Trik Optimalisasi Firefox

Trik Optimalisasi FirefoxTrik optimalisasi Firefox ini bisa kamu gunain buat ngedapetin performa yang baik, yaitu untuk mempercepat Firefox buat browsing di Internet dan download buat pengguna Mozilla Firefox 3 :-) – versi terbaru dari browser populer ini. Buat yang belum ngerti apa maksud dengan kata optimasi, bisa baca artikel pengertian optimalisasi deh. (D)

Satu cara gampang buat mempercepat akses Internet di Firefox adalah dengan mendisable atau menghapus extensions atau plug-in. :-P Tapi kalau kamu nggak bisa “hidup” tanpa plugin-plugin tersebut, ada baiknya terus baca tips berikut. Pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai macam tips, trik yang dapat mempercepat Mozilla Firefox khususnya untuk penggunaan setting internal browser dengan about:config. (Y)

About:Config Mozilla Firefox

Backup Dulu

Sebelum memulai tuning Firefox, ada baiknya kamu backup dulu konfigurasi Firefox (about:config) buat jaga-jaga aja kalau-kalau kamu mau ngembalikan settingan awal. (*) Caranya adalah dengan mengcopy file dibawah ini ke tempat lain di komputer kamu. (I)

Di Windows XP: (P)
Documents and Settings\\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\<namaProfile>.default\

Di Windows Vista: (@)
Users\\AppData\Roaming\Mozilla\Firefox\Profiles\<namaProfile>.default\

Trik Optimalisasi Firefox

Kelemahan Mozilla Firefox memang banyak, tapi salah satu kelebihannya adalah kemudahan untuk mengubah settingan. (C) Berikut akan dijelaskan berbagai cara untuk mempercepat browser Firefox kamu, antara lain:

Optimasi Firefox di Koneksi Broadband

Secara default, Firefox dioptimasi untuk koneksi dialup. :-P Bila kamu berada pada koneksi DSL, kabel, atau broadband contohnya Speedy, Telkomsel Flash, IM2 atau yang lainnya, bisa coba untuk mengedit file config di Firefox: (H)

  1. Ketikkan about:config di kotak input alamat Firefox lalu tekan Enter pada keyboard.
  2. Bila Firefox menampilkan pesan peringatan, tekan tombol “I’ll be careful, I promise!” :-$
  3. Gunain trik yang udah dibagiin di artikel mempercepat download sebelumnya. (Y)
  4. Selanjutnya, buat nilai integer dengan cara klik kanan pada ruang kosong lalu klik New -> Integer. Namai dengan nglayout.initialpaint.delay lalu tekan OK. Set nilainya menjadi 0 lalu klik OK.
  5. Buat nilai Boolean dengan cara klik kanan pada ruang kosong lalu klik New -> Boolean. Namai dengan network.http.pipelining.firstrequest dan klik OK. Ganti nilainya menjadi True.

Pesan Peringatan Firefox

Setingan diatas bisa kamu gunain di warnet, soalnya biasanya warnet memiliki koneksi broadband. (G) Kamu mungkin nggak akan ngerasa ada efeknya bila koneksi internet kamu dibawah broadband, atau bahkan dial-up. (~)

Pengaturan setting dibawah berlaku untuk pengguna broadband dengan kecepatan minimal 2 Mbps. (L) Untuk melakukannya, sillakan ketikkan about:config pada kotak alamat Firefox dan tekan Enter pada keyboard. Lalu gunakan kotak filter untuk mencari settingan berikut, lalu klik kanan dan tekan Modify. Ganti nilainya dan klik OK.

Setting yang perlu kamu ganti adalah: (^)

  1. network.dnsCacheEntries (ganti dari 20 menjadi 512).
  2. network.dnsCacheExpiration (ganti dari 60 menjadi 3600).
  3. Banyak ISP yang (belum) mendukung IPv6, (F) jadi bila kamu tau kalo ISP nggak dukung, silakan menonaktifkan settingan tersebut. Temukan network.dns.disableIPv6 lalu ganti menjadi True.
  4. network.http.max-connections (untuk menambahkan maksimal koneksi Firefox, ganti  menjadi 48 atau 96). :-)
  5. network.http.max-connections-per-server (untuk meningkatkan koneksi per server, ganti dari 15 menjadi 24).

