Software Editing Video

Software Editing VideoSoftware editing video digunakan untuk membuat dan membagikan vidio yang kamu buat ke dunia. (~) Kamu pastinya udah terbiasa dengan menonton video klip di YouTube. Tapi tahukah kamu bagaimana cara pembuatannya? :-S Nah, pada kali ini penulis akan bagiin sedikit pengetahuan mengenai digital video editing yang bisa diaplikasikan ke dalam berbagai format, yaitu wmv, mpeg, mpg, avi, dvd, dsb. Disini juga tersedia berbagai software free video editor ataupun yang berbayar yang bisa kamu gunain untuk mengedit vidio. (H)

Movie Editing Software

Software untuk mengedit video camera ada bermacam-macam, tapi software edit video yang baik seharusnya memiliki fungsi dasar sebagai berikut: (I)

  1. Capture Video (P)
    Program tersebut harus bisa mengcapture vidio dari digital recorder dan program yang baik dapat menangkap gambar dari DV, HDV, MicroDV, AVCHD dan analog camcoder atau dari digital camera atau bahkan dari PC web cam. (E)
  2. Edit Movie (^)
    Program yang baik memiliki fitur untuk mengorganisir cuplikan klip video, menggabungkan antara satu video dengan vidio yang lain, memiliki timeline untuk mengubah waktu tayang klip. :-D Selain itu software edit video juga harus mampu untuk menambahkan judul, menu dan teks, musik, narasi atau sound effect kedalam vidio kreasi kamu. Banyak kok program yang menawarkan sejumlah template untuk menu dan judul dan bahkan untuk menambahkan efek pada teks yang dimasukkan. (D)
  3. Video Sharing (Y)
    Fitur yang mungkin sangat kamu butuhin adalah kemampuan untuk membagikan vidio kreasi kamu ke dunia. Secara gampangnya, software mengedit video camera tersebut harus mampu untuk mengupload video ke YouTube, Google Video, atau situs video sharing lainnya. (H) Selain ke online, kamu dapat pula untuk membuat online video album. Situs semacam Drop Shots, StashSpace atau MyPhotoAlbum menawarkan akun untuk membagikan vidio ke orang-orang tertentu. (*) Selain upload online, kamu dapat pula membagikan video kamu ke temen kamu lewat fasilitas convert video ke format populer seperti Windows Media Player (.wmv), QuickTime (.mov), dan Real Video (.rm) burning ke DVD, VCD atau Blu-ray. Format lainnya yang umumnya disupport antara lain: flash video (FLV, for YouTube), MPEG-1, MPEG-2, and MPEG-4, VCD, SVCD, DVD, AVI, WMV, MOV, atau AVCHD :-)

Ketika memilih software edit video, pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin kamu dapatkan. ;-) Beberapa perangkat lunak umumnya termasuk dalam kategori simple video editor, artinya mereka hanya mampu melakukan tugas sederhana seperti meng-convert format atau membakar / burning DVD. :-P Sedangkan pada software lain, kamu mungkin dapatin video editing tool yang kompleks semacam editing timeline, special effect atau template advance yang bisa dikostumisasi. :-$

Selain tujuan yang ingin didapatkan, cek juga kebutuhan sistem yang diperlukan, sehingga komputer kamu cukup cepat dan ga lola (loading lambat) untuk menjalankan program yang notabene rata-rata memang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. (I)

Berikut merupakan software terbaru vidio editor profesional populer yang bisa kamu coba. Seperti biasanya, kamu bisa gunain tips mempercepat download soalnya filenya tergolong gede-gede lho, sayang klo keputus tengah jalan (O)

  1. CyberLink PowerDirector 8 (D)
    Fitur yang ditawarkan:

    • Membuat vidio dengan 16 track dengan particle effect
    • 5X video rendering dengan support CPU/GPU acceleration
    • Convert SD vidio ke HD video dengan kualitas prima
    • Tersedia tutorial dan trik untuk pengguna di DirectorZone
    • Video sharing di YouTube dan Facebook, output ke perangkat mobile seperti 3gp, dan burning ke CD

