Tips Mencari Lowongan Kerja CPNS 2008

Bagi yang lagi nyari info lowongan kerja CPNS november 2008 ini, quw mau bagi-bagi tips nih seputar perjuangan pencarian informasi yang tergolong gampang-gampang susah ini. Mau tau? Baca terus deh tips mencari lowongan CPNS ini:

1. Situs Website Instansi Pemerintah (xxxx.go.id)

Ini seharusnya merupakan tujuan pertama para pencari lowongan kerja CPNS, karena informasi lowongan kerja yang disampaikan benar-benar ada dan bisa dikatakan valid. Hampir semua instansi Pemerintah Pusat memiliki situs web, dan memajang lowongan CPNS di halaman webnya.

Tapi ada satu kelemahan dasar yang terus berulang dari tahun ke tahun, yaitu ketika pengunjung webnya mencapai angka tertentu, situs tersebut tidak dapat diakses (alias kehabisan bandwidth). Kenapa bisa begitu? Departemen pemerintah yang bersangkutan tidak mengantisipasi dengan menambah kapasitas bandwidthnya karena di kondisi normal, bandwidth situs web tersebut masih sangat memadai. Satu lagi, SDM terbatas dan koordinasi yang lemah antar pengelola web.

2. Radio dan Koran

Tujuan kedua adalah mencari lowongan kerja CPNS di radio dan koran lokal, karena nggak semua instansi pemerintah (khususnya nih pemerintah daerah) nggak punya website. Membaca koran dan mendengarkan di radio pun punya strategi.

Apa strateginya? Baca cuman pada bulan-bulan Agustus sampai November, soalnya biasanya pada bulan-bulan inilah formasi pegawai baru akan diumumkan. Kalo untuk lowongan kerja CPNS khususnya di bagian departemen pemerintah daerah, kamu-kamu bisa baca di koran-koran lokal. Kalo untuk pemerintah pusat, biasanya diiklanin di harian nasional, kayak Kompas, Republika, dsb. Kalo perlu, beli tiap hari koran, ato baca di perpustakaan kampus ato perpus daerah buat yang nggak punya duit :p

Kalo radio? Radio lokal juga perlu sering didengerin buat nyari lowongan CPNS terbaru, soalnya ada juga yang nyiarin lewat radio, terutama RRI atau radio lokal di kota kamu.

3. Papan Pengumuman di Instansi Pemerintah

Samperin instansi pemerintah yang kamu tuju, soalnya biasanya instansi tersebut punya papan pengumuman atau di pintu yang bisa diliat umum buat nempelin lowongan kerja. Tapi biasanya pengumuman nggak akan lama dipasang (paling lama seminggu-dua minggu), abis itu ilang. Makanya, rajin-rajin dong nyamperin ato kalo punya temen di instansi itu, tanyain aja kapan ada pengumuman penerimaan PNS ato apa ada lowongan terbaru. Waktu penempelan pengumuman sih biasanya sama kayak pengumuman lowongan kerja CPNS di koran-koran (bulan-bulan Agustus sampai November).

4. Website Lowongan Kerja

Nah ini bagi yang hobi ke warnet. Kamu-kamu yang bisa ngenet bisa coba search di google dengan kata kunci lowongan kerja cpns, lowongan 2008, cpns november 2008, lowongan cpns departemen, lowongan cpns terbaru, ato kata kunci yang lainnya yang ada kata lowongan kerja, cpns, departemen, november, dan terbaru. Kalo udah ketemu, langganan aja RSS lewat akan dikirim email ato bookmark di browser kamu.

Selamat mencari Lowongan Kerja di tahun 2008 ini! Semoga sukses!

.^_^.