Mempercepat Loading Halaman Website

Trik ini bisa digunain buat yang sebel dan pengen mempercepat loading facebook atau halaman website lain yang biasanya lambat banget keluarnya. (C) Pada dasarnya, situs yang besar memang membutuhkan waktu yang lama untuk mendownload lalu menampilkannya di browser. Firefox mempunyai delay sekitar 0.12 detik setiap download yang diterima, :-O dan ini akan memperlambat waktu loading website yang tergolong sangat besar. Untuk menghindarinya, kembali ke about:config dan gunain trik ini:

  1. Buat nilai integer dengan klik kanan pada ruang kosong dan pilih New -> Integer lalu namai dengan content.notify.interval dan ubah nilainya menjadi 500000 (lima ratus ribu) (E)
  2. Buat nilai Boolean (klik kanan pada ruang kosong, pilih New -> Boolean). Namai dengan content.notify.ontimer lalu ganti nilainya menjadi True.

Trik Mempercepat Respon Firefox

Pernah nggak kamu ngalamin kalo Firefox kadang-kadang lemot atau menjadi Not Responding :-( saat banyak tab yang kamu buka? Ini berarti Firefox lagi ngalamin interupsi karena pindah-pindah dari satu konten ke konten lainnya yang menjadikannya semakin tidak responsif. (*) Untuk menghindarinya, silakan gunakan tips berikut (kembali di about:config):

  1. Buat nilai Integer (caranya sama seperti pada tips-tips sebelumnya) lalu namai dengan content.switch.threshold lalu ubah nilainya menjadi 250000 (dua ratus lima puluh ribu) lalu klik OK. (8)
  2. Buat nilai Boolean, namai dengan content.interrupt.parsing lalu ubah nilainya menjadi False.

Memperbesar Cache Firefox

Tips berikut hanya berlaku bila komputer kamu punya banyak RAM. ;-) Memperbesar cache akan mempercepat loading blog atau website yang kamu buka berulang-ulang, karena cache digunakan untuk menyimpan script atau gambar dari website yang kamu buka ke dalam memori. ;-) Halaman yang disimpan ini akan lebih cepat dibuka karena Firefox tidak perlu mendownload script/gambar yang telah disimpan di dalam memori. Kembali ke about:config lalu buat nilai-nilai berikut:

  1. Buat nilai Integer lalu namai dengan browser.cache.memory.capacity dan ubah nilainya menjadi 65536.
  2. Restart Firefox dengan cara menutup (close) lalu buk a kembali aplikasi browser Firefox. (H)

Menonaktifkan Waktu Jeda Saat Menginstall Add-on

Setiap kali kamu menginstall add-on baru, kamu pasti diharuskan untuk menunggu beberapa waktu sebelum instalasi mulai berjalan. (B) Untuk menghilangkan waktu delay/jeda ini (gunain about:config):

  1. Cari security.dialog_enable_delay
  2. Klik kanan lalu klik Modify. Lalu ganti nilainya menjadi 0. :-[

Menonaktifkan Animasi

Trik berikut ini dibuat untuk menonaktifkan gambar-gambar animasi. So buat yang memang punya memori minim bisa deh dicoba langkah berikut (buka about:config): :-S

  1. Cari image.animation_mode lalu klik kanan dan pilih Modify.
  2. Ganti nilainya dari Normal menjadi None lalu tekan Enter. Ini akan menghentikan semua gambar animasi. (P)

Menginstruksikan Firefox Untuk Menggunakan Memori Lebih Sedikit Saat Minimize

Ada kalanya kamu ingin pindah dari Firefox ke aplikasi lain, misalnya Word atau Excel untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. (F) Nah, untuk menghemat memori komputer pada Firefox, sehingga sisa memori bisa dipakai oleh aplikasi lainnya, silakan gunakan seting berikut (di about:config):

  1. Buat nilai Boolean, namai dengan config.trim_on_minimize lalu ganti nilainya menjadi True.
  2. Restart Firefox (&amp;)

Trik diatas digunakan untuk memaksa Firefox untuk membebaskan sejumlah memori yang digunakan untuk bisa digunakan oleh program lainnya saat minimize.

Mengubah Setting Penggunaan Memori Firefox

Secara default, Firefox menggunakan beberapa persen dari RAM yang ada di komputer kamu. (I) Ini berarti bila kamu memiliki memori berlebih, Firefox akan menggunakan memori yang lebih banyak sesuai dengan memori yang ada di komputer. (D) Untuk menghindari ini, kamu bisa mengubah setting penggunaan memori Firefox menjadi fix dan nggak berubah-ubah.

  1. Cari browser.cache.memory.enable lalu ganti nilainya menjadi True.
  2. Buat nilai Integer lalu namai dengan browser.cache.memory.capacity lalu set nilainya menjadi memori yang terinstall di komputer kamu, yaitu: (C)

Setting RAM Firefox

Semoga sedikit tips optimalisasi Firefox dengan setting about:config ini bermanfaat. :-)

Chee-U .^_^.

  • jayadi

    thanks :-)