Suramadu Bridge

Suramadu BridgeBerita Selebritis kali ini bakal ngebahas soal Jembatan Suramadu. Suramadu Bridge diresmikan tanggal 10 Juni 2009. Ratusan warga tampak antusias datang ke kawasan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, untuk menyaksikan peresmian Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada Rabu pukul 10.00 WIB. Foto Jembatan Suramadu pun tampak cantik dengan hiasan lampu di malam hari. :-D

Suramadu Bridge :

  • Ide Jembatan Suramadu :

Ide Jembatan Suramadu diusulkan oleh Prof Dr Sedyatmo (Alm) pada tahun 1960-an. Institut Teknologi Bandung (ITB) lalu mencoba membuat mock up Jembatan Selat Sunda pada tahun 1965. Gagasan dan konsep-konsep membangun jembatan antarpulau pun diserahkan kepada Presiden RI Soeharto awal Juni 1986.

Sayangnya, konsep Jembatan Suramadu ini ga’ ada realisasinya. Hingga dengan Keppres Nomor 55 Tahun 1990 tanggal 14 Desember 1990, dibentuk Proyek Pembangunan Jembatan Suramadu yang merupakan proyek interdep yang melibatkan banyak pihak. Sayangnya, politik kembali bergolak dan krisis ekonomi bikin proyek ini berhenti. Untungnya, lewat Keppres 79 Tahun 2003 yang ditandatangani Presiden Megawati Soekarnoputri (mencabut Keppres 55/1990), Proyek Jembatan Suramadu dinyatakan sebagai proyek prioritas.

Pemancangan tiang pertama dilakukan tanggal 20 Agustus 2003. Presiden Megawati Soekarnoputri pun meresmikan dimulainya penyambungan jalan. Bagian pertama ini dimulai Agustus 2003 dan selesai pada Desember 2006. Jembatan utama dan jembatan yang menghubungkan ke jembatan utama mulai dibangun pada 15 Oktober 2005 dan selesai pada Juni 2009.

Jembatan Surabaya Madura

Jembatan Suramadu – Suramadu Bridge

  • Biaya Total Pembangunan Suramadu :

Menurut berita global Pembangunan jembatan utama dan jembatan penyambung dilaksanakan dengan bantuan Pemerintah China.  RRC menyediakan dana senilai US$ 280 juta, melalui Bank Ekspor Impor China sedang Pemerintah Indonesia menyediakan dana pendamping 10% dari total biaya.

Studi pembangunan yang kurang sempurna menyebabkan perkiraan biaya pembangunan juga meleset, seperti tiang pancang jembatan yang awalnya hanya didesain setinggi 45 meter akhirnya bertambah menjadi sekitar 90 meter. Karena itu, dari estimasi awal nilai kontrak sebesar Rp 4,2 triliun, biaya pembangunan akhirnya membengkak hingga Rp 4,5 triliun.

Pembiayaan pembangunan Suramadu 55 persen ditanggung pemerintah, sedangkan 45 persen sisanya pinjaman dari China. Dari total biaya pembangunan Suramadu sebesar Rp 4,5 triliun, sekitar Rp 2,1 triliun di antaranya harus berutang kepada China.

Pembangunan Jembatan Suramadu

Pembangunan Jembatan Suramadu

  • Rincian Panjang Jembatan Suramadu :

Para kontraktor China Bridge, dan konsultan indonesia PT Manggala Purnama Sakti membangun jembatan utama sepanjang 818 meter, dan jembatan penyambung ke jembatan utama sepanjang 1.344 meter, total 2.162 meter.

  1. Panjang Total Jembatan Suramadu : 5.438 meter.

(meliputi Causeway sisi Surabaya 1.458 m, Causeway sisi Madura 1.818 m. Sedang untuk bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua Approach Bridge masing-masing 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km)

  1. Lebar Jembatan Suramadu : 30 meter dengan empat jalur mobil.

Di sisi kiri dan kanan, ada jalur khusus sepeda motor. Selain itu, jalan akses ke Surabaya dibangun sepanjang 4,35 km dan jalan akses ke Madura 11,5 km.

  • Kelebihan Jembatan Suramadu :

Jembatan Suramadu bisa tahan terhadap guncangan gempa sampai 7 skala Richter. Jembatan ini pun dirancang dengan sistem antikorosi pada fondasi tiang baja. Artinya, Jembatan Suramadu Anti Gempa dan juga Jembatan Terpanjang se Asia Tenggara.

Suramadu Bridge dilengkapi Anemometer (Alat pengukur kecepatan angin) untuk menjaga keamanan pengendara roda dua saat melintasi jembatan. Kecepatan maksimal yang masih dapat ditoleransi untuk pengendara sepeda motor adalah 40 kilometer per jam, sedangkan untuk kendaraan roda empat 60 kilometer per jam.

“Di jembatan ini akan dipasang anemometer. Jika misalnya kecepatan angin melebihi ambang batas, maka jembatan akan ditutup untuk penyeberangan,”

Jembatan Suramadu Waktu Malam

Foto Jembatan Suramadu Malam Hari

Unjuk Rasa Jembatan Suramadu :

Peresmian Jembatan Suramadu sendiri diwarnai aksi unjuk rasa mahasiswa yang berjudul : Aliansi Mahasiswa Menggugat (AMM). Aksi dimulai dari Kampus Universitas Trunojoyo (Unijoyo) dengan mengendarai sepeda motor menuju lokasi peresmian jembatan Suramadu di Dusun Sekar Bunguh, Desa Labang, Kecamatan Labang Bangkalan. :-S

Megawati Bicara Suramadu :

Selain diwarnai aksi unjuk rasa, Jembatan Suramadu pun diklaim sudah direncanakan sejak Jaman Bung Karno. Megawati mengumumkan konfirmasi ini karena menyayangkan pemberitaan yang seolah-olah dikemas khusus untuk beberapa kalangan. (H)

“Saat itu Bung Karno mencanangkan program Semesta Berencana, saya masih kecil waktu itu. Program tersebut disetujui dan mendapat perhatian pemerintah sesudah presiden Sukarno setelah dirinya menjadi Presiden.”

“Saat saya memimpin Indonesia hubungan dengan pemerintah Tiongkok belum mencair.Namun pasca perang dingin usai dilakukan pendekatan lagi dan membuka hubungan yang harmonis antar kedua negara hingga kemudian terjadi kesepakatan dengan pemerintah Tiongkok. Pemerintah Tiongkok siap membantu terkait dengan pembangunan suramadu,pemerintah Tiongkok siap membantu pembangunan sisi tengah, sedangkan sisi selatan Surabaya dan sisi Utara dikerjakan oleh anak bangsa”.

“Saya cerita ini semua biar masyarakat tahu, bahawa pencanangan Suramadu dicanangkan sebelum Presiden saat ini,”

Uji Coba Jembatan Suramadu

Malam Pertama Jembatan Suramadu

Suramadu Bridge bakal gratis dilewati masyarakat umum selama kurang lebih 2 minggu. Setelah itu, tarif jalan tol Suramadu akan ditentukan setelah perundingan, masing-masing tarif Mobil, tarif Sepeda Motor.

Berita dan foto via malangraya.web.id,cahpamulang.blogspot.com,forumkami.com,beritajatim.com