Upload Lagu

Upload laguMau upload lagu buat promosi band indie kamu? Cara marketing ini efektif juga lho, dan juga solusi yang murah daripada membuat berkeping-keping CD yang kudu disebar secara manual dan butuh modal yang nggak sedikit. :-P Nah, kalo kamu salah satu musisi yang punya modal cekak, jangan kuatir soalnya artikel berikut bakalan membahas cara upload lagu sendiri, baik yang berupa demo lagu buat dikirim ke studio rekaman, (8) atau buat nunjukin kalo kamu fans dari band yang bersangkutan dengan menampilkan cuplikan lagu di MySpace, Friendster atau di status Facebook. :-)

Situs Upload Lagu

Situs yang bertebaran di Internet untuk upload lagu rata-rata gratis, alias nggak perlu bayar. Cukup sediakan akun email yang aktif dan tinggal daftar. ;-) Paling gampang biar lagu kamu diterima di situs-situs upload lagu adalah dengan meng-convert / mengubah format lagu kamu ke MP3, karena disamping lebih kecil ukuran filenya sehingga orang lebih cepat dengerinnya, file MP3 udah dikenal banyak orang. (B) Berikut adalah beberapa tempat yang bisa kamu gunain untuk upload lagu:

  1. MySpace.com
    MySpace tidak diragukan lagi memang tempatnya para musisi, coba aja liat situsnya disana banyak musisi terkenal yang nempatin demo lagunya disana (sebut saja salah satunya adalah Kevin Aprilio (L) sang pujangga band Vierra yang memajang hasil karyanya) yang bisa langsung dinikmati oleh pengunjung situs tersebut.
  2. Multiply.com
    Satu lagi website wajib dikenal buat para artis atau musisi. (^) Hampir sama dengan myspace, multiply juga menyediakan gallery untuk musik maupun untuk foto.
  3. YouTube.com
    Situs video sharing milik google ini wajib buat kamu gunain. Nggak perlu punya handicam buat bikin video klip ala artis papan atas untuk mengupload lagu kamu, (~) cukup gunain aja Windows Movie Maker dan buat beberapa slide dengan background musik MP3 kamu. Mudah kok. (H)
  4. Rapidshare.com
    Siapa yang nggak kenal rapidshare? Situs file sharing ini memang udah terkenal karena kecepatan servernya untuk menyediakan file-file yang dapat diunduh secepat kilat dengan akun premium. :-P Berbeda dengan MySpace, di situs ini kita hanya dapat mengupload file lagu dan pengunjung harus mendownload terlebih dahulu dan memainkannya di MP3 player sebelum lagu kamu dapat didengar. :-S
  5. Mediafire.com
    Sama halnya seperti rapidshare, mediafire juga menyediakan jasa untuk menyimpan file, jadi nggak cuma file lagu aja, tapi semua file bisa ditampung disini. (I) Bedanya dengan rapidshare yang menghambat pengunjung untuk mendownload file setelah kuota melebihi dari yang telah ditetapkan, mediafire lebih fleksibel dengan menyediakan pararel download (download lebih dari satu file secara bersamaan) tanpa batas waktu. :-)
  6. Indowebster.web.id
    Salah satu alternatif untuk mengupload lagu kamu adalah lewat indowebster. Dengan server yang ada di Indonesia, pasarnya tentunya lagu Indonesia. (K) Karena server yang berada di tanah air, pastinya kecepatan download untuk pengunjung lebih besar dibandingkan file sharing lainnya.
  7. Facebook.com
    Yang ini bukan file sharing, tapi kamu bisa promosi di facebook, baik di status maupun dengan membuat page / halaman dengan menyertakan link ke MySpace, blog, atau ke file sharing tempat file MP3 kamu berada. (H) Tapi jangan buat account facebook palsu lho.
  8. Friendster.com
    Situs pertemanan yang satu ini bisa kamu gunain untuk mengenalkan lagu kamu dengan cara memasukkan embed video atau mp3 ke dalam profil friendster. (E) Selain itu, FS juga bisa kamu gunain untuk memperluas jaringan pertemanan kamu sehingga banyak yang kenal sama musik kamu, contohnya aja friendster The Virgin.
  9. Blog
    Media promosi yang satu ini bisa kamu gunain buat semacam diari yang menunjukkan aktivitas atau progress pembuatan lagu. (H) Banyak lho yang tertarik untuk melihat proses pembuatan suatu karya seni. Contoh saja Pandji Pragiwaksono yang beralamat di www.pandji.com yang mendulang sukses dengan peluncuran album rapnya beberapa waktu lalu.

Cara Upload Lagu Sendiri

Mau tau cara upload lagu kamu sendiri? :-S Dibawah ini ada beberapa website yang umum dipakai oleh banyak orang, baik musisi maupun fans band-band seantero jagad raya untuk mempromosikan musik mereka:

Upload Lagu di MySpace

Untuk mengupload lagu di myspace, masuk aja ke halaman Music, click pada Artist Signup, dan masukkan profil kamu. (G) Lalu setelah berhasil, masuk ke Edit My Profile > Manage Songs > Add a song. Masukkan file MP3 yang udah kamu siapkan kesana.

Upload Lagu ke Friendster

Di FS, kamu bisa menampilkan lagu kamu sendiri dengan cara menaruh kode HTML embed ke dalam profile. :-D Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal tentunya menyiapkan file lagu band (sebaiknya berformat MP3).
  2. Upload file tersebut ke Ripway.com
  3. Salin URL Link file yang udah kamu upload di Ripway tersebut
  4. Paste -kan url link mp3 tadi ke dalam kode Friendster seperti ini:
    <embed src=”http://filesharing.com/lagu.mp3” autostart=”true” hidden=”true” loop=”true” type=”audio/mpeg”></embed>
    Catatan: ganti http://filesharing.com/lagu.mp3 dengan url yang telah kamu copy.

Upload Lagu ke Facebook

Sebelumnya belum ada cara untuk upload lagu ke facebook, tapi belakangan rupanya situs pertemanan populer ini menyediakan aplikasi facebook Music yang bisa kamu akses disini. (Y) Setelah menyetujui peraturan aplikasi tersebut, tinggal masukkan lagu kamu di tombol Add a Song (bisa lewat link atau upload file mp3 yang udah kamu siapkan sebelumnya). (*)

Upload lagu ke facebook

Upload Lagu di Blog

Kalo kamu punya blog, manfaatin aja embed YouTube. (H) Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah: convert MP3 kamu dulu ke dalam file WMA dengan menggunakan aplikasi Windows Movie Maker. Kamu bakal perluin beberapa gambar sebagai slide untuk memeriahkan video klip ciptaanmu sendiri. (I)

Semoga bermanfaat.

Chee-U .^_^.

  • qyenk

    thanks yua berkat oktavita.com
    gw jadi semangat (H)

  • andy

    thx atas sarannya………rock me !!!!