    Download disini

  2. Corel VideoStudio Pro X3 (H)
    Fitur yang ditawarkan:

    • Kecepatan editing 2x dari sebelumnya dengan GPU dan CPU acceleration
    • Video Studio Express untuk editing vidio secara instan
    • Template dan effect sekelas studio
    • HD Capture dan input
    • Blu-ray output
    • Online sharing ke YouTube, Vimeo, Facebook dan Flickr

    Download disini

  3. Adobe Premiere Elements 8 (*)
    Fitur yang ditawarkan:

    • Support OS Windows 7
    • Full screen preview
    • Export ke Adobe Flash
    • Auto fix lighting dan color balance
    • Special effect, frame dan animasi

    Download disini

  4. Magix Movie Edit Pro 15 PLUS (P)
    Fitur yang ditawarkan:

    • 99 track, live preview, multicam editing
    • Import HD video, online sharing
    • Audio dubbing 5.1 channel support
    • Chroma key dengan alpha channel (bluescreen)
    • 200 fades, 100 efek vidio
    • Export ke dvd video dan blu-ray

    Download disini

  5. Sony Vegas Movie Studio Platinum 9 (Y)
    Fitur yang ditawarkan:

    • Sound Forge Audio Studio 9 software untuk audio editing
    • 106 3D transisi dan Cartoonr video effects dari NewBlue®
    • 1,001 Sound Effects
    • Vidio dan Audio pack

    Download disini

Free Video Editor

Banyak juga free video editor yang bisa kamu pakai tanpa perlu banyak fitur-fitur yang diperlukan untuk menjadi sekelas Stephen Spielberg dan nyamain video klip ST12 :-P Freeware video editing umumnya terdiri dari dua bentuk, online dan software yang harus diinstall di komputer.

Untuk online, kamu bisa gunain Adobe Express yang support editing YouTube, PhotoBucket, atau Pixorial vidio. (@)

Banyak program video editor dibawah ini merupakan software simpel dari versi profesional. (K) Bila kamu memang termasuk pemula dalam video editing, software dibawah kayaknya lebih dari cukup untuk memenuhi kriteria kamu. (G) Begitu kamu udah terbiasa menggunakan perangkat lunak dibawah untuk proyek vidio, kamu bisa mencoba video editing tool yang lebih kompleks. (B)

Beberapa free video editor populer yang ada di internet adalah sebagai berikut: (L)

  1. iMovie
    iMovie tersedia secara gratis pada setiap komputer Mac. (H) iMovie menawarkan berbagai fitur untuk editing vidio dan audio, dan menambahkan foto, musik dan narasi pada film. :-[
    Download iMovie disini
  2. Windows Movie Maker
    Windows Movie Maker tersedia secara gratis pada setiap PC yang terinstall Windows original. (*) Program ini adapat digunakan untuk membuat dan mengedit vidio dengan kualitas yang tinggi. (T)
    Download Windows Movie Maker (Windows XP) disini
  3. Virtual Dub
    Virtual Dub merupakan simple video editor yang menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat video. Perangkat lunak ini hanya dapat berjalan di PC saja. (P)
    Download Virtual Dub (32-bit) disini
  4. Zwei-Stein
    Software gratis ini bekerja sempurna di Mac, PC dan Linux. Mudah untuk didownload dengan interface yang meriah. (&)
    Download Zwei-Stein disini
  5. Jahshaka
    Jahshaka adalah software gratisan dengan lisensi open source, yang akhir-akhir ini berubah nama menjadi Cinefx. (*)
    Download Cinefx (untuk Windows) disini
  6. HyperEngine-AV
    Satu lagi video editor yang populer di Mac. (^)
    Download HyperEngine-AV disini

Segitu deh software editing video baik yang sekelas profesional maupun yang free alias gratisan. (D) Silakan diunduh dan segera ekspresikan vidio kamu di YouTube, tapi jangan upload vidio horor…ich serem. ;-)

Chee-U .^_^.

  • Munier lembayung

    infonya bagus baget, bisa gak dijelasin speck kom yang bagus untuk edit video vga nya berapa ram berapa. prosesornya berapa. ohya kom aku skrng dualcore 2.5 vga onboard ram 2gb video editnya pinacle 12 plus. comverternya tmpegnc 50,5 tapi aku belum puas dengan hasil mpeg nya , kurang tajam dan noise gimana solusinya, post ke email, satu lagi dimana bisa beli sofeware magik movie edit pro 15 plus, aku domisili di NTB