Software Edit Foto

Software edit fotoSoftware edit foto merupakan salah satu program yang penting (H) untuk kamu-kamu yang berkecimpung dalam bisnis fotografi, advertising, untuk kepentingan kantor, atau cuman sekedar buat “permak” foto kamu sebelum diupload ke Facebook. ;-)

Kamu pastinya dah familiar dan kenal Photoshop untuk edit foto, :-) tapi tahukah kamu bahwa banyak sekali software lain (berbayar atau bahkan free) yang bisa digunakan untuk edit foto selain Adobe Photoshop? (*)

Program Edit Foto

Pada jaman dulu, software editing foto ini bahkan nggak ada. Untuk memperbaiki pencahayaan dan cropping, dibutuhkan tenaga profesional dalam studio dan ruang gelap. :-S Namun sekarang, dengan adanya teknologi terkini, semua ini dapat dilakukan dengan bantuan program / software dan dengan biaya yang minim. :-P

Dengan menggunakan software edit foto, kamu bisa menggunakan fasilitas import dan export untuk berbagai format file dari berbagai macam perangkat keras, seperti digital camera, CD, DVD, flash drive, HP, scanner, digital camcoder, dll. (~)

Setelah melakukan import dan export yang tujuannya untuk mendapatkan hasil gambar digital yang bisa “diutak-atik” semau kita, (G) langkah berikutnya adalah dengan menggunakan software untuk edit foto sehingga mendapatkan hasil yang kita mau. Contohnya, membuat bingkai, memberi pernak-pernik pada foto seperti menambahkan hiasan, atau bahkan menggabungkan antara satu foto dengan foto yang lain. :-D Bagusnya proses editing ini tergantung pada bakat dan keahlian kamu tentunya di bidang seni mengolah gambar digital ini.

Macam-macam editing foto antara lain:

  • Menghilangkan red eye :-$
    Ini biasanya terjadi pada foto digital yang diambil dengan menggunakan built-in flash yang berada tepat di atas lensa, seperti pada kebanyakan compact digital camera sehingga menghasilkan “penampakan” pada mata dengan warna merah. Red-eye dapat dihilangkan dengan mengganti warna dari mata yang berpengaruh.
  • Pengaturan cahaya (^)
    Pengaturan cahaya dilakukan dengan mengoreksi intensitas cahaya pada foto sehingga menjadi lebih enak dilihat. Ini biasanya dilakukan bila foto terlalu gelap atau terlalu terang.
  • Perbaikan foto rusak dan digital makeover ;-)
    Software buat edit foto biasanya dapat digunakan untuk memperbaiki foto yang rusak, seperti terkena tumpahan kopi, robek, atau untuk sekedar untuk makeover sehingga kamu terlihat lebih cantik dengan menghilangkan jerawat, memperhalus kulit atau bercak pada wajah.
  • de el el (E)

Berikutnya, setelah melakukan editing, kamu bisa mempersiapkan foto untuk dicetak, dikirim lewat email, diupload ke facebook, flickr, multiply atau photo gallery lainnya. (I)

Kriteria Software Editing Foto

Untuk mempermudah kerjaan, sebaiknya kamu memilih software edit foto yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ada beberapa pedoman yang bisa kamu pakai dalam pencarian perangkat lunak ini: (H)

