Tips: 3 Hal Wajib Perawatan Kulit Sehat

Perawatan kulit yang benar menjadi prioritas utama penghindaran kanker kulit. Polusi udara, paparan sinar ultra violet, konsumsi makanan tidak sehat serta kurangnya nutrisi bisa bikin kulit jadi bermasalah. Padahal 90 % tubuh kita didominasi oleh kulit, dan faktanya hanya 1 % saja yang kita jaga kebersihannya. Satu hal yang perlu diketahui, terjadinya alergi, ruam kulit, dan keringat adalah efek jangka pendek kulit yang tidak terawat. Sedang efek jangka panjangnya adalah terjadinya penuaan kulit dan tumor/ kanker kulit. Karenanya wajib bagi kita untuk setidaknya memberikan perawatan dan asupan yang sesuai untuk kulit.

Ada 3 hal yang wajib jadi santapan kulit tubuh kita:

1. Pembersihan
Wajib hukumnya buat senantiasa ngebersihin kulit untuk menjaga kelembabannya. Gak harus terlalu berlebihan kok, cukup rutin dan secara wajar aja. Artinya, ga perlu mandi terlalu sering biar tubuh selalu bersih. Malahan keseringan mandi bisa bikin kulit jadi makin kekeringan. Hindari juga pemakaian scrub yang terlalu sering. Ingat, mandi 2x sehari dan pakai scrub seminggu sekali. Gunakan juga sabun dengan PH Balance dan mengandung Moisturizer (pelembab).

2. Nutrisi Kulit
Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin yang penting untuk kulit. Vitamin A, C, dan E adalah vitamin terpenting dalam hal ini. Beberapa manfaatnya, mengurangi efek polusi pada kulit dan juga sebagai antioksidan ( pencegahan terhadap kanker kulit).

3. Sunblock (pelindung matahari)
Penggunaan sunblock bisa jadi kebutuhan penting bagi kulit. Pasalnya, kita sering banget ngelakuin kegiatan yang ngebikin kita harus berpanas-panas ria di bawah matahari meski hanya sesaat. Tapi, ada aturan sendiri untuk penggunaan sunblock yang dianjurkan.

*. Pilih sunblock dengan SPF optimum 15 – 30
NB. Ga perlu milih SPF >30 karena selain harga lebih mahal, efeknya sama aja dengan SPF 30
*. Gunakan 30 menit sebelum pergi dan lakukan pengulangan lagi setiap 2 jam
*. Lakukan 2x pengolesan tiap akan memakai sunblock
NB. Pemakaian pertama untuk mengisi kulit dalam (lubang pori-pori kulit)
Pemakaian kedua untuk meratakan pengolesan sunblock awal
*. Yang terakhir, idealnya untuk 1cm2 kulit dibutuhkan 2 mg krim sunblock
Nb. Pemakaian terlalu tebal memang bikin kulit terlalu putih, namun manfaat maksimal sunblock akan didapat bila mengikuti anjuran.

Asal tahu aja, perawatan standart diatas dapat dimulai dari usia dini yaitu 6 bulan. Tabir surya menjadi konsumsi aman bagi kulit. Siapapun, balita, orang dewasa, lansia, pria, maupun wanita sebaiknya menjaga benar kesehatan kulit. Kulit sehat bukan berarti harus putih, namun lembab dan kenyal.

Coba dech, tips perawatan kulit diatas.

Semoga bermanfaat .^_^.

Ditulis ulang dengan opini dari: Radio Suara Surabaya