Tempat Wisata Garut

Jul 4 2010

Peta wisata GarutDaftar tempat wisata Garut dibawah mungkin bisa jadi sasaran tujuan liburan kamu. :-) Kabupaten Garut juga nggak kalah lho dengan kota wisata lainnya di Indonesia, dan mempunyai berbagai macam potensi wisata yang bisa dikunjungi, (H) seperti Cipanas, Gunung Papandayan, tempat sejarah Candi Cangkuang, Kawah Kamojang, Arung jeram di Cimanuk sampai dengan wisata Pantai di Ranca Buaya. (P) Berikut ini disajikan sebagian obyek wisata yang mungkin dapat kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Cipanas

Cipanas

Daerah wisata yang terletak di kecamatan Tarogong Kidul, Garut ini menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi wisatawan, (Y) walaupun bukan alami alias buatan manusia, namun sejumlah daya tarik yang disuguhkan, seperti taman rekreasi, kolam renang air panas, dan jogging track serasa menyihir pengunjung yang datang ke sini. ;-)

Jarak tempuh ke tempat menarik ini lumayan dekat bila kamu datang berkendara, kamu hanya perlu menempuh jarak 2 km dari Kecamatan Tarogong. (O) Bila menggunakan angkutan kota, bisa naik jurusan Cipanas-Tarogong dengan hanya merogoh kocek seribu rupiah.

Taman rekreasi ini berbatasan dengan Desa Pasawahan/Kampung Dukuh, Kecamatan Tarogong di sebelah barat, Kecamatan Bayongbong di selatan, dan di timur dengan Kecamatan Tarogong. (*) Luas tanah yang dimiliki Pemda Garut dengan tempat penginapan Hotel Cipanas adalah seluas 9.335 m2.

Jangan lupa untuk membawa kamera, karena kondisi lahan taman rekreasi indah yang berbukit-bukit sayang untuk dilewatkan. (P) Bawa juga baju ganti untuk menikmati kolam renang air panas dan sebagai ganti bila kamu memutuskan untuk menginap di hotel murah di sekitar lokasi. (I)

Situ Bagendit

Situ Bagendit

Taman rekreasi Situ Bagendit merupakan obyek wisata alam yang berupa danau yang juga bisa kamu kunjungi dengan daya tarik wisata berupa Situ, danau dan taman rekreasi. (D) Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menggunakan perahu atau rakit untuk mengelilingi danau, atau bahkan menggunakan sepeda air. (K)

Tempat wisata indah ini berbatasan dengan Desa Banyuresmi di utara, Desa Cipicung di selatan, Desa Binakarya di timur, dan Desa Sukamukti di barat. (@)

Harga tiket masuk Situ Bagendit juga cukup murah, :-P dengan berdasarkan perda no. 11 tahun 2001 yaitu sebesar Rp. 1.000/orang untuk dewasa dan Rp. 500/orang untuk anak-anak.

Sayang kondisi lingkungan tidak mendukung wisata murah ini karena masih banyaknya pencemaran sampah dan vandalisme berupa coretan-coretan di bangunan dan pohon. :-(

Obyek wisata Situ Bagendit dapat ditempuh dari pusat kota Garut hanya sejauh 4 km saja. :-D Bila kamu bepergian dengan angkutan umum, bisa naik angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 1.500 saja dan dilanjutkan dengan ojek dua ribu rupiah. (C)

Pantai Santolo

Pantai Santolo

Obyek wisata yang satu ini memiliki pemandangan indah yang bisa kamu dapatkan di Garut Selatan. (H) Wisata Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang populer sebagai tujuan wisata liburan. Pantai ini terletak di kecamatan Cikelet, dengan jarak tempuh 3,5 jam (88 km) dari pusat kota Garut menuju ke selatan. (G)

Selain menikmati indahnya pemandangan, kamu juga bisa melihat berkumpulnya nelayan tradisional di pesisir pantai lantaran mereka menggunakan daerah ini sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. (^) Kamu juga bisa menggunakan perahu untuk mengarungi pantai dan menikmati hidangan seafood yang segar. (B)

Tempat retreat diatas dinobatkan pemkab menjadi tempat wisata dengan jumlah pengunjung paling besar tahun 2010 ini (Jan-Feb). Sayang deh bila melewatkan liburan hanya dengan duduk-duduk dirumah. Selamat berlibur! ;-)

Chee-U .^_^.