Vina Panduwinata – Foto & Profil

Vina Panduwinata FotoVina Panduwinata adalah salah satu diva musik Indonesia yang terkenal dengan lagu “Burung Camar”. (8) Wanita ini memang lebih dikenal menyanyikan lagu kenangan seperti yang dinyanyikan oleh Yuni Shara. (H) Buat yang pengen tahu lebih jauh tentang perjalanan diva ini di belantika musik tanah air, silakan simak foto dan profil Vina dibawah ini. (Y)

Biografi Vina Panduwinata

Nama Lengkap: Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata (@)
Tempat Tanggal Lahir: Bogor, Jawa Barat, 6 Agustus 1959 (O)
Profesi: Penyanyi (8)
Lagu yang Terkenal: Burung Camar :-D
Anak Ke: 8 dari 10 bersaudara :-O

Artis cantik berdarah Sunda-Manado-Ambon yang sudah berusia 50 tahun ini merupakan salah satu diva musik pop di Indonesia yang masih tetap eksis di dunia hiburan tanah air. :-) Vina kecil dibesarkan dalam keluarga yang mencintai musik, dan rupanya Vina sudah memiliki bakat menyanyi dari kecil berkat sang ibu yang berdarah Ambon – Manado, Albertine Supit yang juga suka menyanyi. (*)

Ayahnya, R. Panduwinata bertugas sebagai diplomat, sehingga Vina kecil sering berpindah-pindah negara. :-S Tak jarang ia juga pindah sekolah lantaran harus mengikuti tugas ayahnya, seperti waktu di New Delhi, India dimana ia menghabiskan waktu untuk mengenyam bangku sekolah dasar. Sedangkan waktu SMP, ia berada di Bogor dan Wassenaar, Belanda. Saat SMU, Vina berada di Jerman Barat. :-P

Artis yang terkenal dengan lagu kenangan ini sempat belajar selama 4 tahun di Sekolah Musik Yamaha. (P) Disini karir Vina mulai berkembang, saat membuat rekaman single di perusahaan rekaman RCA Hamburg, Jerman, yaitu Java dan Single Bar (1978) dan Sorry Sorry dan Touch Me (1979). (Y)

Kemudian, di tahun 1981, Vina kembali ke Indonesia dan akhirnya bertemu dengan Mogi Darusman, seorang musisi yang kemudian kesengsem dengan vokal Vina yang membuat Vina mengenal banyak perusahaan rekaman darinya. (F) Album debut Vina dirilis oleh Jackson Rebords bertajuk Citra Biru yang dilepas ke pasar tahun 1981. Setelah itu, karir wanita ini kembali mencuat dan album demi album kembali menghiasi belantika musik Indonesia. Sampai akhirnya album pada tahun 1985 semakin menguatkan personal branding wanita ini, dengan album Burung Camar. Ia kemudian lebih dikenal dengan sebutan “Vina si Burung Camar”. (G)

Selain membuat album rekaman di studio, Vina juga berani unjuk gigi di ajang festival. ;-) Pada Festival Lagu Populer Indonesia, Vina menyabet 3 kali gelar penyanyi berpenampilan terbaik. Vina Panduwinata juga pernah membuat lagu “Aku Makin Cinta” menjadi jingle iklan merek sabun colek. (*)

Konser Tunggal pertamanya digelar tanggal 18 Februari 2006 dengan tajuk Viva Vina. (~) Konser masterpiece ini merupakan konser yang digelar sejak Vina berkarir di dunia musik selama 25 tahun dengan belasan album sudah. Dengan banyak pesohor musik seperti Guruh Soekarnoputra, Idris Sardi, Titiek Puspa dan Sheila Majid, Vina tampil prima dengan membawakan 23 lagu selama 3 jam konser. :-O

Belakangan, Vina pun hadir untuk menyumbangkan lagu Aku Makin Cinta di pernikahan Bunga Citra Lestari.

Penghargaan Vina

Penghargaan yang berhasil diraih Vina Panduwinata adalah penghargaan Lifetime Achievement 2006 yang didapat di Anugerah Musik Indonesia (AMI). (Y) Vina mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasi dan prestasinya di bidang musik. Lagu Vina Panduwinata memang lebih banyak dikenang oleh generasi sebelumnya daripada generasi kawula muda saat ini. (W)

Kehidupan Pribadi Vina

Vina menikah dengan Boy Haryanto Joedo Soembono tanggal 26 November 1989. (L) Mereka dikaruniai seorang anak, Joedo Harvianto Kartiko. Berbeda dengan artis jaman sekarang, rupanya gosip Vina Panduwinata tidak banyak beredar. (H)

Foto Vina Panduwinata

Vina Panduwinata tampil seksi di konser

Vina mengenakan kaos santai

Vina Panduwinata Seksi

Foto Vina Panduwinata

Belahan Dada Vina Panduwinata

Chee-U .^_^.

  • widia mega

    mbak kamu udah cantik kok :-D