  1. Kemudahan penggunaan
    Editing foto tergolong sulit untk dipelajari, karena banyaknya opsi yang tersedia di dalam software tersebut. (*) Software yang kamu cari seharusnya punya tutorial untuk menunjukkan bagaimana cara untuk melakukan apa yang ingin kamu peroleh, atau “Wizard” yang dapat dengan “instan” memperbaiki masalah-masalah umum dalam editing foto digital, seperti red-eye, auto balance, atau auto adjust lighting untuk memperbaiki permasalahan pencahayaan dan warna.  (Y)
  2. Fungsi Import dan Export
    Software editing foto seharusnya dapat membuka dan menyimpan file gambar dalam format yang populer, (8) seperti: JPG, GIF, BMP, EPS, PDF, TIF, PICT. Untuk fotografer, sebaiknya mencari software dengan kemampuan menangani file RAW. Semakin banyak format yang disupport semakin bagus. (F)
  3. Editing
    Software editing foto harus memiliki fitur seperti lighting adjustment (memperbaiki pencahayaan), memberikan effects, text, dan lain-lain. (&)
  4. Fungsi Photo Sharing
    Perangkat lunak yang kamu cari harusnya memiliki alat untuk melakukan optimasi terhadap foto digital seperti pengaturan ukuran gambar, resolusi, dan ukuran file untuk kemudian digunakan dalam email, web, PDA, HP, dicetak dalam kertas, dll. (D) Ini karena beda output beda kebutuhan untuk parameter ukuran gambar, resolusi, ataupun ukuran file. Contohnya: bila kamu ingin membagikan foto kamu dengan cara mengirim email, pastinya foto tersebut harus memiliki ukuran kecil sehingga gampang untuk dikirim dan tidak memakan waktu berjam-jam untuk menambahkan attachment tersebut kedalam email. (E) Atau saat kamu ingin mengupload gambar kamu kedalam Facebook, foto bisa dioptimasi dengan parameter 72dpi dengan ukuran yang tidak lebih 800×600 sehingga foto kamu bisa dilihat oleh sebagian besar pengguna Facebook yang memiliki layar monitor minimal 800×600 dan tidak memberatkan lantaran pengunjung harus mendownload foto dengan ukuran besar. (P)
  5. Organizing
    Fitur ini sebaiknya juga dimiliki software yang bertujuan untuk merawat foto dengan cara mengorganisir file gambar kamu di komputer, dengan menampilkan thumbnail, memiliki fasilitas pencarian foto berdasarkan rating, atau keyword, atau penyimpanan dalam album permanen dan sebagai arsip, apalagi kalo foto-foto kamu dalam jumlah yang besar. (O)
  6. Help/Documentation/Support
    Seperti yang telah dikemukakan diatas, sebaiknya software edit foto juga memiliki tutorial atau paling tidak fungsi help yang biasanya bisa dikeluarkan dengan menekan tombol F1 pada keyboard. (F)

Download Software Edit Foto

Sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan software edit foto yang sesuai, ada baiknya kamu coba dulu dengan mendownload versi trial dari perangkat lunak yang bersangkutan. (C) Berikut adalah beberapa software terbaru untuk edit foto yang populer dan digunakan oleh berjuta-juta orang di seluruh dunia: (B)

  1. Adobe Photoshop Elements 8Adobe Photoshop Elements 8
    Download disini (L)

  2. Corel Paint Shop Pro Photo X3Corel Paint Shop Pro Photo X3
    Download disini (&)

  3. Serif PhotoPlus X3Serif PhotoPlus X3
    Download disini (D)

  4. ACDSee Photo EditorACDSee Photo Editor
    Download disini (H)

  5. Roxio PhotoShowRoxio PhotoShow
    Download disini :-)

  6. Photo Impression GoldPhoto Impression Gold 6.5.9.99
    Download disini :-[

  7. PhotoStudioPhotoStudio 6.0.0.138
    Download disini (G)

Karena file-filenya tergolong lumayan gede, siapin Download Manager di browser kamu :-P (baca juga artikel cara mempercepat download) biar proses mengunduh software ini lebih cepat, apalagi kalo kamu downloadnya dari warnet. Semoga software edit foto ini bermanfaat buat “permakin” foto-foto “narsis” kamu. ;-)

Chee-U .^_^.

  • dwi

    bagai mana cara menahiolang kn brcak hitam d wajah :-S

  • kel

    (U) (U) (U) (U) (K) (K)

  • http://assad Sofyyan

    EEHHMMUUAACCH! (K)

  • http://www.facebook.com/aryantari.alfa Aryantari

    aplikasi edit foto yg paling bagus itu apaa ya ? :-S