Tips: 3 Hal Wajib Perawatan Kulit Sehat

Perawatan kulit yang benar menjadi prioritas utama penghindaran kanker kulit. Polusi udara, paparan sinar ultra violet, konsumsi makanan tidak sehat serta kurangnya nutrisi bisa bikin kulit jadi bermasalah. Padahal 90 % tubuh kita didominasi oleh kulit, dan faktanya hanya 1 % saja yang kita jaga kebersihannya. Satu hal yang perlu diketahui, terjadinya alergi, ruam kulit, dan keringat adalah efek jangka pendek kulit yang tidak terawat. Sedang efek jangka panjangnya adalah terjadinya penuaan kulit dan tumor/ kanker kulit. Karenanya wajib bagi kita untuk setidaknya memberikan perawatan dan asupan yang sesuai untuk kulit.

Ada 3 hal yang wajib jadi santapan kulit tubuh kita:

1. Pembersihan
Wajib hukumnya buat senantiasa ngebersihin kulit untuk menjaga kelembabannya. Gak harus terlalu berlebihan kok, cukup rutin dan secara wajar aja. Artinya, ga perlu mandi terlalu sering biar tubuh selalu bersih. Malahan keseringan mandi bisa bikin kulit jadi makin kekeringan. Hindari juga pemakaian scrub yang terlalu sering. Ingat, mandi 2x sehari dan pakai scrub seminggu sekali. Gunakan juga sabun dengan PH Balance dan mengandung Moisturizer (pelembab).

2. Nutrisi Kulit
Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin yang penting untuk kulit. Vitamin A, C, dan E adalah vitamin terpenting dalam hal ini. Beberapa manfaatnya, mengurangi efek polusi pada kulit dan juga sebagai antioksidan ( pencegahan terhadap kanker kulit).

3. Sunblock (pelindung matahari)
Penggunaan sunblock bisa jadi kebutuhan penting bagi kulit. Pasalnya, kita sering banget ngelakuin kegiatan yang ngebikin kita harus berpanas-panas ria di bawah matahari meski hanya sesaat. Tapi, ada aturan sendiri untuk penggunaan sunblock yang dianjurkan.

*. Pilih sunblock dengan SPF optimum 15 – 30
NB. Ga perlu milih SPF >30 karena selain harga lebih mahal, efeknya sama aja dengan SPF 30
*. Gunakan 30 menit sebelum pergi dan lakukan pengulangan lagi setiap 2 jam
*. Lakukan 2x pengolesan tiap akan memakai sunblock
NB. Pemakaian pertama untuk mengisi kulit dalam (lubang pori-pori kulit)
Pemakaian kedua untuk meratakan pengolesan sunblock awal
*. Yang terakhir, idealnya untuk 1cm2 kulit dibutuhkan 2 mg krim sunblock
Nb. Pemakaian terlalu tebal memang bikin kulit terlalu putih, namun manfaat maksimal sunblock akan didapat bila mengikuti anjuran.

Asal tahu aja, perawatan standart diatas dapat dimulai dari usia dini yaitu 6 bulan. Tabir surya menjadi konsumsi aman bagi kulit. Siapapun, balita, orang dewasa, lansia, pria, maupun wanita sebaiknya menjaga benar kesehatan kulit. Kulit sehat bukan berarti harus putih, namun lembab dan kenyal.

Coba dech, tips perawatan kulit diatas.

Semoga bermanfaat .^_^.

Ditulis ulang dengan opini dari: Radio Suara Surabaya

  • rizqi

    thanks bangets yaW wat tipsnya…….
    ntar pzt aq coba

  • puTri

    tERma kasih yAch bwT tiPsnya
    ntar pZti aQ coBa:-D (*)

  • Suci Citra Agustina

    Makasih ya atas tipsnya. Baguzz bgt!!!
    Mau tanya nih.. Sunblock itu dipake buat kulit tubuh (mis kaki n tangan) juga wajah ya?!
    Blz yupp..
    Penting nih..
    Tnkx b4

  • dd

    makaci makaci kebetulan nic koelitku ga sensii jadi mesti dirawat extra .dan yang paling bener kayaknya kulit mang kudu sering dikasi pelembab.dan kalo kulit sensi baek’nya jangan pake sabun antiseptik coz malah bikin kulit kita kering (Y) ;-)

  • puzie

    uwaa,, keyen bgdzzz deh,, bs tw ttg kcantikan,, ehh pi w muw tnya cra ilangin bekas jrawat n jrawat kcil2 yg byk gmn cii,, bls iaaaaa,, thx iaa

  • puzzie

    kereeen bgd

  • puziie

    uwaaa,, baguzz,bguz,, qu jd tau byk dee,, eh qu muw tnya donk,, cara ilangin bekas jrawat n jrawat kecil2 tu gmn cii, pi ni buat cowo yaa,, bls yaa.. thx (8)

  • eVa

    Wowww…
    makacie yua ataz inpo tentang jerawat inii.. mudah2an inpo ini bisaa menjadi manfaat bagi orang yang mempunya kulit wajah yg sensitif…
    :-) (*)

  • mee2

    Waaa, vitamin mang penting bgt bwt tubuh. Makanya mesti rajin2 konsumsi vitamin.

    Anyway, thx ats info ok nya…

  • rosaa

    bguzz.. Bgt th info,y..
    Mau nany nch,kalo untk kult brminyk n kusam gemana cr,y? Mhn info,y? Mkch

  • tiias

    .sipp.sippp…
    .patut di cobba tuh tips.tips.a..
    .hehe… (Y) (L)

  • wulan

    ya ya ya aku sk tips kesehatannya tp blh donk tanya knp klu aku mkn vitamin utk kulit nafsu makanku jd nambah ya ????