau menginstall aplikasi atau virus seperti keylogger, dsb. (U)

Namun sebelum kamu menginstall DeepFreeze, ada baiknya untuk membaca tips berikut supaya software ini bekerja dengan baik di warnet: (8)

  1. Install dan update Firefox terbaru. (C)
  2. Upgrade Flash ke versi terbaru untuk browser IE / Mozilla Firefox. Adobe Flash seringkali digunakan untuk mengaktifkan fasilitas upload, download atau chatting di Facebook. (K)
  3. Pindahkan target location MyDocument ke partisi data, karena partisi sistem akan terestore secara otomatis setiap kali restart, jadi data yang diletakkan di partisi lain akan aman dan tidak terhapus. :-[

AntiVirus untuk Warnet

Banyak sekali antivirus gratisan yang ada dipasaran, namun yang sering dipakai di warnet umumnya adalah AVG Free Edition, (^) karena ringan dan cukup ampuh dalam mendeteksi dan menghapus virus. :-D Cukup powerful untuk warnet yang notabene sering mendapat serangan virus dari flashdisk. Khusus untuk install AVG ini, sisakan satu direktori yang bebas dari deepfreeze supaya AVG bisa diupdate ke versi yang terbaru. (T)

AVG Free Edition

Billing Warnet

Software billing warnet digunakan untuk mengetahui informasi berupa biaya pemakaian, (~) dan waktu lamanya user dalam pemakaian komputer. Sebisa mungkin keluar modal sedikit khusus untuk billing, :-P karena bila kamu menggunakan opensource/gratisan, maka tidak ada support yang akan membantu bila kamu mengalami masalah dalam pengoperasian billing tersebut. :-S Dalam bisnis warnet, time is money! (O)

Software Billing Warnet

Software Wajib untuk Warnet

Sebenarnya tidak ada kriteria tertentu dalam menetapkan aplikasi wajib dalam warnet, (@) umumnya di warnet hanya ada beberapa program penting yang biasanya banyak dipakai oleh pelanggan, yaitu: :-D

  1. Browser, install hanya Mozilla Firefox dan Opera saja. IE banyak bug dan lambat, tapi bila menghemat resource pilih IE dan Firefox saja. (*)
  2. Aplikasi chat seperti Yahoo Messenger atau mIRC. (L)
  3. Office, yang paling bagus memang Microsoft Office, namun bila keberatan lisensinya :-) silakan pakai OpenOffice yang sama-sama cukup baik digunakan untuk mengetik, membuat presentasi atau spreadsheet.
  4. Music dan Multimedia Player, kamu bisa gunakan WinAmp dan K-Lite Codec Pack untuk mendengarkan MP3 dan video. :-S
  5. Download Manager seperti IDM atau DownThemAll! di Firefox. (F) Bukan rahasia lagi kalau download file besar lewat browser sering terputus di tengah jalan. Karena itu kamu bisa install download manager yang akan meresume (bila disupport) file download yang terputus di tengah jalan. :-[ Tips cara download lewat IDM bisa juga jadi referensi kamu dalam mengedukasi pelanggan warnet.  ;-)

Mozilla Firefox

Khususnya bagi Firefox, kamu bisa gunakan trik optimalisasi firefox (*) untuk meringankan aplikasi yang seringkali memakan banyak RAM di komputer ini. (Y)

Semoga beberapa software buat warnet ini bermanfaat bagi perkembangan bisnis kamu yach. ;-)

Chee-U .^_^.

  • blogger wonogiri

    postingan yang mantab!!!

  • hamka alrafie

    kenapa sih kalo kita install firefox selalu minta diinstall lagi flash playernya.. kalo kita langsung mendownload dari internet ga pernah berhasil.. jadi jika kita buka vidio atau game dari firefox tidak langsung bisa dilihat karena minta installan flash player. kalo kita menginstall google chrome, google chrome dapat langsung membuka segala aplikasi yang kita mau lihat..
    tolong dibantu…
    terima kasih.. :-)