Tiga Anak Lukman Sardi di Didik Ala Bule

Gosip artis bagi pengalaman (I) Tiga Anak Lukman Sardi di Didik Ala Bule berkat profesi lamanya sebagai Guru.

(H) Didikan untuk tidak berkata “Jangan” dan “Tidak Boleh” pada anak kecil ini sendiri didapat bintang film Laskar Pelangi ini saat menjadi pengajar anak-anak Bule. ;-)

Pengalaman Lukman Sardi Jadi Guru Playgroup anak Indonesia dan Expatriat (H) membuat suami Pricillia Pullunggono ini belajar cara didik Warga Negara Asing (Y) yang lebih banyak membebaskan anak untuk melakukan sesuatu. :-$ Berbeda dengan anak Indonesia yang lebih banyak dilarang.

“Di playgrup kan ada anak-anak expat, anak bule, :-) karena tempatnya daerah Kemang. Ada anak Indonesia juga,”

“Secara beda antara bule dan indo, di situ pada akhirnya gua bisa membedakan ;-) bagaimana cara bule dan Indonesia mentreat anak,”

“Kalau anak Indonesia itu, :-( apa-apa enggak boleh sama orangtuanya. Mau apa, “jangan”, “enggak boleh”. Sebaliknya :-) dengan orang ekspat, anak bule.”

Ayah dari (L) Akiva Dishan Ranu Sardi (28 Desember 2009), Akira Deshawn Yi Obelom Sardi ( 15 Mei 2012) dan Akino Dashan Kaimana Sardi (1 Agustus 2013) ini sendiri  mengaku (K) sedapat mungkin menghindari kata tidak boleh jika sang anak ingin mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya.

“Misal nih, (H) anaknya mau naik tangga, mereka (Bule) nggak bilang “jangan”… didiemin aja, tetapi diikuti.” :-)

“Ini justru yang menurut gue bikin anak lebih mandiri. (Y) Si anak nantinya malah jadi nggak takut risiko,”

“Justru itu ;-) yang bikin gue mengikuti untuk nggak bilang nggak boleh. Itu yang gue terapkan di rumah. ;-) Setiap kali gue melarang, gue jelaskan dengan alasan detail yang dimengerti sama anak,”

“Kalau anak gue, mau jungkir balik kotor-kotor, :-D nggak apa-apa. Ditungguin dan gue ajarin cuci tangan, cuci kaki setelahnya (I) dan itu yang terbawa ke anak-anak gue,”