Tips Menawar Barang

Menawar BarangBuat para pecinta gosip selebritis, pernah kepikir ga’ gimana cara nawar produk biar kita lebih hemat, plus bisa ngirit. Istilahnya, hemat pangkal kaya, nawar pangkal untung!. Sayangnya, ga’ semua orang bisa nawar ‘n tau tips menawar barang yang benar. So, dikala kita lagi ngebet pengen beli barang ini, tapi melongo denger harga yang ditawarin sama yang jual, eh begitu nyoba nawar langsung keder begitu si penjual ngomel-ngomel terus pasang tampang galak. Ziutzz.. langsung dee nyiut nyali. But, eng ing eng, hare genee ga’ bisa nawar, Rugi bangetttt, sis ;-)

Sebenernya, Tawar Menawar itu gampang ‘n ga’ sesulit yang kita kira, kalo tau caranya.. (ya iyalah, masa ya iya dunks..) secuil tips bakal bagi hal yang musti diperhatiin kalo kalian emang niat pengen berhemat dari pengeluaran belanjaan. :-)

  • Observasi

Pilih tempat belanja yang letaknya ga’ terlalu jauh dari tempat tinggal. Soalnya, kalo milih tempat yang terkenal jual barang dengan harga miring tapi jaraknya juauuh buanget dari rumah, mikir lagi dee. Nie.. terakhirnya malah rugi gara-gara musti naik turun metromini sampai 7 kali, ato malah musti nyarter taksi, bahkan sampai harus manggil tukang urut gara-gara kecapekan. Waduwh, barangnya murah, tekor belakangan. :-P

  • Hitung Anggaran Belanja

Mumpung ada diskon besar dan harga murah, manfaatkan dee momen ini buat beli barang lebih banyak dari biasanya. Nie, biar ga’ kalap kalo liat obralan, catat dengan teliti barang apa yang pengen dibeli plus anggaran yang kita patok. Siapkan sejumlah uang dari anggaran yang udah kita catet itu dengan uang tunai.

Soalnya, kalo pake’ kartu kredit biasanya, obralan jarang disediakan pembayaran kartu kredit kalopun ada pasti ditambah 3%. Ditambah lagi, uang tunai bisa jadi alasan buat nawar, gini nie : ‘yah.. uang saya tinggal 50 ribu nie.. ga’ papa ya..’ ;-)

  • Waktu Belanja

Terkadang kita selalu ikutan arus, orang pada rame kumpul di obralan ini, ngikut. Pada nge gerombol disana, ikut juga. Eits.. tahan dulu, bu’.. Kalo dalam keadaan ramai, banyak orang yang beli, biasanya penjual bakal pelit harga ‘n lebih nahan dengan harga tinggi. So, pilih waktu belanja, di jam-jam sepi. Misalnya dihari kerja, atau pagi pas weekend. Jangan ragu juga buat keliling ke seluruh toko yang ada buat ngebandingin harga, toh mereka juga butuh kita karena pembeli lagi sepi, jadi kita bisa bebas jadi raja. :-D

  • Teliti Barang

Ada beberapa penjual yang menetapkan harga pas pada barang jualan mereka. Sampai mereka ngotot kalo barang ini ga’ bisa ditawar. Eitss, jangan patah semangat dulu, jeng. Kita tetep bisa nawar barang belanjaan itu dengan mencari kelemahan produk yang di jual. Cacat sedikit pada produk bisa jadi asalan mempermurah harga (cacatnya jangan kebangetan tapinya, rugi kita dunks). Terus, produk pajangan atau tinggal satu-satunya juga bisa ditawar lebih murah tuw. :-)

Tips Sukses Menawar Barang :

Tips Sukses Menawar Barang

Sudah paham? Yupz.. oke dee… sekarang waktunya Menawar Belanjaan. Oktavita.com bakal bagi satu hal lagi nie buat kalian. Ceritanya gini, Indonesia punya banyak suku bangsa yang bergabung dalam satu wilayah pusat perbelanjaan (Entah itu mall, pasar, de el el) makanya beda suku bangsa penjual, ya beda lagi trik nawar barangnya. Jadi, ga’ sembarangan kita bisa negosiasi dengan trik yang sama yach.

  • Minang

Mereka tega menolak tawaran pembeli tanpa basa-basi. Jadi, kita harus pantang menyerah dan tegas menghadapi mereka. Langsung tawar aja setengah dari harga asli dan tinggalin mereka kalo tawaran kita ditolak. Jangan sampai kita nunjukin kalo kita sebenernya ngebet banget pengen beli.

  • Tionghoa

Mereka biasanya lebih lunak kalo pembelinya bisa berbahasa mandarin atau kanton, bisa dee dapet harga miring. Tapi, kalo ga’ bisa bahasa mereka, mending dee ajak temen yang bisa bahasa itu atau yang berwajah oriental.

  • Jawa

Mereka hobi banget curhat. Coba dee, basa basi aja tanya soal kampung halaman, keluarganya atau apapun lah dengan bahasa yang halus, pokoknya yang bisa membuat mereka menghargai kita. Lalu tawar produk mereka dengan sopan dan halus. Mereka pasti ga’ enak buat nolak tawaran kita.

  • Batak

Mereka paling suka dipuji. Maka tunjukkan kalo kita tertarik dengan barang yang mereka jual. Biar aja tampang mereka galak, tapi itu luarnya aja kok. Kalo kita lebih galak, mereka bakal ngalah juga. So, kalo mereka keukeuh, ya tinggalin aja, nanti juga dipanggil balik kok. Cuman, jangan tolak tawaran kalo mereka udah setuju harga kita, bisa ngamuk berat tuw..

  • Sunda

Mereka paling suka mengkasihani diri sendiri. Trik yang mereka gunakan adalah dengan sengaja menceritakan betapa kecil keuntungan yang mereka dapat. Ini cara supaya kita ga’ tega buat nawar. Eitss, tenang, mereka gampang kok dibujuk, kalo kita sabar. Ikuti logat bicara mereka dan tawar lebih dari satu barang. Tegaskan juga harga yang kita mau. Intinya, sabar dee.

  • India

Mereka biasanya bakal kasih beberapa pilihan pada kita KALAU kita mau jujur apa yang kita butuhkan. Jangan malu untuk bilang apa yang kita perlukan supaya mereka juga bisa kasih kita pilihan lain. Biasanya juga kalo kita beli banyak, mereka juga bakal kasih kita diskon kok.

Yuk marie, nyonyah-nyonyah, saatnya kita bergabung dengan kaum hawa di pusat perbelanjaan sana. Eitss, jangan lupa juga lho, sisain anggaran buat ongkos pulang. Entah naek becak, bus, metromini, ojek, ato apapun. Jangan sampe’ kita sukses nawar barang tapi begitu keluar dari sarang penyamun, dompet kita langsung kosong melompong. :-D

Praktekin tips sukses menawar belanjaan yuuk..

Chee-U .^_^.

Info via citacinta