Update Firefox

Update FirefoxMau update Firefox? Web browser keluaran Mozilla ini memang secara resmi udah merilis versi teranyarnya, yaitu 3.6 dari yang sebelumnya hanya berupa versi beta. :-) Namun walaupun kamu bisa download browser ini secara gratis, tapi sebelum kamu mutusin buat upgrade, ada baiknya kamu baca tips update Mozilla berikut buat menghindari hal-hal yang nggak diinginkan. ;-)

Software Versioning

Software versioning adalah proses untuk menempatkan versi unik baik nama atau nomor versi yang unik untuk status yang unik dari perangkat lunak (software) komputer. (P) Dalam suatu nomor versi kategori (mayor, minor), nomor ini biasanya diberikan dalam rangka peningkatan dan sesuai dengan perkembangan baru dalam perangkat lunak. Pada tingkat yang lebih detail, kontrol revisi sering digunakan untuk melacak secara bertahap versi yang berbeda informasi elektronik, khususnya digunakan oleh pengembangan software. (I)

Nah, buat yang belum tahu, umumnya angka versi software apapun terdiri dari 4 bagian, yaitu: Major version, Minor version, Revision, dan build (walau nggak semua developer mematuhi ini). (H) Lebih jelasnya kamu bisa baca penjelasan berikut:

Misalnya: Versi 3.5.2.523

Ini berarti versi major adalah 3, minor 5, revisi 2 dan build 523. (I) Kita dapat mengabaikan versi build, karena biasanya ini digunakan oleh developer untuk tracking internalnya. Yang perlu diwaspadai adalah 3 angka didepannya, yaitu Major, Minor, dan Revision. (K)

Major berarti developer merilis software tersebut dengan berbagai fitur yang belum pernah ada pada versi sebelumnya. (*) Bila versi major 3, berarti banyak fitur yang tidak terdapat pada versi 2 yang ada di versi terbaru tersebut. Sedangkan versi minor, berarti ada perubahan “minor” dari software tersebut. :-D

Angka revisi biasanya memegang peranan penting dalam pengembangan software, karena biasanya angka yang lebih dari 0 bisa menjamin kestabilan perangkat lunak ini bila dijalankan di komputer. :-P Ini berarti versi dengan revisi yang lebih tinggi tidak banyak bugs dan problem lainnya seperti ketidak cocokan dengan sistem atau crash dengan operating system bila digunakan. :-O

Ada juga skema versioning lainnya, seperti: (@)

major.minor[.build[.revision]]
atau (C)
major.minor[.maintenance[.build]]

Dari standar tersebut, it’s up to developer mau gunain skema yang mana. Buat ngeliat versi Firefox kamu, buka aja folder Mozilla Firefox (biasanya terletak di C:\Program Files\Mozilla Firefox) di Windows. (*)

Mozilla Firefox 3.5.7

Ada juga versi yang perlu kamu tahu adalah versi alpha dan beta. Versi rilis alpha dan beta tidak stabil dan hanya digunakan testing. ;-) Biasanya versi ini dirilis oleh developer untuk mendapatkan feedback dari penggunanya sehingga pengembang mengetahui apa saja yang kurang atau menjadi masalah pada rilis tersebut, misalnya: kalau waktu jaman dulu di Fire fox belum ada Tabbed Browsing, sekarang kamu dah bisa gunain Ctrl+T buat nambah tab biar nggak bolak balik ke window lainnya buat ngeliat situs lain. (D)

Tips Update Firefox

Setelah mengetahui skema software versioning, pastinya kamu udah bisa menduga apa yang jadi tips buat update Firefox yang didaulat banyak orang menjadi best web browser ini, antara lain: (^)

  1. Update Mozilla Firefox kamu kalau udah ada versi revisinya. :-) Dengan kata lain, bila udah keluar Mozilla Firefox 3.6, tunggu sampai versi Firefox 3.6.1. Ini lebih stabil daripada versi 3.6 (L)
  2. Hindari keinginan untuk mendownload versi alpha atau beta kalau kamu nggak siap kalau-kalau komputer kamu crash atau bertingkah aneh dan nggak jelas. :-P
  3. Selalu download Mozila di website resminya di mozilla.com (D) (Ini untuk menghindari masuknya trojan, virus atau malware yang menyelinap yang dimasukkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab). (B)
  4. Selalu scan dengan antivirus terbaru setelah download file Firefox. :-[ Ini untuk menghindari terinfeksinya komputer kamu dengan virus yang nggak keliatan mata yang menginfeksi file setup Firefox, apalagi kalau kamu download dari warnet. Walaupun kamu udah download di situs resminya, bukan jaminan kalau file setup udah bersih dari virus. :-(
  5. Kalo kamu punya komputer “jadul” alias nggak pernah upgrade dalam waktu 5 tahunan ke belakang baik dari segi software maupun hardwarenya, ada baiknya kamu baca dulu kebutuhan yang diharuskan untuk bisa menjalankan browser ini. :-S Kamu bisa baca disini. Rupanya untuk versi 3.6, Firefox udah tidak mendukung Windows 98, jadi buat yang punya OS 98 siap-siap upgrade dulu ke Windows 2000 / XP buat bisa ngejalanin software Internet browser ini. (H)

Bila kamu memutuskan untuk download Mozilla Firefox terbaru, jangan lupa bahwa add-ons atau plugins di browser ini mungkin ada yang nggak dukung versi teranyar tersebut, (F) jadi jangan kaget kalo salah satu atau dua ada yang nggak jalan. (&)

Download Mozilla Firefox 3.6 disini. (Y)

Semoga tips update Firefox ini bermanfaat buat kenyamanan kamu berselancar di dunia maya. (B)

Chee-U .^_^.