Tips Scanning Foto

Feb 1 2011

Scanning FotoSemua orang pastinya punya foto dalam bentuk cetak, (B) yang akhir-akhir ini memang lagi populer dengan menggunakan file digital daripada film negatif yang udah jadul. (P) Untuk mereproduksi foto dalam bentuk cetak tanpa adanya klise atau file digital, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan scanner. (I) Tidak mudah lho untuk melakukannya, :-P maka dari itu tips scanning foto dibagiin buat kamu-kamu yang ingin mendapatkan hasil foto digital yang tidak berbeda jauh dari foto cetaknya sendiri. (*)

Scan Foto

Melakukan scan terkesan mudah, tapi bila kamu memakai setting yang salah dalam scanner, :-( maka hasil gambar yang dihasilkan bisa jadi menjadi blur, pecah, atau banyak bintik-bintik pada foto digital. :-O

Berikut adalah beberapa tips scanning foto yang bisa kamu ingat-ingat ketika akan menscan: (D)

  • Pilih dpi yang paling tinggi pada scanner (C)
    dpi atau dot per inch ini penting untuk mereproduksi foto digital kembali ke versi cetaknya, :-$ semakin tinggi dpi maka semakin bagus kualitas foto cetak yang dihasilkan. (H) Umumnya foto digital dengan kualitas tinggi menggunakan 300 dpi. dpi yang tinggi juga membutuhkan banyak space hard disk atau flashdisk. (~)
  • Pilih dpi yang rendah untuk keperluan web (O)
    Kalau tujuan scan foto hanya untuk email atau berbagi foto di facebook, :-) 72dpi lebih dari cukup untuk menyimpan file digital tersebut. (T) Ingat bahwa dpi yang rendah juga mengakibatkan foto menjadi blur atau pecah bila photo terlalu banyak dibesarkan dari aslinya. (8)
  • Pilih JPG sebagai format output dari scanning foto (^)
    Format JPG sudah dipercaya dapat memampatkan / compress file :-$ khususnya foto dengan baik sehingga dapat menghemat tempat di harddisk. (&)
  • Simpan foto digital dalam 600dpi (E)
    Untuk menyimpan file foto digital yang dapat direproduksi kembali ke banyak ukuran, kamu bisa pilih format TIFF yang uncompressed dan 600dpi sebagai setting di scanner. (L)
  • Pelajari manual scanner :-S
    RTFM atau read the fine manual seringkali dikumandangkan di forum-forum atau website mengenai manual elektronik (I) yang berarti kamu harus membaca terlebih dahulu manual yang diberikan sebelum menanyakannya :-P karena biasanya manual sudah dapat menyelesaikan masalah yang umum dialami oleh pelanggan scanner. (F)
  • Belajar PhotoShop
    Untuk membuat hasil foto lebih maksimal, luangkan waktu untuk mempelajari software edit foto seperti Adobe Photoshop. ;-( Olahan digital seperti milik Darius Manihuruk bisa jadi referensi kamu untuk membuat foto jadi semakin keren. (Y)

Semoga tips scanning foto diatas bisa bermanfaat. (B)

Chee-U .^_^.